Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Membuka Usaha Makanan Begini Tips dan Caranya

Membuka Usaha Makanan

Bisnis Kuliner

Membuka Usaha Makanan Begini Tips dan Caranya

Membuka usaha makanan termasuk bisnis yang menjanjikan saat ini. Walaupun tingkat persaingannya tinggi, tetapi tiap satu jenis usaha menjadi unik adanya. Hal itu karena beragamnya makanan yang ditawarkan.

Jadi, setiap jenis usaha makanan mempunyai segmen pasarnya tersendiri. Bergantung kepada selera, kebutuhan dan daya beli juga lokasi usaha. Misalnya, di lokasi perumahan yang jauh ke tempat makanan, jika berjualan sate keliling pasti akan sangat dibutuhkan.

Begitu pun bagi yang mempunyai usaha makanan yang menetap tempatnya. Peluang mengeruk laba lumayan pun tak bisa diabaikan. Sekarang ini, zamannya orang sibuk. Mereka berlomba-lomba mencari uang. Akibat aktivitas yang banyak, mereka tidak sempat memasak di rumah. Akibatnya, demi alasan kepraktisan mereka lebih banyak membeli makanan di luar.

Makanan juga termasuk kebutuhan pokok, bahkan tidak bisa ditunda-tunda. Atas perspektif itulah, membuka usaha makanan menjadi buruan banyak orang. Baik untuk yang bermodal kecil, maupun mereka yang bermodal besar. Berikut beberapa cara membuka bisnis kuliner yang bisa dijadikan pertimbangan.

 


Membuka Usaha Makanan Begini Tips dan Caranya


1. Modal dan Waktu yang Sedikit

Ini berlaku bagi ibu rumah tangga yang mempunyai sedikit waktu luang. Diperlukan sedikit perjuangan, yaitu bangun lebih pagi untuk meracik makanan. Pada pagi hari, makanan itu harus sudah siap di warung-warung. Biasanya dijajakan dalam keadaan masih hangat.

Makanan tersebut untuk mereka yang tidak sempat sarapan. Makanan tersebut harus mengenyangkan dan diolah dengan cara menggoreng. Contohnya bala-bala, gehu, pisang goreng dan juga lepet yang dikukus, tetapi bisa juga donat, puding dan lain sebagainya.

Biasanya makanan jenis ini akan habis menjelng siang, tetapi bisa juga bersisa sedikit di sore hari. Pada sore atau malam harinya, pembuat makanan tinggal mengambil sisa makanan juga mengambil uang penjualan dari makanan yang dititipkan. Cukup praktis kan?

Baca Juga :  Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga

Namun, bagi ibu rumah tangga yang mempunyai waktu luangnya tidak tentu, bisa membuat makanan yang awet, misalnya keripik. Keripik ini sifatnya tahan lama. Berfungsi sebagai cemilan biasa. Berbagai macam jenis bisa dibuat. Keripik singkong, ubi, talas, pisang. Jika ingin lebih menarik, maka keripik tersebut diolah dengan berbagai variasi rasa, seperti pedas, manis atau asin.

Kita bisa menyewa seorang pegawai yang menggunakan sepeda atau motor untuk membantu memasarkannya. Biasanya dititipkan pada warung-warung yang letaknya jauh dengan tempat kita. Dengan demikian, penghasilan kita akan semakin bertambah.

2. Tanpa Modal, Hanya Harus Mempunyai Lokasi Strategis

Banyak orang bertanya, apakah ada bisnis makanan tanpa modal sama sekali? Jawabannya ada, hanya perlu punya unsur kepercayaan dan lokasi yang strategis. Itu adalah bisnis kecil yang sangat populer saat ini. Apalagi kalau bukan membuka usaha penitipan kue-kue jajanan pasar.

Pangsa pasarnya cukup bagus. Selain remaja yang suka ngemil, ternyata ibu-ibu dan anak-anak pun suka jajan tipe makanan seperti ini. Bisnis ini tidak membutuhkan toko. Jika rumah kita ada di pinggir jalan yang ramai, maka kita bisa memanfaatkannya sebagai lokasi usaha.

Jika tidak, kita pun bisa menyewa sedikit lahan kosong di depan toko, bengkel atau tempat lainnya yang lokasinya strategis. Selain biaya sewa, modal yang kita keluarkan hanya membeli plastik untuk pembungkus, dan menyediakan satu atau dua meja tempat makanan disimpan.

Wadah makanan tidak perlu kita siapkan. Karena mereka yang menitipkan makanan, biasanya disertai dengan wadahnya. Wadahnya biasanya sudah dalam bentuk tertutup sehingga walaupun terletak di pinggir jalan tanpa bangunan, kehigienisannya tetap terjaga.

Adapun jenis makanan yang dijual biasanya adalah makanan basah ataupun makanan kering. Uniknya usaha ini karena bisa menjual banyak sekali jenis makanan. Mulai dari lapis, risoles, puding, bolu dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga :  Membuka Usaha Reparasi TV Warna

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Kuliner

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top