Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Tips Sukses Bisnis Jasa Percetakan Sablon

Bisnis Percetakan

Tips Sukses Bisnis Jasa Percetakan Sablon

Perkembangan teknologi telah menghasilkan berbagai jenis mesin cetak dengan begitu pesat. Hal inilah yang mendorong pertumbuhan bisnis percetakan juga sangat pesat. Namun karena tingginya permintaan masyarakat terhadap jasa percetakan seakan tak akan pernah membuat bisnis ini jenuh, meski jumlah pelaku bisnis ini sudah sangat banyak.

Akibat perkembangan mesin cetak yang sangat cepat, sistim cetak model sablon pun jadi semakin tertinggal dan tak lagi diperhatikan orang. Bahkan teknik sablon pun sudah banyak ditinggalkan pengusaha percetakan yang sebelumnya banyak menggunakan teknik sablon. Mereka lebih memilih menggunakan mesin yang mampu melayani order dalam jumlah besar dan dengan sangat cepat.


Jasa Percetakan Masih Bertahan


Meskipun sablon sudah ditinggalkan, namun masih ada sejumlah pelaku bisnis yang menggunakan jasa cetak manual ini. Teknik ini umumnya dilakukan para pelaku bisnis skala kecil. Selain ordernya tidak begitu besar, usaha jenis ini umumnya dilakukan dari rumah. Meskipun skala usahanya termasuk kecil, namun jasa percetakan sablon tak mudah mati. Ada saja order yang masuk dan dikerjakan.

Dibandingkan usaha percetakan yang menggunakan mesin besar, baik mesin offset toko maupun offset digital, usaha sablon relatif menyasar segmen perorangan yang terbatas. Apalagi teknik pengerjaannya yang bersifat manual dan harus dilakukan satu per satu, sehingga tidak mungkin bersaing dengan usaha percetakan yang besar. Namun justru inilah keunggulan usaha sablon.

Kelemahan yang ternyata bisa diolah menjadi sebuah keunggulan adalah keunikkan tersendiri yang dimiliki oleh sebuah usaha sablon. Usaha sablon yang bersifat manual dan hanya bersegmen pada pasar kecil ternyata mampu membuat orang yang menekuni bidang ini untuk bisa bertahan dalam bisnis ini.

Banyak sekali orang yang masih membutuhkan usaha sablon dalam skala yang tidak terlalu besar untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan tersebut adalah seperti pelabelan pada plastik atau pembuatan stiker yang hanya dalam skala kecil dan bukan besar pasti membutuhkan usaha sablon.

Baca Juga :  Peluang Usaha Makanan Gak Ada Matinya

Bagi mereka yang memiliki bisnis roti misalnya yang membutuhkan sablon untuk kemasan dagang mereka. Tentunya ini adalah peluang tersendiri yang bisa dimanfaatkan oleh usaha sablon itu sendiri.

Jarang sekali para pemilik roti yang menggunakan mesin besar dalam kebutuhan pelabelan merk mereka karena kebutuhan mereka untuk saat ini masih sekala kecil. Dan itu semua bisa terpenuhi oleh adanya sablon tersebut.

Contoh lainnya adalah pengadaan baju sekolah yang juga masih bisa dipenuhi oleh pihak sablon. Banyak sekali baju sekolah terutama olahraga yang membutuhkan sablon sebagai pelengkap dalam baju tersebut.

Tujuan dari adanya penyablonan sendiri adalah untuk menyematkan almamater ke dalam baju atau pun kaos. Hal ini masih dilakukan dengan menggunakan mesin sablon karena biaya yang relatif murah dengan hasil yang cukup lumayan.

Jika menggunakan mesin meseperti printer digital maka sudah bisa dipastikan bahwa ongkos produksi yang diperlukan lebih tinggi. Dengan demikian sekolah tentunya tidak berani untuk mengambil resiko tersebut karena akan berdampak pada pungutan yang terlelu tinggi.

Beberapa contoh tersebut cukuplah membuat kita tahu bahwa bisnis sablon untuk saat ini masih bisa bertahan meskipun sudah banyak sekali printer digital. Masing-masing masih memiliki segmen pasar tersendiri. Hal tersebutlah yang menyebabkan masih bertahannya bisnis sablon yang bersifat manual.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Percetakan

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top