Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Peluang Ternak Kambing dengan Keuntungan Menggiurkan

Peluang Ternak Kambing

Peluang Usaha

Peluang Ternak Kambing dengan Keuntungan Menggiurkan

Peluang ternak kambing di Indonesia masih sangat bagus dan tetap diminati oleh banyak orang. Hal ini tak lepas dari adanya permintaan pasar yang masih cukup tinggi terhadap daging kambing. Sekalipun saat ini jumlah peternak kambing semakin banyak dan terus bertambah, peluang bisnis kambing ini masih cukup menggiurkan dan patut dicoba.

Selain permintaan pasar terhadap daging kambing yang masih cukup tinggi, ada hal lain yang juga membuat banyak orang tergiur untuk menekuni bisnis kambing. Misalnya saja momen-momen khusus seperti Idul Adha.bisnis ternak kambing etawa yang menguntungkan bagi hasil jawa domba pedaging online dan sapi gibas potong usaha atau agar sukses ayam analisa analisis pemula betina boer untung besar belajar kambing.com cara peternakan di kampung budidaya peluang plan prospek proposal ebook fermentasi pakan gembel hcs hitungan hewan indukan investasi info jantan randu kacang modal kecil keuntungan lokal modern tanpa ngarit organik omset pe perah penggemukan qurban rumahan rumput rencana skala sederhana susu super tips untuk youtube yg 10 ekor alam raya kota pekanbaru riau pdf buka bep latar belakang contoh dalam sistem usahatani dengan memulai finansial cash flow gambar pola hitung inspirasi izin ingin indonesia artikel kurban kecilan laporan langkah awal apakah mitra nama rincian resiko rancangan rab terbaru trik titip tip teknik tujuan tentang rugi video wirausaha usaha

Pada saat hari raya seperti itu, peternak kambing bisa kebanjiran pembeli. Selain itu, nyaris sebagian besar orang Indonesia, khususnya umat Islam, yang membutuhkan kambing untuk keperluan aqiqah. Intinya, permintaan pasar terhadap kambing, baik berupa daging maupun kambing hidup, masih sangat tinggi.


Budidaya Peluang Ternak Kambing


Beternak kambing sebenarnya bisa dibagi menjadi tiga, yaitu fokus pada penggemukan ternak, fokus pada pembibitan, atau melakukan keduanya. Di Indonesia, banyak peternak yang melakukan pembibitan sekaligus penggemukan sehingga kambing yang mereka ternakkan bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Berikut ini adalah tahapan yang harus dilakukan apabila kita memang ingin melakukan budidaya kambing.

Baca Juga :  Serba-Serbi Rumah Kontrakan

1. Bibit Kambing

Kualitas bibit sangat menentukan hasil dari budidaya ternak kambing yang kita lakukan. Karena itu sebaiknya kita harus mendapatkan bibit yang punya kualitas unggul, yaitu kambing yang berbadan sehat, tidak memiliki cacat apapun di tubuhnya, serta bisa beradaptasi di lingkungan dengan baik. Untuk mendapatkan bibit kambing seperti ini, maka kita pun harus mencari induk dengan kualitas yang baik.

Syarat calon induk kambing

  • Berumur minimal 1 tahun atau lebih.
  • Berbadan sehat, besar tapi jangan terlalu gemuk.
  • Gigi lengkap dan sehat (rahang atas dan bawah harus rata).
  • Kaki lurus dengan tumit yang tinggi.
  • Memiliki dua buah putting.
  • Lebih baik berasal dari keturunan kembar, kalaupun dilahirkan tunggal harus berasal dari induk yang masih muda.

Syarat calon pejantan

  • Berumur sekitar 1,5-3 tahun.
  • Bertubuh sehat, besar, dan tidak terlalu gemuk.
  • Memiliki libido tinggi.
  • Kaki lurus dan kuat.
  • Lebih baik berasal dari keturunan kembar.

2. Makanan

Peluang ternak kambing di Indonesia masih tergolong bagus karena makanan untuk kambing relatif mudah didapat. Secara umum, makanan yang diberikan kepada hewan ternak harus memiliki kandungan gizi yang cukup, mulai dari protein, karbohidrat, vitamin, hingga mineral-mineral yang penting untuk kesehatan kambing. Akan lebih bagus lagi bila kita memberikan makanan yang disukai kambing, mudah dicerna, dan tidak menghabiskan biaya mahal demi menekan biaya produksi.

Makanan kambing bisa dibedakan menjadi dua. Pertama adalah makanan dari dedaunan hijau, misalnya rumput. Ini adalah makanan dasar yang memang harus diberikan kepada hewan ternak. Kedua, kita juga harus memberikan makanan tambahan untuk lebih melengkapi kandungan gizi pada pakan ternak. Makanan tambahan bisa berupa kacang-kacangan, bungkil kelapa, dedak, tepung ikan, dan garam beryodium.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Laundry Kiloan

Berikut aturan atau cara pemberian makanan pada kambing:

  • Makanan berupa daun hijau diberikan sebanyak 10-15% berat badan kambing, sedangkan makanan tambahan sebanyak 1,5% dari berat badan.
  • Makanan (jenis daun dan juga makanan tambahan) diberikan sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu saat pagi dan sore hari.
  • Setiap kambing harus diberi air minum sekitar 1,5-2,5 L/hari.
  • Untuk kambing yang sedang hamil, menyusui, dan juga pejantan yang dikhususkan untuk kawin, tambahkan makanan penguat sebanyak 0,5-1 kg/ekor dan diberikan setiap hari.

Laman: 1 2


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top