Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Bisnis Jual Meja Biliar

Bisnis Jual Meja Biliar

Tips Wirausaha

Bisnis Jual Meja Biliar

Biliard sebagai salah satu cabang olahraga konsentrasi dimainkan di atas meja dengan alat bantu khusus dengan peraturan tersendiri. Pemain biliar memerlukan konsentrasi dan ketahanan fisik yang baik agar bisa menciptakan prestasi. Meskipun masih ada yang mengidentikkan permainan biliar dengan kehidupan tidak sehat (minuman beralkohol dan rokok), ada kecenderungan permainan ini semakin tinggi peminatnya. Karena itu, bisnis jual meja biliar mempunyai prospek yang baik.

Meja biliar seperti apa yang akan dijual? Adakah bahan dan karakter tertentu yang diminati oleh pasar? Sebelum menjawabnya, ada baiknya dikenali dulu tentang permainan billiar itu sendiri.

Ada 3 jenis permainan billiar yang dikenal masyarakat, yaitu Carom, pool, dan English Billiard. Carom dimainkan di meja tanpa lubang. Biliar pool dalam permainannya memakai meja dengan 6 lubang dengan ukuran meja English biliar yang juga memakai meja 6 lubang. Seluruh jenis permainan biliar bisa dimainkan perorangan atau tim.

Di Indonesia, jenis biliar yang dimainkan adalah Pool dengan beberapa alternatif pilihan tipe permainan, di antaranya adalah sebagai berikut.

Permainan 8 Bola, yaitu dengan meletakkan 15 Bola di atas meja dan permainan dibagi atas 2 kelompok. Kelompok pertama wajib memasukkan bola nomor urut 1 sampai 7, dan kelompok kedua wajib memasukkan bola bernomor 9 – 15. Jika salah satu kelompok atau keduanya berhasil memasukkan 7 bola, maka tinggal memasukkan Bola bernomor 8, dan pemenangnya adalah yang berhasil memasukkan bola 8 ke lubang.

Kemudian, ada permainan 9 Bola, dalam permainan ini setiap pemain wajib memukul bola secara berurutan dari nomor 1 – 8 dan dilakukan bergantian ketika salah satu pemain tidak berhasil memasukkan bola. Jika pukulan pertama mengenai bola nomor lain dianggap sebagai kesalahan. Jika dalam pukulan, Bola apa pun memantul dan mengenai Bola nomor 9 kemudian bisa masuk ke lubang maka pemain itulah yang dianggap menang.

Baca Juga :  Aneka Macam Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

(BISA DIGANTI: Permainan ini mewajibkan setiap pemain untuk memasukkan bola yang nomernya berurutan. Mulai dari bola nomer 1 hingga 8. Apabila salah satu pemain tidak bisa memasukkan bola, giliran pemain lawan yang bermain. Apabila, sodokan yang pertama tidak mengenai bola sesuai urutan, dianggap kalah. Dan, apabila dalam satu kali sodokan, dan sodokan tersebut memantul serta mengenai bola nomer 9 hingga bola tersebut dapat masuk ke lubang, pemain itulah pemenangnya.)

Lalu, ada juga Bola Pembunuh, untuk jenis permainan ini bagi setiap para pemain hanya diberi kesempatan memukul 1 kali dan harus masuk ke dalam lubang. Jika gagal atau tidak berhasil sampai 3 kali dan masih ada sisa bola diatas meja billiard, maka dianggap kalah. Jadi pemenangnya adalah yang bisa tepat memasukkan bola melalui satu kali pukulan.

Peralatan utama yang dipakai untuk bermain biliar adalah :

Bola, sejak beberapa puluh tahun yang lalu bola biliar dibuat dari resin fenol atau plastik. Sebelum itu bola biliar dibuat dari gading gajah. Bola biliar terbaik mempunyai keunggulan dalam kepadatan, keseimbangan, toleransi diameter, kebulatan, warna, serta permukaan yang bagus dan cemerlang.

Stik, peralatan ini bisa menjadi alat yang sifatnya personal, karena belum tentu cocok bila digunakan orang lain berdasarkan beratnya, panjang, diameter genggaman, dan bahan stik. Kesalahan dalam memilih stik tentu saja akan berpengaruh pada jalannya dan hasil akhir permainan.

Meja Biliar, dibuat bermacam-macam tergantung bahan yang menyesuaikan teknik pemasangan dan tempat meja dipasang. Kelembaban ruangan menjadi pertimbangan dalam memilih bahan. Pada meja biliar terdapat titik yang disebut titik diamond dengan fungsi sebagai alat bantu mengukur jalannya bola.

Laman: 1 2


Kategori Tips Wirausaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top