Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Peluang Usaha Pencucian Mobil dan Motor yang Masih Menggiurkan

Peluang Usaha Pencucian Mobil dan Motor

Bisnis Cuci Mobil dan Motor

Peluang Usaha Pencucian Mobil dan Motor yang Masih Menggiurkan

Peluang Usaha Pencucian Mobil dan Motor yang Masih Menggiurkan. Bagaimana peluang usaha pencucian mobil dan motor di Indonesia? Bicara soal peluang, maka sebenarnya prospek bisnis seperti ini masih sangat bagus dan cocok dilakukan oleh siapapun. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya usaha-usaha cuci mobil atau motor di setiap daerah. Banyak dari mereka berhasil dan mendapatkan banyak pelanggan, namun juga tak sedikit yang gagal karena mungkin kurang pandai mengelola usahanya.

Kegagalan yang dialami oleh sebagian orang harusnya tak membuat kita berkecil hati. Di bawah ini akan dibahas mengenai faktor-faktor yang membuat usaha cuci mobil/ motor tetap diminati dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan agar bisnis ini bisa berjalan dengan baik.

 


Mengapa Memilih Peluang Usaha Pencucian Mobil dan Motor ?


Bisnis atau usaha cuci mobil dan motor ini memang sudah sangat menjamur di Indonesia, namun ada beberapa alasan yang membuat usaha ini tetap layak untuk dicoba. Berikut faktor yang membuat bisnis cuci mobil dan motor tetap diminati oleh masyarakat.

Kendaraan seperti mobil atau motor seolah sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Maka tak ayal lagi bila jumlah kendaraan juga akan terus meningkat. Ketika jumlah kendaraan semakin meningkat, maka peluang untuk mendapatkan pelanggan juga akan makin bertambah. Inilah salah satu alasan mengapa bisnis cuci mobil dan motor patut untuk dicoba.

Sebagian besar dari pemilik kendaraan adalah orang-orang yang selalu sibuk. Biasanya, mereka juga tidak akan memiliki waktu luang untuk sekadar mencuci kendaraan yang mereka naiki setiap hari. Di sinilah bisnis cuci kendaraan berperan, karena kita memang menawarkan jasa mencuci mobil/ motor bagi mereka yang tidak sempat atau bahkan malas membersihkan kendaraannya sendiri.

Baca Juga :  Jasa Mencuci Mobil, Trik Baru Untuk Mengembangkan

Bisnis cuci mobil dan motor tergolong bisnis yang mudah. Artinya, kita tak butuh keterampilan atau pengalaman khusus dalam hal mencuci kendaraan, dan hampir semua orang pasti bisa melakukannya. Kita hanya butuh sedikit pengetahuan tentang bagaimana tahapan mencuci kendaraan yang benar, tahu bagaimana mengoperasikan alat cuci, serta tahu bagaimana melayani pelanggan dengan baik.

Hal yang Diperhatikan Saat Memulai Bisnis

Peluang usaha pencucian mobil dan motor memang masih bagus dan bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Akan tetapi, bisnis seperti ini juga bisa gagal apabila tidak dijalankan dengan baik. Setidaknya, kita harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum mulai membuka usaha cuci kendaraan, berikut penjelasannya.

1. Modal

Usaha cuci mobil dan motor memang tergolong mudah, namun membutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk itu kita harus menyiapkan modal yang cukup besar apabila berniat memulai usaha ini. Setidaknya ada tiga hal yang berkaitan langsung dengan modal, yaitu biaya tempat, biaya peralatan, serta biaya untuk gaji karyawan.

Untuk tempat, kita memang membutuhkan lokasi yang cukup luas, setidaknya bisa dimasuki oleh 2-3 mobil. Bangunan yang luas tentunya juga membutuhkan biaya yang agak mahal. Di sini kita bisa menentukan apakah kita akan menyewa atau membeli langsung tempat tersebut. Bila masih pemula, sebaiknya menyewa tempat terlebih dahulu. Lama sewanya pun jangan terlalu lama, cukup 1-2 tahun. Saat usaha sudah berjalan, kita bisa sambil mengevaluasi bisnis yang kita lakukan, apakah ada yang kurang atau tidak.

Saat membuka usaha cuci kendaraan, kita akan memerlukan alat serta perlengkapan seperti selang spiral, hidrolik mobil dan motor, power spray, sabun/ shampo salju, dll. Seluruh peralatan ini bisa menghabiskan uang jutaan rupiah, jadi kita harus pandai-pandai mengelola modal yang ada. Yang penting kita harus membeli peralatan yang berkualitas, awet, dan tidak mudah rusak.

Baca Juga :  Strategi Bisnis Tempat Cuci Mobil

Apabila kita menggunakan jasa karyawan, kita sebaiknya sudah tahu berapa gaji yang biasa diterima oleh karyawan yang bekerja di bisnis seperti ini. Apabila kinerja mereka memuaskan, tak ada salahnya memberikan bonus sebagai motivasi dan agar mereka betah bekerja dengan kita.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Cuci Mobil dan Motor

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top