Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Selektif Mengikuti Pelatihan Budidaya Jamur Merang

Pelatihan Budidaya Jamur Merang

Bisnis Budidaya Jamur

Selektif Mengikuti Pelatihan Budidaya Jamur Merang

Maraknya bisnis jamur merang belakangan ini juga mendorong munculnya berbagai lembaga atau tempat pelatihan budidaya jamur merang. Lihat saja iklan-iklan penawaran pelatihan yang terpajang di sejumlah koran lokal maupun tabloid bisnis dan pertanian, seakan begitu menarik dan memikat. Apalagi iming-iming keuntungan berlipat dari bisnis yang memang sedang diminati dan menjadi pilihan banyak orang ini.


Pelatihan Budidaya Jamur Merang


Bisnis jamur merang memang sangat prospektif ini. Jamur merang merupakan jenis jamur yang paling populer dibandingkan jamur lainnya. Jamur merang juga banyak dibutuhkan masyarakat sebagai bahan konsumsi yang lezat. Baik untuk dibuat sayuran, dibuat tumis, campuran sup, maupun berbagai olahan masakan lainnya.

Selain itu, kandungan gizinya yang tinggi dan manfaatnya sebagai herbal untuk menjaga kesehatan juga meningkatkan pamor jamur ini. Karena itu wajar saja bila permintaan masyarakat terhadap jamur ini sangat tinggi. Pasar tradisional, pasar swalayan, warung makan, restoran, ataupun hotel sangat membutuhkan jamur yang kenyal gurih ini.

Begitu juga permintaan luar negeri terhadap jamur ini juga tidak kecil. Beberapa negara tetangga seperti Brunai, Malaysia, atau Singapura banyak meminta jamur merang asal Indonesia. Untuk melacak informasi kebutuhan ekspor ini kita bisa bertanya ke dinas pertanian atau perdagangan setempat.


Perluas Jaringan


Apabila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis jamur merang yang prospektif, tentu harus menguasai masalah budidaya ini. Berikut ini beberapa tips yang sebaiknya Anda tahu sebelum mengikuti pelatihan budidaya jamur merang :

Pilih tempat pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga atau usaha yang memang telah membuktikan mampu melakukan budidaya jamur merang dengan hasil memuaskan. Tempat semacam ini tidak hanya akan memberikan teori saja melainkan juga bisa memberikan kesempatan untuk praktek bagi peserta secara nyata.

Baca Juga :  Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas yang Berkelas

Masalah tarif atau biaya pelatihan sebenarnya relatif, meskipun memang harus menyesuaikan dengan kemampuan kantong kita. Yang penting, dengan biaya yang Anda keluarkan, Anda akan memperoleh semua ilmu yang diperlukan untuk menjalankan bisnis jamur merang secara langsung. Dari masalah pembuatan bibit hingga cara memanen. Akan lebih baik lagi kalau lembaga pelatihan menyediakan dan penampungan hasil panen jamur merang dari para pesertanya.

Saat mengikuti pelatihan budidaya jamur merang, jangan sungkan untuk bertanya secara detail yang belum Anda ketahui atau masih menimbulkan pertanyaan. Tanyakan juga tips atau kiat dalam mengatasi berbagai persoalan saat budidaya, termasuk mengatasi penyakit tanaman jamur.

Perluas jaringan dengan mempererat perkenalan dengan peserta pelatihan lainnya. Kalau bisa, bentuk jaringan baru. Hal ini akan bermanfaat apabila Andamengalami masalah saat menjalankan bisnis jamur merang, khususnya untuk memperluas jaringan pemasarannya.

Kalau Anda mengalami kesulitan masalah permodalan untuk menjalankan bisnis ini pasca pelatihan, Anda dapat mengajukan bersama kelompok peserta lainnya secara bersamaan. Kredit untuk UKM akan lebih mudah diperoleh melalui kelompok.


Kategori Bisnis Budidaya Jamur

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top