Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Membuat Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Bisnis Kerajinan Tangan

Membuat Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Habis manis sepah dibuang. Mungkin pepatah itu bisa ditujukan pada surat kabar atau koran. Setelah dibaca, koran seakan dicampakkan. Menjadi barang tak berguna lagi. Padahal dengan sedikit kreatifitas, Anda dapat membuat kerajinan tangan dari koran bekas.


Koran Bekas Pengganti Rotan


Tak ada rotan, koran pun jadi. Ya, sumber daya rotan makin berkurang. Populasinya di hutan-hutan Indonesia terus merosot. Itu karena rotan yang diambil adalah rotan yang tumbuh alami di hutan. Sepertinya belum ada budidaya rotan atau perkebunan rotan.

Rotan telah lama menjadi andalan para perajin dalam menghasilkan berbagai peralatan rumah tangga maupun barang kerajinan. Batan- batang rotan yang panjang dapat berubah menjadi kursi, meja, tempat tidur, rak hingga tudung saji. Bahkan sebagian besar menjadi andalan ekspor Indonesia.

Akhir-akhir ini terjadi kekurangan rotan, menjadikan banyak perajin rotan menjerit karena kekurangan bahan baku. Akibatnya ekspor terhenti, sumber penghasil devisa pun berkurang.

Mensiasati hal tersebut, beberapa perajin lalu berkreasi. Mereka mencoba berbagai alternatif lain sebagai pengganti rotan. Beberapa diantaranya mencoba mengganti bahan baku rotan dengan koran bekas.


Anyaman Kerajinan Tangan dari Koran


Koran yang nampak ringkih itu ternyata dapat menjadi alternatif pengganti rotan. Dengan anyaman teknik tertentu, koran bekas dapat juga berubah menjadi berbagai bentuk menarik seperti pigura foto, pajangan, kap lampu, tempat koran.

Kerajinan koran memang masih sebatas benda-benda yang relatif berukuran kecil. Masih ditemukan kendala membuat anyaman koran untuk benda seperti meja, kursi atau rak. Dapat dimaklumi, karena kekuatan anyaman koran belum memadai untuk keperluan tersebut.

Tapi tentu saja hal tersebut menjadi tantangan bagi perajin. Bisa saja koran-koran tersebut dipadukan dengan bahan-bahan lain seperti kayu atau plastik, sehingga penggunaan dan pemanfaatannya bisa lebih luas lagi.

Baca Juga :  Peluang Usaha Makanan Gak Ada Matinya

Peluang Usaha Kerajinan Tangan dari Koran


Kini telah banyak dijumpai berbagai bentuk kerajinan tangan dari koran. Dengan teknik anyaman tertentu dan kerapihan, terkadang orang tidak menyangka kalau barang unik incarannya ternyata terbuat dari koran bekas.

Memang tampilan kerajinan tangan dari koran ini sungguh unik. Sepintas tidak nampak kalau terbuat dari koran. Itu karena hasil akhir pengerjaan pun dilakukan dengan memvernis atau mengecat barang-barang kerajinan tangan dari koran.

Bahkan, di beberapa arena pameran kerajinan, hiasan ini juga menjadi incaran banyak pembeli. Tidak sedikit diantaranya yang berhasil di ekspor keluar negeri.

Suatu peluang usaha yang sungguh menggiurkan. Menghasilkan dolar dari kerajinan tangan dari koran bekas.


Kategori Bisnis Kerajinan Tangan

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top