Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Fasilitas Pameran Kerajinan Tangan Untuk UKM

Fasilitas Pameran Kerajinan Tangan Untuk UKM

Bisnis Kerajinan Tangan

Fasilitas Pameran Kerajinan Tangan Untuk UKM

Pemerintah saat ini tengah giat-giatnya mendorong tumbuhnya pelaku usaha baru. Bahkan tak tanggung-tanggung, pemerintah mentargetkan lahirnya sekitar 4 juta enterpreuner baru dalam waktu dekat ini. Tentu untuk mendukung target itu berbagai fasilitas akan diberikan untuk merangsang semangat keriwausahaan masyarakat kita. Termasuk fasilitas pameran kerajinan tangan atau handycraft, khususnya untuk usaha kecil dan menengah atau UKM

Keberadaan pelaku bisnis pada skala UKM, khususnya di level menengah, memang sangat dibutuhkan untuk memperkuat struktur perekonomian nasional. Meskipun jumlah UKM di Indonesia saat ini tak kurang dari sekitar 38 juta unit, namun sebagian besar, atau sekitar 90 persennya masih berada pada skala mikro dan kecil. Kondisi ini tentu saja kurang menguntungkan perkembangan kemajuan ekonomi bangsa ke depan.


Problem Utama


Selama ini, sebenarnya cukup banyak fasilitas yang diterima pelaku UKM untuk menjalankan dan mengembangkan usahanya. Fasilitas-fasilitas itu selain diberikan oleh pemerintah, juga berasal dari berbagai lembaga lainnya, seperti BUMN, perbankan, dan perusahaan swasta lainnya. Fasilitas itu meliputi bantuan permodalan usaha, pelatihan, dan pemasaran.

Fasilitas pameran kerajinan tangan diberikan sebagai bentuk bantuan pengembangan pemasaran untuk UKM. Pemasaran, berdasarkan hasil kajian SMEDC UGM, menduduki peringkat utama dari sejumlah kendala atau problem yang sering dihadapi pelaku UKM dalam mengembangkan usahanya. Karena itu pameran merupakan salah satu bentuk atau bagian dari upaya pemberdayaan UKM.


Tips Ikut Pameran Kerajinan Tangan


Kalau Anda ingin mengembangkan bisnis kerajinan dan berniat mendapatkan fasilitas pameran kerajinan tangan, berikut beberapa tips untuk mendapatkannya yang semoga ada manfaatnya untuk Anda.

Datangi dan mintalah informasi ke sejumlah instansi atau lembaga penyedia bantuan pameran, seperti dinas perindustrian dan perdagangan setempat (baik provinsi maupun kabupaten / kota), BUMN yang ada di daerah (seperti Pertamina, Telkom, Jasa Raharja, dll), lembaga perbankan milik pemerintah atau swasta (seperti BRI, BNI, Mandiri, dll).

Baca Juga :  Membidik Peluang Agen AQUA

Sampaikan keinginan Anda dengan menyertakan surat permohonan secara tertulis yang dilampiri profil usaha maupun perkembangan usaha yang telah dijalankan. Lampiran ini tidak perlu detail, cukup gambaran umum saja. Sampaikan juga nomor telepon yang mudah dihubungi karena berdasarkan pengalaman, keikutsertaan dalam pameran lebih sering bersifat mendadak.

Siapkan produk-produk dalam jumlah yang cukup bila permohonan Anda dikabulkan. Namun biasanya mereka akan melakukan survei ke lokasi usaha Anda terlebih dahulu terutama untuk memastikan bahwa usaha Anda sudah berjalan dan tidak fiktif.

Selain melalui instansi atau BUMN, fasilitas pameran kerajinan tangan juga bisa didapatkan melalui organisasi ataupun asosiasi UKM yang ada. Karena itu perluas jaringan Anda dengan masuk dan ikut dalam asosiasi usaha yang ada.

Fasilitas pameran yang disediakan dan diperuntukkan bagi UKM biasanya meliputi biaya stand, transportasi pengusaha, dan biaya pengiriman barang atau produk. Sedangkan kebutuhan lainnya harus disediakan sendiri oleh pelaku usaha, seperti penataan stand, kelengkapan brosur atau kartu nama, dan makan.


Peluang Kerajinan Tangan dari Pameran


Saat ini, pabrik atau industri menghasilkan barang-barang yang bagus. Namun, hasil kerajinan tangan tidak kalah bagusnya. Bahkan Anda dapat melihat perbedaan yang menonjol antara barang hasil kerajinan tangan dengan hasil pabrikan.

Selain keindahan dan kedetailan, biasanya hasil kerajinan tangan memiliki nilai seni yang lebih dibanding hasil pabrikan. Itu sebabnya mengapa harganya pun cenderung lebih mahal. Kedetailan, ketelitian, dan ketelatenan saat membuat kerajinan tangan sesungguhnya adalah harga yang tidak dapat dibayar.

Siapa bilang bisnis kerajinan tangan tidak mempunyai prospek yang cerah. Menurut beberapa pelaku usaha yang sudah lama menekuni bisnis ini, mengaku produk-produk kerajinannya mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari waktu ke waktu.

Baca Juga :  Bisnis Kursus Percetakan

Pada awalnya bisnis-bisnis kerajinan tangan ini dimulai dari hobi, kemudian berlanjut menjadi pekerjaan tetap yang cukup menjanjikan keuntungannya. Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis kerajinan tangan yang marak ditekuni para pelaku usaha belakangan ini.pameran kerajinan tangan di jakarta proposal kelengkapan dan seni rupa tujuan contoh brosur buat latar belakang sekolah kegiatan tentang sebutkan untuk fungsi produk gambar kelas mudah pidato tema unik membuat cara yang cocok yg


Kategori Bisnis Kerajinan Tangan

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top