Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Peluang Usaha Sampingan Tanpa Modal Besar

Peluang Usaha Sampingan

Peluang Usaha

Peluang Usaha Sampingan Tanpa Modal Besar

Mencari peluang usaha sampingan itu mudah tapi sulit. Mudah mencarinya karena beragam jenis usaha terpampang di depan mata kita. Namun sulit untuk membangun dan mengembangkannya. Walapun demikian, tak ada yang tak mungkin untuk dilakukan.

Nothing is imposible. Selama ada usaha, di situlah ada jalan. Artikel ini akan membantu Anda untuk menemukan peluang usaha sampingan yang tak membutuhkan modal besar dan bagaimana tips untuk mengembangkannya.


Tips Menentukan Peluang Usaha Sampingan


Ada sedikit perbedaan perlakuan antara seorang pegawai yang ingin mencari peluang usaha sampingan, dengan yang non pekerja. Perbedaan terletak pada sumber dana. Idealnya, peluang usaha sampingan tidak menguras seluruh simpanan tabungan Anda. Setidaknya, modal usaha adalah sepertiga dari total jumlah tabungan. Seorang pegawai tentu memiliki cadangan modal lebih fleksbel dibandingkan mereka yang tidak bekerja.

Gaji yang diterima setiap bulan dapat disisihkan sedikit demi sedikit untuk menambah cadangan dana untuk usaha. Namun, bagi Anda yang tidak ada alternatif pekerjaan, maka harus pintar dan jeli memutar uang usaha.

Agar aman, bagi Anda yang baru saja memulai peluang usaha sampingan, hindari menyewa tempat usaha. Manfaatkan tempat tinggal Anda sebagai ladang berbisnis. Kalau tidak bisa, maka pilihlah usaha yang tidak memerlukan tempat khusus. Misalnya, usaha antar jemput atau delivery order.

Jika modal usaha tidak ada, maka bisa memilih usaha kurir atau perantara. Misalnya usaha penyediaan alat tulis kantor. Anda tinggal bekerja sama dengan toko ATK yang dipercaya, kemudian mencari calon pembeli. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga atau biaya ongkos kirim barang.

Selain itu, efisiensi jumlah pegawai juga perlu diperhatikan. Untuk usaha yang baru berdiri, lebih baik mempekerjakan pegawai secukupnya saja. Biaya gaji pegawai termasuk dalam biaya tetap yang harus dikeluarkan tiap bulan. Besarnya biaya tetap sangat mempengaruhi keuntungan atau kerugian usaha Anda.

Baca Juga :  Bisnis Peternakan Kambing, Analisa dan Teknik Pemilihan Bibitnya

Jika Anda bukan pegawai atau tidak terikat dengan suatu perusahaan, maka jumlah pekerja dapat dipangkas karena Anda sendiri dapat mengurus usaha. Namun, bagi Anda yang pegawai, mau tak mau harus mempekerjakan beberapa orang untuk menjalankan roda perusahaan.

Terkadang, peluang usaha sampingan dilirik mereka yang bosan jadi pegawai, dengan alasan jenuh dengan pekerjaan atau mencoba untuk mandiri. Jika demikian, persiapkan dana semaksimal mungkin untuk mengantisipasi berkurangnya penghasilan paska mengundurkan diri dari pekerjaan.

Paling tidak, Anda harus menyisihkan 9 kali gaji untuk disimpan. Usaha yang Anda rintis tidak langsung menghasilkan laba. Biasanya butuh waktu paling cepat satu tahun agar modal yang Anda investasikan dapat kembali atau istilahnya Break Event Point (BEP).

Nah, tentu Anda dan keluarga tidak ingin sengsara menunggu kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi hingga satu tahun , bukan? Oleh karena itulah, mengapa Anda harus menabung sedikitnya sebesar 9 kali gaji.

Salah satu kendala memulai peluang usaha sampingan adalah perasaan takut gagal. Terkadang kita terpaku pada paradigma bahwa memulai usaha sendiri itu sulit dan lebih banyak peluang gagalnya. Akibatnya, Anda tidak pernah memulai usaha yang diimpikan tersebut.

Mulailah menjalankan usaha impian Anda sekarang juga, meskipun skalanya masih kecil. Hal yang terpenting adalah roda bisnis berjalan. Setidaknya kendaraan usaha yang Anda rintis secara perlahan bergerak. Ini lebih baik dibandingkan dengan terus menunda karena takut gagal atau bangkrut. Intinya, mulailah dengan yang mudah dan waktunya adalah sekarang.

Laman: 1 2 3


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top