Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Olahan Sukun, dari Goreng Sampai Bahan Kue

Olahan Sukun

Bisnis Kuliner

Olahan Sukun, dari Goreng Sampai Bahan Kue

Panganan atau camilan sukun lebih sering kita temui di tukang-tukang gorengan di pinggir jalan. Gorengan sukun memang enak, nikmat, murah, dan mengenyangkan. Olahan sukun bisa direbus, disangrai, tetapi memang yang paling enak digoreng.

Buah sukun tidak berbiji dan umumnya tumbuh di daerah tropik, terutama di Pasifik dan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam. Makanan sukun bagi masyarakat Indonesia sepintas mirip dengan ubi jalar dan singkong. Hampir rata-rata orang menyukainya.

 


Olahan Sukun – Ragam Manfaat Tanaman Sukun


Sukun merupakan tanaman hutan yang tingginya mencapai 20 m, dan terkenal di seluruh dunia. Ia termasuk famili Moraceae yang berjuluk breadfruit atau buah roti. Kayunya lunak dan kulit kayu berserat kasar. Semua bagian tanaman bergetah encer. Daun dan batang Daunnya lebar sekali, bercanggap menjari, dan berbulu kasar.

Buah sukun mirip dengan buah keluwih. Perbedaannya adalah duri buah ini tumpul, bahkan hampir tidak tampak pada permukaan buahnya. Selain itu, buah tidak berbiji. Akar tanamannya mempunyai akar tunggang yang dalam dan akar samping dangkal. Akar samping dapat tumbuh tunas yang sering digunakan untuk bibit.

Ada beberapa nama lain dari buah sukun, yaitu buah roti, breadfruit, broodvrucht, kulur (bahasa Sunda), kluwih (bahasa Jawa), timbul, dan artocarpus altilis. Ciri dan bentuk pohon sukun bisa kita lihat sebagai berikut:

  • Tinggi pohon sukun umumnya mencapai 30 meter, batangnya besar dan lurus.
  • Bertajuk renggang, bercabang dan berdaun besar, berselang-seling, lembar daun 20-40 × 20-60 cm. Kuncup tertutup. Semua bagian pohon mengeluarkan getah putih (lateks) apabila dilukai.
  • Sukun dapat menghasilkan buah hingga 200 butir per pohon per tahun.

Setelah dimasak atau digoreng, buah sukun yang tidak berbiji memiliki bagian empuk seperti roti. Rasanya sangat enak dan nikmat apalagi ditemani secangkir teh hangat atau kopi kental. Cocok untuk teman camilan saat cuaca hujan.

Baca Juga :  Berani Berbisnis dengan Franchise Murah ?

Pohon sukun sudah mulai berbuah pada umur 3 tahun. Tetapi, pada lingkungan yang sesuai, sudah belajar berbuah pada umur 2 tahun setelah bibit ditanam. Setiap pohon dapat menghasilkan 200-300 buah, atau 400-600 kg per pohon sehingga, bobot buah rata-rata 2 kg.

Sukun merupakan tanaman pangan alternatif di Indonesia sejak tahun 1920, yang pada awalnya tanaman ini tidak banyak ditanam orang, namun sekarang sudah cukup populer karena dapat dibuat berbagai makanan beraneka ragam terbuat darinya, berupa olahan sukun.

 


Khasiat dan Manfaat dari Olahan Sukun


Sukun tidak hanya bisa disulap menjadi aneka olahan sukun saja, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Selama ini orang hanya berpikir buah sukun hanya untuk camilan saja, tetapi ternyata juga bisa berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah sukun:

  1. Buah sukun mengandung niasin, vitamin C, riboflavin, karbohidrat, kalium, thiamin, natrium, kalsium, dan besi.
  2. Mengandung serat karbohidrat 35%.
  3. Kaya kandungan gizi.
  4. Aman dikonsumsi penderita diabetes.
  5. Rebusan daun sukun menurunkan kadar kolesterol darah dan ginjal.
  6. Daun sukun berkhasiat mengatasi peradangan.
  7. LIPI mengungkapkan, daun sukun berguna bagi proses penyembuhan penyakit kardiovaskular. Meningkatkan kinerja ginjal, penurun kolesterol, cocok untuk jantung.
  8. Sukun yang masih muda lebih banyak dimasak untuk sayur lodeh, sayur asam, atau ditumis.
  9. Daun sukun dijadikan pakan ternak. Getahnya untuk menjerat burung, menambal perahu, dan sebagai bahan dasar permen karet.
  10. Tjandrawati peneliti ahli dari LIPI mengungkapkan, masyarakat Indonesia secara tradisional menggunakan daun sukun untuk pengobatan penyakit hati, inflamasi, jantung, ginjal, sakit gigi, dan gatal-gatal.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Kuliner

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top