Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Kerajinan Tangan Daerah Menjadi Peluang Ekspor

Kerajinan Tangan Daerah

Bisnis Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan Daerah Menjadi Peluang Ekspor

Setiap daerah mempunyai produk unggulan tertentu dalam kegiatan ekonominya. Baik dari hasil sumber alam, budaya maupun makanan khas. Kekhasan dalam keberagaman produk bisnis ini tentu saja memberi peluang yang menguntungkan. Begitu juga dengan kerajinan tangan daerah, merupakan potensi yang masih dapat digali dan ditingkatkan, terutama untuk memenuhi permintaan ekspor yang sangat tinggi.


Kerajinan Tangan Daerah


Pekerjaan membuat kerajinan tangan memang sangat cocok dengan wanita, selain tidak membutuhkan tenaga ekstra dapat dilakukan di rumah sebagai pekerjaan sampingan, disela-sela mengurus anak dan keluarga.

Banyak sekali jenis kerajinan tangan yang dihasilkan masyarakat Indonesia. Setiap daerah mempunyai ciri khas yang menonjolkan keudayaan daerahnya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa contoh kerajianan tangan yang sering dibuat oleh masyarakat Indonesia.

1. Kerajinan Tas dari Sampah Keluarga
Banyak jenis-jenis kerajinan tangan yang dihasilkan dari tangan kreatif wanita. Salah satunya berupa barang fungsional yang berbahan dasar dari bungkus barang yang tidak terpakai. Saat ini, banyak tersedia tas tangan wanita, tas belanja, tas mukena, sampai tas santai wanita yang terbuat dari sampah plastik.

Tas-tas fungsional yang terlihat apik dan menarik dibuat dari bungkus deterjen kemasan satu kilo yang digunting dan dicuci bersih. Bahan kemudian dijahit sesuai pola tas yang diinginkan dan diberi kain untuk lapisan dalam. Untuk mempermanis penampilan dapat ditambah aksesoris pendukung berupa pita, bunga atau kancing. Kerajinan tangan ini banyak menarik peminat pembeli dari dalam dan luar negeri.

2. Rangkaian Bunga dari Kulit Jagung
Banyak jenis-jenis kerajinan bunga yang diperjualbelikan. Salah satunya, rangkaian bunga yang terbuat dari kulit jagung atau Anda kenal klobot jagung. Cara mengubah kulit jagung menjadi bunga nan cantik dan mampu menjadikan peluang usaha dapat dipelajari.

Baca Juga :  Tips Memilih Jasa Penerjemah yang Baik

Langkah pertama adalah menggunting kulit jagung yang sudah kering agar lebih rapi. Mencuci dan mewarnai dengan cara merebus dengan wantek atau pewarna kain sesuai keinginan Anda.

Setelah warna cukup merata, keringkan dan bentuk menjadi kelopak bunga yang akan Anda rangkai. Misalnya, warna kuning dengan bentuk kelopak bunga memanjang untuk rangkaian bunga matahari. Warna merah dengan guntingan agak bulat atau lonjong untuk mawar.

Rangkaikan kelopak tadi dengan benang sari yang terbuat dari gulungan kulit jagung. Selanjutnya rangkailah agar berbentuk bunga utuh. Kerajinan bunga ini dapat Anda jual lengkap dengan daun, tangkai, dan pot. Bisa juga Anda jual terpisah hanya bunganya saja yang bisa dimanfaatkan menjadi bros atau aksesories lainnya.

3. Merangkai Manik-Manik Menjadi Perhiasan
Merangkai manik-manik menjadi perhiasan membutuhkan kejelian, kreativitas, serta kesabaran yang tinggi. Menyelesaikan pekerjaan seni merangkai manik-manik juga harus penuh inovasi agar mampu menghasilkan perhiasan yang benar-benar baru.

Perhiasan manik-manik ini jika ditekuni dengan keseriusan mampu memberikan peluang usaha yang menjanjikan. Banyak wanita dan remaja menyukai perhiasan dari manik-manik. Peluang bisnis ini terbuka lebar apabila Anda mampu menangkap dari sisi yang berbeda. Artinya adalah mampu menghasilkan perhiasan manik-manik yang berbeda dari apa yang sudah dibuat oleh orang lain.

Wanita mana yang tidak suka perhiasan atau aksesoris yang terbuat dari manik-manik, seperti kalung, gelang, bros, dan sebagainya. Dasar itulah yang digunakan sebagian orang untuk menerjuni bisnis yang satu ini. Maka, tak perlu heran bila produk-produk ini mudah kita temui di beberapa tempat perbelanjaan.

Rahasia sukses dalam bisnis ini adalah selalu mengikuti tren yang ada. Semakin bagus model dan bahan yang kita pakai, maka semakin besar pula peluang terjualnya.

Baca Juga :  Kasus-kasus Etika Bisnis di Indonesia

Kekhasan dan etnik adalah salah satu ciri perhiasan manik-manik yang direspon positif pasar dalam dan luar negeri. Jika mampu menjadi berbeda dengan pengrajin lainnya, kesempatan maju dan berkembang akan diperoleh hasil yang lebih.

4. Kerajinan Tangan dari Koran Bekas
Setiap rumah pasti memiliki koran atau kertas bekas yang sudah tidak dipakai lagi. Nah, barang inilah yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan bermodalkan kreativitas, Anda dapat mengubah kertas atau koran bekas tersebut menjadi produk-produk karya seni yang menarik.

Keuntungan dari bisnis rumahan ini, selain bisa dimulai dengan modal yang kecil, alat-alat pembuatannya pun mudah kita temui di sekitar kita. Soal pengerjaannya, siapa pun bisa melakukan asalkan ada kemauan.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Kerajinan Tangan

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top