Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Peluang Bisnis di Indonesia : Menjadi Distributor

Peluang Bisnis di Indonesia Menjadi Distributor

Peluang Usaha

Peluang Bisnis di Indonesia : Menjadi Distributor

Bidang pengadaan barang dan jasa atau lebih dikenal dengan purchasing department. Ada banyak peluang usaha dibidang ini. Salah satu cara untuk masuk ke bidang ini adalah dengan menjadi distributor. Inilah peluang bisnis di Indonesia yang cukup empuk.


Makna Peluang Bisnis di Indonesia


Peluang bisnis di Indonesia berdasarkan beberapa jurnal ekonomi dan pembahasan masalah ekonomi pada rapat-rapat terbuka bidang ekonomi, adalah sangat menggembirakan. Artinya banyak peluang yang akan terus bermunculan, seiring dengan lajunya perekonomian negara.

Mencari dan menggali berbagai peluang diperlukan upaya yang tidak sedikit. Dibutuhkan kerja pintar bukan sekedar kerja keras saja. Karena berbagai peluang bisnis hanya akan didapat dengan cara mengadakan, bukan sekedar menunggu.

Apalagi dalam menghadapi era globalisasi dan era pasar bebas dewasa ini, maka siap atau tidak siap, insan ekonomi Indonesia harus siap menghadapinya.

Disinyalir peluang yang kini tengah booming dan ramai dibicarakan oleh orang awam maupun para pelaku bisnis, adalah dunia industri kreatif. Yang berarti ini akan mengantar kepada sistem ekonomi kreatif, yang beberapa saat ini masih menjadi wacana.

Namun lama kelamaan wacana tersebut, pasti akan berubah menjadi realita. Yakni realita bahwa Indonesia akhirnya akan memiliki sistem baru dalam perekonomian, yakni sistem ekonomi kreatif.

Maka menanggapi hal demikian, sangat bijak apabila para insan ekonomi Indonesia, untuk berlomba-lomba dalam menggali, memanfaatkan, mencari dan menciptakan berbagai peluang bisnis di Indonesia tersebut.


Purchaser VS Distributor


Menjadi seorang pengada barang atau purchaser, dan juga seorang distributor atau pendistribusi barang; bukanlah sebuah takdir. Tetapi merupakan pilihan. Pilihan hidup yang penuh pemikiran dan pertimbangan profesional.

Karena itu, selain merupakan pilihan, maka harus dibarengi pula dengan kesungguh-sungguhan menjalankan profesi tersebut. Salah satunya adalah dengan menggali potensi diri, seperti mengikuti berbagai training sebagai purchaser atau distributor sejati, mengikuti seminar sukses dalam dua bidang tersebut, dan rajin membaca dan mengikuti perkembangan dunia bisnis dan perekonomian Indonesia pada umumnya.

Baca Juga :  Bisnis Lapangan Futsal sebagai Ladang Bisnis Baru

Menjadi purchaser pada intinya hampir sama dengan menjadi seorang distributor. Hanya ruang lingkupnya saja yang berbeda. Seorang purchaser menekankan pada fakta pencarian dan pengadaan (purchasing) barang, benda, komoditi ataupun materi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Sedangkan seorang distributor lebih memiliki banyak pilihan untuk pendistribusian barang, benda, komoditi ataupun materi yang ia inginkan kepada para konsumen atau pelanggan.

Antara keduanya memiliki garis kerja yang berkoordinasi, meskipun ada perbedaan. Serta memiliki ruang lingkup yang sama, yakni trading business, atau usaha dalam bidang perdagangan.


Cara Menjadi Distributor


Modal adalah syarat pertama yang harus dimiliki. Modal inilah yang akan menggiring Anda menjadi seorang distributor. Meski tidak menyepelekan syarat dan faktor lainnya, seperti kemampuan mengambil keputusan yang tepat, berpikir smart, pandai memberi penilaian terhadap barang yang mampu mendongkrak omzet, kemahiran dalam mengkalkulasi dan sebagainya. Namun, di atas semua itu, modal tetap syarat mutlak yang utama.

Lalu, tetapkan jenis bisnis apa yang ingin Anda mainkan. Mencoba bermain sebagai distributor untuk pakaian anak-anak, pakaian remaja dan dewasa? Atau fast-moving product, seperti makanan, obat-obatan, ATK (alat tulis dan kantor), dan sebagainya.

Dengan suku bunga bank yang masih di kisaran 6 persen, daripada mengendapkan uang di deposito, sepertinya menjadi distributor dengan keuntungan minimal 10 persen cukup menjanjikan masa depan. Dengan berbisnis ini, tidak hanya uang yang didapat, tetapi teman dan silaturahmi dapat jalan terus.

Laman: 1 2


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top