Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Mari Memulai Usaha Sendiri

Usaha Sendiri

Peluang Usaha

Mari Memulai Usaha Sendiri

Memulai usaha sendiri tidak mudah. Carilah informasi sebanyak mungkin bagaimana caranya. Cara yang paling mudah adalah browsing di internet. Misalnya, dengan mengunjungi www.peluang-bisnis.net di website ini, Anda akan mendapatkan banyak sekali informasi, teknik, tips dan cara membuka usaha sendiri di rumah.


Menentukan Jenis Usaha Sendiri


Pertanyaan awal yang paling sering muncul dari benak para pengusaha pemula adalah dari mana modal awalnya? Dan bidang usaha apa yang harus ditekuni? Modal bukanlah pokok persoalan utama. Bisa saja menjalankan bisnis sendiri dari modal orang lain, atau menjalankan bisnis kecil-kecilan tanpa modal untuk mengumpukan modal awal.

Kalau Anda ingin orang lain berinvestasi pada bisnis Anda, reputasi Anda selama inilah yang akan menentukan apakah ada investor yang mau mendukung Anda atau tidak.

Sebelum memikirkan modal, pikirkan jenis usaha apa yang ingin Anda geluti. Jenis usaha adalah hal utama yang harus dipikirkan. Lakukanlah survei pasar secara komprehensif.

Pelajarilah calon market Anda dengan saksama. Pertimbangan yang matang tentunya akan menimbulkan efek psikologis yang lebih positif daripada terlalu terburu-buru dan asal buka usaha.

Biasanya pengusaha pemula memulai bisnis dari hobi mereka. Jika Anda memulai bisnis yang memang merupakan hobi Anda, aktivitas bisnis akan terasa lebih ringan dan Anda tidak akan mudah bosan.

Contoh usaha sendiri, jika hobi Anda adalah memelihara kucing, cobalah usaha beternak kucing ras. Selain menyenangkan, Anda bisa mendapatkan uang dari hobi Anda tersebut.

Selain melakukan bisnis dari hobi, pastikan bidang bisnis yang ingin Anda buka memang Anda kuasai. Sesuaikan dengan bidang pendidikan atau pengalaman Anda.

Misalnya, jika Anda adalah seorang lulusan sekolah akuntansi, Anda bisa mulai membuat usaha pembukuan laporan keuangan kecil-kecilan. Dengan demikian Anda akan tahu apa yang harus Anda lakukan dalam bisnis Anda.

Baca Juga :  Penulis Artikel Freelance Untuk Pemula

Menentukan jenis usaha juga bisa dilakukan dengan merenungi pengeluaran Anda. Maksudnya, coba pikirkan, ke mana saja uang Anda lari selama ini?

Hal ini secara tidak langsung merupakan riset pasar, mencari tahu bidang usaha apa yang prospeknya baik. Misalnya jika uang Anda sebagian besar digunakan untuk membeli barang-barang elektronik, bisa jadi usaha di bidang jual beli barang elektronik itu menguntungkan.


Mencari Modal untuk Usaha Sendiri


Seperti disebutkan di atas, modal bukanlah persoalan utama. Akan tetapi bukan berarti modal tidak penting. Untuk berjalannya suatu usaha, tentulah perlu modal. Jika Anda tidak memiliki cukup dana untuk dijadikan modal, cobalah beberapa alternatif. Alternatif pertama adalah meminjam uang.

Jangan berpikir terlalu jauh untuk meminjam ke bank, karena biasanya bank tak akan memberikan pinjaman usaha jika usahanya belum dimulai. Pinjamlah dana secukupnya dari rekan atau kerabat. Jika telah dipinjamkan, jangan lupa untuk melunasinya saat Anda sudah memperoleh keuntungan kelak.

Untuk tempat usaha, jangan dipusingkan dengan kebutuhan modal untuk menyewa apalagi membeli sepetak lahan usaha. Manfaatkanlah yang sudah ada. Anda bisa membuka kantor kecil-kecilan di rumah Anda sendiri.

Jika ada sebuah ruang yang penggunaannya tidak terlalu efektif, jadikanlah ruang tersebut kantor kecil Anda. Dengan demikian Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk menyewa tempat apalagi memasang kabel telepon dan faksimili.

Jika Anda mulai yakin dengan bisnis Anda tetapi terkendala oleh modal. Ajaklah beberapa rekan atau kerabat untuk berinvestasi. Pastikan mereka yang menginvestasikan uangnya diberikan laporan keuangan yang mendetail secara berkala.

Jangan sampai Anda kehilangan kepercayaan mereka. Permasalahan selanjutnya terkait modal adalah menggaji karyawan. Jika memungkinkan, ajak mereka untuk bekerja sama sehingga pembayaran dilakukan dengan sistem bagi hasil. Dengan demikian Anda menjadi lebih hemat dan karyawan menjadi semakin pandai dan mendukung penuh usaha Anda.

Baca Juga :  Cara Cari Uang di Internet Tanpa Modal

Selanjutnya adalah melakukan promosi. Tidak perlu repot-repot membuat pamflet atau leaflet jika memang tidak memiliki dana. Manfaatkan internet sebagai media promosi gratis. Anda bisa membuat blog atau situs gratisan untuk memperkenalkan perusahaan kecil Anda. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan jejaring sosial untuk mempromosikan blog atau situs tersebut.

Laman: 1 2


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top