Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Membuka Usaha Rental Komik

Membuka Usaha Rental Komik

Peluang Usaha

Membuka Usaha Rental Komik

Siapa sih yang tidak butuh membaca. Apalagi bacaan ringan seperti komik. Namun, berapa banyak yang bisa membeli komik. Harga komik membumbung tinggi, sampai seakan sulit dijangkau. Kalaupun ada yang mampu membeli, tapi ragu untuk merawatnya. Buat orang-orang seperti itulah Anda bisa menyediakan tempat untuk menampung minat baca mereka dengan membuka usaha rental komik.

Komik masuk di Indonesia sejak tahun 90-an dan laris manis dengan sejumlah judul komik yang populer, bahkan sampai saat ini komi-komi tersebut masih dibaca oleh kalangan muda. Misalnya saja komik Doraemon, Dragon Ball, Detective Conan dan beberapa judul lainnya. Komik memang hiburan baca yang unik dan membuat ketagihan para penggemarnya, tidak salah industri komik di negara asalnya yakni Jepang merupakan ladang menghasilkan uang berlimpah.

Komik adalah hiburan untuk semua kalangan umur, mulai dari balita hingga yang sudah mempunyai anak. Komik diciptakan memang untuk beberapa kategori umur. Ada yang bebas dibaca semua umur, ada pula yang komik dengan batasan umur tertentu seperti komik dengan pembaca 18 tahun ke atas. Umumnya komik dewasa ini menampilkan adegan kekerasan dan tema yang sulit dimengerti oleh pembaca yang di bawah umur.

Oleh karena itu mendirikan atau membuka usaha rental komik adalah peluang yang lumayan besar karena jumlah peminatnya yang banyak di Indonesia. Memang ada sejumlah komik karya anak bangsa sendiri, namun penggemar komik tanah air masih terlalu cinta dengan buatan komikus Jepang.


Modal Membuka Usaha Rental Komik


Jasa penyewaan komik modalnya relatif besar, karena harus memiliki aset bernama komik. Untuk yang sudah mengoleksi, bisa saja langsung menjadikan barang koleksiannya mengalirkan uang. Namun bagi yang belum, sepertinya hal tersebut masih bisa diupayakan, tentunya asal ada kemauan.

Baca Juga :  Beberapa Peluang Usaha Modal Kecil

Anda cukup hunting komik murah dipasar loak, atau mungkin bisa mencari teman yang memiliki banyak komik dan mengajaknya untuk memberdayakan komik miliknya, sehingga Anda bisa bekerjasama dengan teman mendirikan rental komik.

Bila kekurangan dana untuk membuka bisnis ini, tidak mengapa untuk patungan atau joinan dengan teman-teman dekat. Apalagi dengan mereka yang sudah gandrung komik.

Selain untuk berlatih berbisnis, setiap hari kita akan membaca komik dengan gratis. Namun sebelum pendirian buatlah akad kerjasama yang jelas, demi keberlangsungan usaha nantinya. Misalnya tentang hak dan kewajiban masing-masing yang berserikat, saham yang dimiliki, keuntungan yang akan dibagi, dan lain sebagainya.


Pemilihan Tempat


Untuk membuka usaha rental komik dibutuhkan tempat yang strategis. Tentu saja agar usaha Anda berputar dengan cepat dan segera mendapatkan untung.

Lokasi yang strategis untuk mendirikan tempat penyewaan komik yaitu dekat dengan kampus atau sekolah-sekolah, baik SMP maupun SMA. ;Alasan mengapa harus dekat dengan tempat belajar, yaitu karena para pelajar biasanya merupakan pelanggan aktif yang akan dengan senang hati datang ke tempat penyewaan komik Anda.

Untuk menyewa perpustakaan komik tidaklah harus tempat yang luas, cukup untuk menampung koleksi yang akan dibidik itu saja sudah cukup. Jadi jangan terlalu memaksakan diri untuk menyewa tempat yang luas, yang juga berarti dana yang dikeluarkan untuk kontrak tempat adalah tinggi.

Bila memungkinkan bukalah perpustakaan sewa komik di depan rumah, dirikanlah kios sederhana tapi dengan desain menarik. Memang untuk tahun pertama pendirian kios atau lapak memakan banyak modal. Tapi untuk tahun kedua dan seterusnya, tidak ada lagi dana yang dikeluarkan untuk kepentingan kontrak tempat.

Laman: 1 2


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top