Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Peluang Usaha Kerajinan Tangan Anyaman

Peluang Bisnis Kerajinan Tangan Anyaman

Bisnis Kerajinan Tangan

Peluang Usaha Kerajinan Tangan Anyaman

Belakangan, perkembangan bisnis kerajinan semakin pesat dan menggembirakan. Berbagai produk kerajinan, khususnya kerajinan tangan anyaman, makin digemari dan diburu konsumen.

Apalagi jenis produk kerajinan yang bisa dibuat juga sangat beragam dan variatif. Dari produk anyaman lembaran hingga berbagai bentuk asesoris, seperti tas, dompet, hingga berbagai produk interior lainnya. Permintaan pasar yang tinggi bukan hanya di pasar lokal namun juga hingga pasar ekspor.


Kreatifitas Produk Kerajinan Tangan Anyaman


Salah satu produk kerajinan yang sangat prospek dan banyak diburu konsumen adalah kerajinan tangan anyaman. Produk kerajinan anyaman dapat dibuat dari berbagai jenis dan bahan. Dari bahan bambu, rotan, mendong, eceng gondok, hingga bahan serat-seratan seperti agel. Anyaman bambu bisa dibuat dalam bentuk lembaran dan digunakan sebagai gedek atau dinding rumah.

Begitu juga dengan bahan rotan, kebanyakan dibuat dalam bentuk lembaran dan digunakan sebagai alas tidur. Lembaran anyaman rotan dalam bentuk besar biasanya digunakan sebagai alas tempat meletakkan meja, sedangkan anyaman yang kecil untuk alas vas bunga di atas meja.

Anyaman mendong bentuk lembaran biasanya digunakan sebagai alas tikar untuk tidur. Variasi dalam menganyam lembaran mendong tak kalah menariknya dibandingkan karpet.

Selain dalam bentuk lembaran, kerajinan tangan anyaman juga banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai produk kerajinan lainnya.

Seperti dilakukan para pengrajin di Tasikmalaya, Jawa Barat, anyaman bambu telah dikembangkan dan dikreasikan dalam berbagai bentuk lampu, dari lampu duduk, kap lampu, hingga lampion yang unik. Begitu juga dengan produk interior lainnya, tak sedikit yang dibuat dari anyaman bambu sehingga membentuk produk yang menarik dan fungsional.

Untuk anyaman yang dibuat dari bahan mending maupun serat-seratan, banyak yang dimanfaatkan untuk dibuat menjadi dompet, berbagai macam tas, sandal, sepatu, lampu, hingga tempat baju kotor. Kreatifitas para pengrajin dan pengusaha kerajinan memang sangat tinggi dalam menghasilkan produk-produk anyaman yang unik, menarik, dan modis.

Baca Juga :  Bisnis Ibu Rumah Tangga Jangan Dipandang Sebelah Mata

Model Sentra


Kerajinan memang merupakan salah satu jenis produk bisnis yang sangat prospektif. Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan produk kerajinan juga banyak tersedia di sekitar kita. Bahan yang relatif mudah diperoleh dan melimpah membuat harga bahan baku juga relatif murah.

Karena itu masalah bahan baku bukan kendala untuk memproduksi kerajinan dalam jumlah besar. Apalagi untuk memenuhi permintaan pasar ekspor yang biasanya dalam takaran kontainer yang tidak sedikit.

Namun karena sifat kerajinan tangan yang dibuat secara manual sehingga membutuhkan waktu produksi relatif lama, maka diperlukan strategi untuk memenuhi pesanan besar dari pasar ekspor. Salah satunya dengan melibatkan ibu-ibu rumah tangga dan para tetangga untuk mengejar kapasitas produksi, sehingga membentuk sentra.

Sentra-sentra kerajinan, merupakan satu satu ciri bisnis kerajinan tangan anyaman yang sangat memberikan manfaat secara sosial. Selain mengurangi pengangguran, model sentra juga berperan secara signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Kategori Bisnis Kerajinan Tangan

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top