Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Panduan Budidaya Jagung

Budidaya Jagung

Bisnis Agrowisata

Panduan Budidaya Jagung

Budidaya jagung belakangan ini cukup diminati oleh masyarakat mengingat permintaan pasar yang juga semakin meningkat. Tanaman jagung juga memiliki sisi ekonomis yang cukup tinggi sebab banyak produk olahan yang berasal dari tanaman jagung ini. Selain dapat dikonsumsi secara langsung seperti jagung bakar maupun jagung rebus, jagung biasanya diolah menjadi tepung.

Belakangan juga tengah populer produk susu jagung yang termasuk produk olahan jagung seperti susu kedelai. Selain dari sisi ekonomis, alasan mengapa banyak yang tertarik membudidayakan tanaman jagung adalah budidayanya yang tidak terlalu sulit.

Tanaman jagung sendiri merupakan jenis tanaman yang memiliki tingkat fotosintesis tinggi sehingga membutuhkan sinar matahari yang cukup. Oleh karena itu lokasi yang cocok dalam membudidayakan tanaman jagung ini haruslah pada areal yang terpuka seperti sawah atau ladang sehingga dapat menerima banyak sinar matahari.

Lalu untuk lokasi budidaya tanaman jagung ini sebaiknya tidak tergenang oleh air tetapi lahan tersebut memiliki kadar air yang cukup. Bagi anda yang tertarik dalam budidaya jagung ini berikut akan kami berikan beberapa informasi penting seputar panduan budidaya tanaman jagung ini. Simaklah mengenai panduan budidaya jagung berikut ini.

 


Kondisi yang Perlu Diperhatikan dalam Budidaya Jagung


Dalam budidaya jagung ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan supaya tanaman jagung dapat tumbuh secara optimal. Kondisi tersebut meliputi sifat tanah, kondisi iklim, derajat keasaman tanah, kadar air, suhu lingkungan serta intensitas cahaya matahari.

Tanaman jagung sebenarnya dapat tumbuh pada semua jenis tanah tetapi sifat tanah yang paling cocok dan sesuai dalam budidaya tanaman ini adalah tanah yang subur dan memiliki drainase yang lancar. Untuk menjaga kesuburan tanah maka anda bisa memberikan pupuk dan humus supaya tanah tetap subur dan pertumbuhan tanaman jagung lebih optimal.

Baca Juga :  Cara Budidaya Rumput Laut

Selain sifat tanah anda juga harus memperhatikan kondisi iklim sebab kondisi iklim dalam suatu wilayah berperan dalam pertumbuhan dan produksi dari tanaman budidaya. Iklim yang kurang mendukung seperti sering terjadi hujan angin tentunya akan mengganggu pertumbuhan dari tanaman budidaya seperti tanaman jagung.

Meskipun tanaman jagung cocok dibudidayakan di darehan yang memiliki iklim sejuk dan dingin namun jika intensitas hujannya terlalu tinggi maka dapat mengurangi kualitas jagung yang diproduksi.

Jika ingin produksi tanaman jagung anda berkualitas dan juga baik maka anda bisa menanam jagung pada daerah yang memiliki iklim sejuk yaitu 50ᵒ LU sampai dengan 40ᵒ LS dengan ketinggian 3000 meter dpl. Tetapi ada beberapa jenis jagung tertentu yang dapat tumbuh dengan baik pada kondisi tempat maupun iklim yang berbeda.

Perhatikan juga jenis jagung yang akan anda budidayakan sehingga anda dapat menentukan lokasi yang tepat supaya tanaman jagung tersebut dapat tumbuh dan memiliki kualitas yang baik.

Untuk budidaya jagung memang derajat keasaman tanah penting diperhatikan.

Keunggulan dari tanaman jagung adalah tanaman ini memiliki adaptasi yang cukup baik dengan memiliki kemampuan hidup maksimal pada derajat keasaman tanah antara 5,5 sampai 7. Ada 14 skala untuk menunjukkan tingkatan derajat keasaman tanah dimana skala 1 sampai 7 menunjukkan sifat tanah yang asam sementara skala 8 sampai 14 menunjukkan sifat tanah basa.

Derajat keasaman tanah banyak dipengaruhi oleh banyaknya unsur kimia dalam tanah serta kandungan kadar air dalam tanah tersebut.

Laman: 1 2

Baca Selanjutnya

Kategori Bisnis Agrowisata

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top