Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Eksistensi Kerajinan Tangan Batik Indonesia

Kerajinan Tangan Batik

Bisnis Kerajinan Tangan

Eksistensi Kerajinan Tangan Batik Indonesia

Batik adalah salah satu hasil kebudayaan asli bangsa Indonesia. Bahkan tahun ini, batik telah dijadikan sebagai warisan budaya dunia asli dari negeri kita, Indonesia. Oleh karena itulah, maka sudah seharusnya setiap orang menyadari hal tersebut dan menjadikannya sebagai bentuk tanggungjawab sosial. Untuk hal tersebut, maka peningkatan kesadaran untuk belajar kerajinan tangan batik sudah seharusnya diajarkan kepada anak anak.

Kerajinan tangan batik sebagai salah satu warisan leluhur bangsa ini seharusnya ditingkatkan sebagai kegiatan aplikatif bagi kehidupan bangsa yang produktif. Artinya, kita menjadikan kerajinan tangan dengan motif batik sebagai kegiatan yang mendatangkan income bagi diri dan keluarga.

Perkembangan keterampilan tangan batik ini sangat pesat sehingga untuk saat sekarang ini, kerajinan tangan batik ada di beberapa negara, misalnya Indonesia, Thailand, India, Malaysia, Iran, dan, Sri Lanka. Dengan kata lain, keterampilan tangan batik ini ada hampir di seluruh wilayah Asia.

Tetapi dengan perkembangan yang ada, maka kerajinan tangan batik ini juga sudah ada di seluruh belahan dunia. Tetapi, meskipun demikian, batik dari Indonesia masih menjadi andalan dan terkenal di seluruh dunia. Bahkan, sekaran sudah ditetapkan bahwa batik adalah warisan budaya asli dari Indonesia.


Batik sebagai Simbol Komunitas


Kerajinan tangan dengan motif batik memang merupakan adalah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi kehidupan ekonomi seseorang, bahkan masyarakat. Jika kerajinan ini dikelola dengan sebaik baiknya, maka dapat menjadi bidang usaha yang sangat bagus.

Hal ini mengingat bahwa keberadaan kerajinan tangan batikbatik sudah sangat memasyarakat. Bahkan, untuk setiap kelompok masyarakat telah menggunakan batik sebagi simbol komunitasnya.

Sebagai simbol komunitas, batik menjadi barang konsumsi yang selalu dibutuhkan. Hal ini mengingat bahwa perkembangan komunitas di negeri ini sangat pesat dan hal tersebut menyebabkan kebutuhan batik juga meningkat. Oleh karena itulah, maka jika kita mengelola kesempatan ini sebaik-baiknya, maka akan menjadi peluang usaha yang sangat potensial di masa depan.

Baca Juga :  Kisah Sukses Pengusaha Pulsa Elektrik

Kita dapat melihat kenyataan ini, misalnya pada kelompok pegawai. Mereka mempunyai jumlah yang sangat banyak. Jika mereka menggunakan batik sebagai simbol komunitasnya, maka semakin lama semakin banyak kebutuhannya. Apalagi, Pemerintah mencanangkan hari batik, yaitu dimana kita diwajibkan menggunakan batik. Tidak tanggung tanggung, 3 (tiga) hari dalam seminggu, yaitu Kamis, Jum’at, dan Sabtu.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Kerajinan Tangan

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top