Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Jasa Pengiriman Barang: Utamakan Kepuasan Konsumen

Jasa Pengiriman Barang

Bisnis Jasa

Jasa Pengiriman Barang: Utamakan Kepuasan Konsumen

Bidang jasa merupakan bidang yang tak akan pernah mengalami kebangkrutan atau pailit meski dalam kondisi sulit sebab setiap orang sudah pasti membutuhkan bantuan orang lain dalam menuntaskan atau menyelesaikan berbagai hal. Jasa pengiriman merupakan salah satu bidang jasa yang paling banyak digunakan.


Dibalik Jasa Pengiriman


Jasa pengiriman sangat membantu mengirimkan benda kepada seseorang. Entah jaraknya memang sangat jauh, entah tidak begitu jauh, yang pasti perusahaan pengiriman memiliki andil dalam sampainya benda yang dikirim kepada yang dituju atau yang dimaksud.

Jasa pengiriman memang dimotori oleh PT Pos Indonesia, yang ketika itu menjadi andalan dalam pengiriman berupa surat dan wesel. Saking pentingnya ketepatan pengiriman surat dan wesel, di sekolah pun disajikan materi mengenai tahapan pengisian wesel dan pengambilannya. Begitu pun dengan surat, dijelaskan bagaimana proses pengiriman surat.

Di kantor pos pun dipajang alur pelayanan dan pengiriman surat dan wesel. Terlebih lagi pada saat-saat tertentu seperti musim liburan, hari raya, dan tahun baru, kantor pos kerap dipadati oleh pengunjung yang ingin mengirim surat. Kebutuhan perangko menaik tajam. Mereka saling berkirim surat atau paket barang kepada kerabat atau teman yang berada di luar kota.


Jasa Pengiriman Ekspres


Kejadian seperti itu sekarang ini hanya ditemui pada saat hari raya saja sebab saat musim libur tiba atau tahun baru tiba, mayoritas sudah tidak menggunakan jasa pengiriman. Terlebih lagi untuk pengiriman surat. Sebab sudah ada benda elektronik yang dinilai lebih praktis, cepat, dan murah yakni telepon genggam.

Adanya benda elektronik ini memang membuat PT Pos Indonesia mengalami penurunan keuntungan. Terlebih dengan maraknya jasa pengiriman sejenis yang menawarkan pengiriman lebih cepat dari biasanya. Sebut saja 4848, DHL, TIKI, JNE, atau travel-travel yang juga menawarkan jasa pengirimkan barang.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Laundry Kiloan

Saat ini, jasa pengiriman barang sudah semakin marak di berbagai kota. Mereka menawarkan kemudahan lain. Misalnya dari segi bungkusan paket, tidak perlu dibungkus memakai kertas berwarna cokelat. Asalkan barang yang dikirim sudah terbungkus baik, maka pengiriman pun bisa segera dilakukan.

Belum lagi tawaran waktu kirim yang lebih cepat yang bisa ditempuh dalam hitungan jam. Memang, semua pengiriman barang oleh perusahaan pengiriman mana pun akan dihitung per kilogram. Harga per kilogram tergantung jarak lokasi yang dituju.

Biasanya jasa pengiriman menghindari pengiriman barang-barang berharga. Namun, ada juga beberapa pengiriman yang bersedia melayani pengiriman barang-barang berharga.


Mengutamakan Kepuasan Konsumen


Bagi jasa pengiriman, kepuasan konsumen menjadi penting. Mereka betul-betul menjaga layanan kirim mereka. Misalnya saja untuk barang yang dikategorikan dokumen, akan dibungkus dengan plastik agar tidak basah. Juga tidak akan ditumpuk dengan barang nondokumen sebab khawatir menjadi rusak.

Jika barang yang dikirim merupakan dokumen berharga seperti sertifikat, biasanya dikenakan biaya asuransi. Hal tersebut ditetapkan untuk menghindari kemungkinan dokumen berharga tersebut hilang atau rusak.

Jasa pengiriman memang memudahkan kita dalam mengirimkan barang kepada seseorang dengan berbagai jaminan. Namun tetap, kewaspadaan mestilah diprioritaskan. Memilih perusahaan pengiriman yang telah terbukti memiliki pelayanan baik, aman, dan memuaskan menjadi jaminan utama dalam pengiriman barang.


Perusahaan Pengiriman Barang JNE


Banyak perusahaan jasa yang sampai saat ini masih diberi kepercayaan oleh masyarakat untuk mengantarkan barang ke tempat tujuan mereka. Baiknya pelayanan pastinya menjadi patokan bagaimana perusahaan jasa pengiriman barang ini dapat terus eksis. JNE adalah salah satunya.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 dan punya kantor pusat di Jakarta. Nama resmi dari JNE adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Pada saat awal berdiri karyawan yang mereka punya hanya sebanyak 8 orang. Kegiatan usaha JNE berpusat dalam hal impor kiriman barang, dokumen, kepabeanan dari luar negeri ke Indonesia.

Baca Juga :  Meraih Sukses dengan Bisnis Sampingan Modal Kecil

Kemudian di tahun 1991 mulai meluaskan jaringan hingga ke kancah internasional. Kiprah internasionalnya dimulai ketika bergabung dengan sebuah asosiasi perusahaan kurir di beberapa Negara Asia atau ACCA yang markas besarnya berada di Hongkong. Saat itulah kesempatan bagi perusahaan pengiriman barang JNE untuk berkembang wilayanya hingga ke seluruh dunia.

Di pasar domestik JNE dihadapkan dengan persaingan dengan perusahaan jasa serupa. Lalu akhirnya JNE pun memutuskan untuk lebih mengutamakan jalur domestik dengan melaukan perluasan jaringan domestik.

Keuntungan pun akhirnya mampu didapatkan oleh perusahaan ini. Kemudian setelah sukses perluasan kembali berjalan yaitu perluasan untuk layanan distribusi juga logistik.

Pada saat itu JNE bergabung dengan perusahaan jasa yang lain yaitu Tiki namun pada akhirnya mereka memisahkan diri dan membuat perusahaan berjalan sendiri-sendiri.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top