Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Menekuni Usaha Kerajinan Tangan Betawi

Menekuni Usaha Kerajinan Tangan Betawi

Bisnis Kerajinan Tangan

Menekuni Usaha Kerajinan Tangan Betawi

Saat ini masyarakat terutama yang berasal dari negara-negara maju atau Eropa sudah mulai merasa jenuh menikmati berbagai bentuk barang kerajinan yang merupakan bikinan dari pabrik dan proses produksinya menggunakan mesin. Karena mereka menilai barang kerajinan ini tidak punya nilai seni dan keindahan sama sekali.

Padahal mereka sangat menyukai segala hal yang bernuansa seni termasuk barang kerajinan. Keadaan ini merupakan kesempatan para pembuat atau produsen kerajinan tangan untuk membuka pangsa pasar yang lebih luas untuk menjual produk-produk mereka. Apalagi bila kerajinan jenis tangan tersebut belum begitu dikanal banyak orang. Misalnya kerajinan tangan Betawi.

Selama ini masyarakat selalu beranggapan bila pusat kerajinan tangan hanya berada di Bali atau Yogkarta saja. Padahal di Jakarta sendiri, banyak jenis kerajinan tangan Betawi yang bisa dikembangkan untuk dijadikan peluang usaha baru yang prospek pasarnya juga cukup menjanjikan.

Kenapa bisa dibilang menjanjikan? Karena meski budaya Betawi sudah dikenal banyak orang, namun kerajinan tangannya belum begitu populer. Maka begitu muncul pasti banyak yang penasaran, sehingga para penggemar kerajinan tangan akan tertarik untuk melihat atau membelinya untuk dijadikan barang koleksi kerajinan.

Ini terjadi bukan hanya di Indonesia saja, namun juga di luar negeri. Perlu diketahui, bila Indonesia selama ini terkenal sebagai negara produsen kerajinan tangan yang hasil produksinya sangat unik dan menarik.


Contoh Kerajinan Tangan Betawi yang Bisa Dikembangkan


Sebenarnya banyak jenis kerajinan tangan Betawi yang punya ciri khas istimewa. Dan di sini terdapat dua contoh jenis kerajinan yang bisa dijadikan peluang usaha baru.

1. Ondel-ondel

Semua orang yang akrab dan kenal dengan budaya Betawi pasti mengenal permainan boneka yang bernuansa sangat tradisional ini. Bahkan kota Jakarta juga selalu menjadikan boneka ini sebagai salah satu maskot utamanya. Nah, karena sudah cukup terkenal, kita munculkan saja ide baru yang berhubungan dengan ondel-ondel ini.

Baca Juga :  Saat Harus Jual Jamur Merang

Kita bisa membuat dan menjadikan miniatur ondel-ondel ini sebagai kerajinan tangan Betawi. Dijamin, pasti banyak yang akan menyukainya. Adapun bahan yang digunakan bisa bermacam-macam. Yang penting adalah usahakan bahan yang dipakai terdiri dari barang bekas atau sisa. Kerena nilai keunikan dan seni kerajinan tangan tersebut akan lebih tinggi.

Untuk mejadikan miniatur ondel-ondel sebagai barang kerajinan tangan Betawi kita bisa menggunakan potongan kain sisa jahitan baju, kayu bekas, koran dan sebagainya. Bahkan saat ini ada yang mencoba membuat miniatur ondel-ondel dari kok bekas (shuttlecock) yang digunakan untuk bermain bulu tangkis. Tantu sangat menarik sekali. Jadi tidak ada salahnya kita juga ikut mencobanya.

2. Batik Betawi

Jangan berpikir bila batik hanya bisa ditemukan di Solo, Yogyakarta atau Pekalongan saja. Di Jakartapun ada batik tradisional yang bisa dikembangkan menjadi kerajinan tangan Betawi. Motif batik tersebut tentu saja adalah motif Betawi sendiri.

Batik ini akan menjadi alternatif dari motif-motif batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia sebelumnya. Apalagi batik Betawi juga punya motif yang punya ciri khas tersendiri yang tidak dipunyai oleh motif batik dari kota lain. Jadi jangan sia-siakan peluang usaha yang menjanjikan ini. Asal kita mau tekun dan rajin serta kreatif, pasti akan bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Selamat berbisnis.


Kategori Bisnis Kerajinan Tangan

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top