Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Mengenal Media Jamur Merang

Media Jamur Merang

Bisnis Budidaya Jamur

Mengenal Media Jamur Merang

Media jamur merang dalam budidaya jamur umumnya dapat menggunakan berbagai macam media untuk dapat tumbuh.

Media tersebut diantaranya merang (tangkai padi), kulit padi, arang sekam, jerami dan bahan lain seperti daun pisang, kertas bekas, kapas bekas, ampas dan lain sebagainya. Media-media tersebut adalah bahan organik yang masing-masing mengandung nutrisi berbeda-beda yang menunjang pertumbuhan jamur

Media jamur merang dapat juga menggunakan biji-bijian serealia, seperti sorgum, beras, gandum dan jagung. Didalam jagung dan dedak banyak mengadung gizi dan serat kasar serat unsur-unsur lain, sehingga memadai untuk dijadikan sumber nutrien bagi pertumbuhan jamur.

Penambahan CaCO3 digunakan untuk mengatur pH media. Sedangkan wadahnya dapat menggunakan kantong plastik yang tahan panas, botol dan sebagainya. Selain biji-bijian dapat juga menggunakan serbuk gergaji, limbah daun teh, jerami, ampas tebu, serbuk serabut kelapa, daun lamtoro dan sebagainya juga dapat dipakai sebagai media tumbuh.


Media Jamur Merang Tumbuh


Untuk mengenal lebih jauh media jamur merang, berikut ini akan disajikan beberapa media jamur merang yang bisa digunakan untuk pembuatan media. Misalnya jerami, bekatul, jagung, dan beras menir.

Jerami
Jerami merupakan tanaman yang berasal dari padi-padian dan dapat dijadikan media jamur merang. Bila suatu kompos berasal dari padi-padian (tanaman organik), maka kompos akan menjadi baik sampai pada tahap akhir panen. Karena dalam jerami ini terdapat zat sellulosa yang sangat membantu pertumbuhan bibit jamur.

Bekatul
Bekatul dapat digunakan sebagai media jamur merang, karena di dalam bekatul terdapat unsur-unsur yang dimanfaatkan sebagai nutrisi untuk pertumbuhan misellium. Bekatul atau dedak merupakan hasil samping dari beras pada waktu penggilingan gabah.

Dedak memberikan panas yang cukup tinggi mengandung beberapa unsur yang dapat dipakai sebagai nutrisi oleh jamur

Baca Juga :  Menuai Rupiah dari Bisnis Toko Sepeda

Jagung
Media tumbuh jamur merang yang baik adalah bahan yang berasal dari bahan jerami yang umumnya telah dicampur dengan bahan-bahan seperti bekatul, tepung jagung, kalsium karbonat dan kalsium sulfat.

Penambahan sumber nutrisi ini diharapkan dapat memperpanjang periode panen. Akibat produksi dapat lebih baik kualitas maupun kuantitasnya. Namun apabila hara tambahan ini diberikan terlalu banyak akan memperpanjang pertumbuhan vegetatif (miselium) dan jamur yang dihasilkan akan rendah sehigga kurang baik bagi kualitas jamur yang dihasilkan.

Beras menir
Beras menir merupakan hasil dari beras giling yang pecah bentuknya kecil-kecil dan termasuk produk yang hampir sama dengan bekatul, sehingga kurang dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok dan sering digunakan sebagai tambahan bahan pakan ternak. Beras menir dapat dijadikan media jamur merang karena kandungan gizi beras menir sama dengan kandungan gizi beras.

Perlunya memilih media jamur merang yang tepat, maka Anda perlu mengetahui apa saja yang bisa dijadikan sebagai media. Beberapa penelitian menyarankan agar menggunakan media jerami, sementara bekatul, beras, jagung, dan ampas bisa dijadikan sebagai tambahan dalam pembuatan media.


Kategori Bisnis Budidaya Jamur

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top