Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Mengulik Usaha Laundry Kiloan

Mengulik Usaha Laundry Kiloan

Bisnis Jasa

Mengulik Usaha Laundry Kiloan

Jasa mencuci pakaian atau laundry sangat dibutuhkan di perkotaan. Saat ini kegiatan mencuci dan setrika pakaian bisa jadi masalah yang sepele namun merepotkan untuk sebagian orang terutama yang tinggal di perkotaan. Bergesernya gaya hidup dan semakin sulitnya mencari pembantu rumah tangga merupakan alasan bagi sebagian orang untuk menggunakan usaha laundry kiloan.

Untuk Anda yang ingin memulai membuka usaha sendiri atau yang sedang mengembangkan usaha, bisnis laundry kiloan bisa jadi alternatifnya. Di Indonesia, ada beberapa jenis usaha yang termasuk dalam bisnis laundry atau cuci mencuci, yaitu sebagai berikut :

Laundry, Bisnis Cuci – Setrika
Usaha ini adalah bentuk sederhana dari bisnis laundry, biasanya marak di daerah kos-kosan atau kontrakan, di mana penghuninya sangat sibuk dan tidak sempat mencuci dan setrika. Kegiatan cuci-setrika diambil alih oleh penjaga atau pembantu di tempat tersebut. Pembayaran dilakukan biasanya di akhir bulan dan tarifnya pun tergantung dari kesepakatan.

Sebagai permulaan, bisnis laundry ini pantas dilirik karena cukup menjanjikan. Anda tidak perlu modal yang besar atau membeli mesin yang canggih. Risikonya juga sangat rendah. Anda tinggal mengkoordinir orang yang mau bekerja sebagai tukang cuci-setrika, menyediakan mesin cucinya dan mencari konsumen yang ingin dicucikan dan disetrika pakaian kotornya. Mudah bukan?

Binatu atau Laundry & Dry Clean
Bisnis laundry ini mulai marak di awal tahun 1990-an. Awalnya hanya dilakukan secara rumahan atau di hotel-hotel mewah sebagai salah satu fasilitas bagi tamunya. Sebagian besar bisnis ini adalah waralaba atau franchise dari luar negeri.

Ada 2 cara pencucian. Untuk laundry berarti baju dicuci dengan menggunakan mesin, sedangkan dry clean pakaian dibersihkan dengan menggunakan cairan kimia khusus sehingga kotoran bisa dirontokkan tanpa dicuci.

Baca Juga :  Tips Sukses Membuka Bisnis Warnet

Sekilas bisnis laundry ini tampak membutuhkan modal yang cukup besar. Anda tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak bisnis laundry menggunakan waralaba lokal atau system agency dengan harga yang lebih terjangkau.

Anda tinggal membuat papan plank yang dipajang di depan rumah. Bila ada orderan datang, Anda tinggal meneruskannya ke tempat pencucian yang telah ditentukan. Target konsumen juga semakin luas. Tidak hanya untuk kalangan atas, namun juga kelas menengah ke bawah.

Laundry Kiloan
Bisnis ini merupakan gabungan dari usaha cuci-setrika dan laundry. Secara kualitas, sistem pencucian dilakukan seperti layaknya di laundry atau binatu, namun tarifnya sangat terjangkau karena dihitung secara kiloan bukan per potong pakaian. Anda pasti sudah bisa menebak segmentasi pasar dari bisnis ini bukan? Semakin luas dan pastinya menambah keuntungan.

Untuk Anda yang tertarik membuka bisnis laundry kiloan, berikut beberapa persiapan yang perlu anda cermati.


Modal Usaha Laundry Kiloan


Besarnya modal tergantung dari besarnya usaha laundry kiloan yang ingin ada buat. Apakah laundry kiloan di rumahan atau menyewa tempat. Untuk laundry rumahan memang tidak membutuhkan modal yang banyak, namun keuntungannya juga tidak seberapa.

Bisnis laundry kiloan sangat bergantung pada kuantitas, karena jika dihitung keuntungan yang diperolah per potong pakaian nominalnya tidak terlalu besar. Besarnya jumlah cucian sangat menentukan kapan investasi Anda akan balik modal. Semakin banyak order cucian, semakin besar pula keuntungannya.

Membuka bisnis laundry kiloan skala menengah memang membutuhkan biaya yang lumayan banyak. Bisa mencapai ratusan juta rupiah. Anda bisa menyiasatinya dengan mencari partner bisnis.

Carilah partner bisnis yang bisa dipercaya serta mempunyai visi dan misi bisnis yang sama. Buatlah aturan yang jelas untuk presentasi modal dan keuntungan. Kalau perlu dibuat perjanjian hitam di atas putih atau dibuat legal (badan hukum).

Baca Juga :  Peluang Usaha Kerajinan Tangan Anyaman

Modal terbesar untuk membuka usaha laundry kiloan adalah membeli mesin-mesin dan sewa tempat. Harga mesin cuci yang dibeli tergantung pada kapasitasnya apakah 10kg, 20kg atau 30kg. Sebagai referensi, mesin cuci buatan Jerman lebih bagus dibandingkan buatan Jepang. Namun harganya memang lebih mahal.

Biaya operasional biasanya untuk sewa tempat, diterjen dan pelembut, air bahan kimia untuk dry & clean, dan SDM (pegawai). Buatlah laporan keuangan secara terstruktur dan sistematis agar anda mengetahui perkembangan usaha Anda. Buat pula perkiraan balik modal (return of ivestment), sehingga Anda dapat menentukan kapan mengembangkan usaha ataupun menambah modal kerja seperti mesin-mesin, dll.

Masih banyak persiapan yang dilakukan untuk membuka laundry kiloan kelas menengah. Anda sebaiknya bergabung dengan asosiasi pengusaha laundry sehingga dapat bertanya lebih spesifik dan sharing dengan sesama pengusaha laundry.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top