Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Kiat Sukses Jadi Pengusaha ala Purdi E Chandra

Kiat Sukses Jadi Pengusaha ala Purdi E Chandra

Bisnis Jasa

Kiat Sukses Jadi Pengusaha ala Purdi E Chandra

Siapa yang tidak mengenal Purdi E. Chandra? Pemilik Primagama ini tergolong sebagai pengusaha sukses. Tidak hanya sukses mengelola Primagama, Purdi pun sukses menularkan ilmu Kiat Sukses Jadi Pengusaha melalui wadah Entrepreuner University.


Mengenal Sosok Purdi E Chandra


Lembaga Primagama terbukti sukses berkiprah dalam dunia pendidikan kita. Dengan bimbingan Primagama, banyak sudah anak Indonesia yang berhasil meraih mimpi. Mereka lulus dengan nilai bagus dan berhasil masuk sekolah favorit dengan nilai tinggi. Bahkan tidak sedikit yang sudah berhasil meraih gelar sarjana.

Lembaga ini memenangkan berbagai penghargaan bergengsi. Bahkan sukses masuk ke Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan jumlah cabang 181 di 96 kota besar di Indonesia. Dikabarkan setiap tahun, Primagama mendidik lebih dari 100 ribu siswa. Primagama juga sukses berkembang menjadi sebuah holding company yang membawahi lebih dari 20 anak perusahaan.

Purdi E. Chandra adalah sosok di balik kesuksesan tersebut. Walau pernah kuliah di 4 jurusan berbeda di UGM dan IKIP Yogya, dia mengaku tidak pernah lulus sebagai sarjana.

Hal itu bukan disebabkan ketidak mampuan otaknya, tapi terpecut oleh idealisme berbisnis. Sejak dulu dia menginginkan menjadi seorang pengusaha sukses dan mimpi itu kini telah berhasil diwujudkannya.


Cara Gila Jadi Pengusaha


Cara gila jadi pengusaha adalah jargon utama yang diusung Purdi. Menurutnya seseorang tidak perlu harus berpendidikan tinggi untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Baginya, modal juga bukan kendala menjadi pengusaha. Hanya diperlukan modal awal berani dan mimpi untuk meraih cita-cita menjadi pengusaha sukses.

Menurut Purdi, menjadi pengusaha tidak perlu banyak berpikir dan berhitung. Karena terlalu banyak berhitung sebelum membuka usaha menyebabkan orang takut berusaha. Jalankan saja dahulu, hitung belakangan. Inilah yang menjadi konsep awal jargon ‘cara gila jadi pengusaha’.

Baca Juga :  Ide Industri Rumahan Modal Kecil

Purdi sering mengibaratkan langkah awal menjadi pengusaha ibarat seseorang masuk kamar mandi. Masuk kamar mandi, orang tidak perlu berhitung. Masuk saja langsung, terlebih jika sudah ‘kepepet’. Jika ada yang kurang, misalnya ketinggalan sabun, orang toh masih bisa keluar mengambilnya.

Demikian pula dengan dunia usaha. Terjun bebaslah dahulu. Toh kalau ada yang tidak sesuai dengan perhitungan, orang masih bisa keluar berhitung, lalu masuk lagi berusaha.


Entrepreneur University


Purdi E. Chandra kini melepaskan pengelolaan Primagama di bawah tenaga-tenaga profesional yang secara pendidikan memiliki gelar sarjana lebih tinggi darinya. Dia kini aktif menyebarkan apa yang dinamakannya virus entrepreneur melalui lembaga Entrepreneur University (EU).

Entrepeneur University, walau berkesan akademik, bukanlah sebuah universitas seperti pengertian umum. Guru atau dosen di sana hanya bertindak sebagai mentor. Suasananya pun tidak seperti sekolah atau kuliah. Bahkan tidak ada nilai dan tidak ada ijazah ataupun wisuda.

Banyak sudah pengusaha dan pebisnis muda sukses karena arahan EU. Beberapa diantaranya adalah owner Kebab Turki Baba Rafi, Hendy Setiono, dan founder komunitas Tangan di Atas (TDA), Badroni Yuzirman.


Pengusaha yang Berusaha


Orang yang tidak pernah berbuat kesalahan berarti tidak pernah berbuat apa-apa. Paradigma yang terpatri selama ini di benak masyarakat adalah takut untuk berbuat gagal atau salah. Justru di situlah mental enterpreneur ditempa. Punya karakter tangguh. Berani ambil risiko.

Seperti wisdom ini, “Tidak penting seberapa kali Anda jatuh. Yang penting Anda bisa bangun kembali.” Namun, sebelum jauh melangkah ke sana, Anda harus mencari kesempatan dalam usaha dulu, bukan? Biasanya, hal-hal berikut ini yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kesempatan usaha.

  • Peluang kecil. “Bisnis ini, sih, tidak profitable!” atau “Wah, pesimis bisnis ini akan lancar!” Kira-kira, demikian kata yang sering terlontar.
  • Pesaing banyak. Peta bisnis yang kian padat dihuni para pesaing membuat Anda keder duluan. “Wah, mana mungkin mengalahkan perusahaan itu!”
  • Modal seret. Ini ialah alasan klasik yang selalu diutarakan ketika mendengar kesempatan berusaha.
Baca Juga :  Keahlian Cara Dapat Uang di Internet

Apa yang Anda khawatirkan tersebut tidak sepenuhnya keliru. Namun, ada baiknya Anda mencoba, bukan? Just do’a and do it. Di dalam berusaha, Anda perlu melakukan beberapa tips wirausaha yang dapat dilakukan agar usaha yang Anda jalani berjalan dengan baik dan sukses.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top