Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Kumbung Jamur Merang

Kumbung Jamur Merang

Bisnis Budidaya Jamur

Kumbung Jamur Merang

Kumbung jamur merang adalah nama lain untuk tempat pembudidayaan jamur merang. Rumah jamur atau kumbung jamur merang ini sengaja dibuat khusus untuk bisa menanam jamur tanpa terpengaruh musim. Karena bila mengikuti cara panen tradisional, petani hanya bisa memetik jamur merang pada musim panen padi saja.

Sekarang dengan adanya pembudidayaan jamur merang secara modern dengan menggunakan kumbung jamur merang ini, maka panen jamur merang dapat dilakukan sepanjang tahun. Tanpa terpengaruh oleh musim tanam padi dan iklim. Sehingga banyak orang yang bukan petani pun ikut terjun dalam bisnis budidaya jamur ini.


Material Kumbung Jamur Merang


Kumbung jamur merang biasanya dibuat dari bambu, kayu atau bahkan besi. Tergantung pada kemampuan modal awal anda yang ingin terjun dalam bisnis budidaya jamur merang. Kumbung ini berbentuk persegi yang dibuat sesuai ukuran lahan yang tersedia atau sesuai keinginan anda.

Dinding bagian luar kumbung biasanya adalah berupa anyaman bambu, atau bisa juga berupa kain yang bisa dibuka tutup.Tujuannya adalah untuk mengatur masuknya cahaya matahari.Sehingga intensitas cahaya yang dibutuhkan untuk perkembangan hidup jamur bisa di atur.


Bedengan


Di dalam kumbung inilah disusun media tumbuh jamur merang tadi. Yang dihamparkan di atas rak-rak yang tersusun rapi berupa bedengan yang bertingkat. Pada umumnya terdapat dua tingkat bedengan. Di atas bedengan inilah yang kemudian disemaikan bibit jamur merang diatasnya.

Sebelum bibit disemai, disediakan dulu media tanam yang berasal dari limbah merang atau media tanam lain yang memenuhi syarat. Biasanya media tumbuhnya adalah berupa jerami yang sudah dikomposkan yang dicampur dengan limbah kapuk. Perbandingannya adalah 2:1. Setelah itu diberi kapur 1-2 persen.

Baca Juga :  Peluang Usaha Reparasi Sepatu

Caranya: basahi jerami, timbun diatas lantai bersama kapur. Lalu ditutup dengan plastik berupa polybag selama lima hari. Setelah lima hari, timbunan itu dibuka dan dibalik kemudian ditambah dengan bekatul. Setelah itu baru dihamparkan di atas bedengan yang kemudian ditutup dengan plastik polybag selama empat hari.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Budidaya Jamur

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top