Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Peluang Ternak Ayam Kampung

Cara Ternak Ayam Kampung

Peluang Usaha

Peluang Ternak Ayam Kampung

Ternak ayam kampung merupakan salah satu jenis pilihan usaha yang sangat menjanjikan belakangan ini. Apalagi jika melihat dari kesadaran masyarakat yang semakin tinggi akan nilai kesehatan. Sehingga banyak orang yang lebih memilih ayam kampung daripada ayam broiler jika mereka hendak memasak dengan menggunakan bahan baku ayam.

Ayam kampung dinilai memiliki nilai kesehatan lebih tinggi daripada ayam broiler tersebut. Sebab, ayam kampung merupakan salah satu jenis ayam yang bersifat murni dan bebas dari rekayasa genetika. Dengan kata lain, ayam kampung ini digolongkan sebagai jenis ayam organik.

Pemerintah sendiri melalui dinas terkait memiliki perhatian terhadap petani ternak ayam kampung ini. Dalam hal ini, Kementerian Pertanian merupakan lembaga pemerintah yang bergerak untuk membantu sektor industri peternakan ayam kampung ini.

Salah satunya adalah dengan melindungi para pelaku bisnis ternak ayam kampung ini dari serbuan para pemodal besar. Para investor besar ini dilarang untuk memasuki bisnis peternakan ayam kampung ini, agar para petani kecil tetap memiliki peluang usaha yang cerah.

Indikator yang dibuat untuk perlindungan ini adalah dengan membatasi kapasitas maksimum dalam sebuah peternakan. Untuk satu peternakan ayam kampung, dibatasi hanya boleh memiliki maksimal 10.000 ekor ayam. Dengan demikian, sektor industri ternak ayam kampung ini tetap bisa dikategorikan dalam sektor industri kecil dan menengah yang banyak dikembangkan oleh masyarakat.

Terlebih pada saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggunakan cara tradisional dalam beternak ayam kampung tersebut. Untuk jumlah peternak yang sudah menggunakan sistem intensifikasi, tercatat tidak lebih dari 5000 peternak. Sehingga bisa dikatakan bahwa sebagian besar peternak ayam kampung di Indonesia belum mampu mengoptimalkan potensi yang ada.

Baca Juga :  Agar Buku Kita Laku di Pasaran

Itulah mengapa, pada saat ini pasokan dari para peternak ayam kampung baru mampu memenuhi 5,5% dari total permintaan ayam kampung di seluruh Indonesia. Dan dengan pendampingan dari pemerintah, diharapkan pada tahun 2020 mendatang, ternak ayam kampung di Indonesia bisa memenuhi 25% kebutuhan ayam kampung di Indonesia.

Selain itu, dengan berbagai peraturan yang dibuat bisa melindungi para peternak kecil agar tidak kalah bersaing dengan para pemodal kuat. Sehingga masyarakat di pedesaan pun pada nantinya bisa turut menyumbangkan peran dalam pemenuhan target yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Laman: 1 2 3


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top