Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Jasa Outsourcing di Indonesia

Jasa Outsourcing

Bisnis Jasa

Jasa Outsourcing di Indonesia

Jasa outsourcing sebagai salah satu bidang jasa menawarkan solusi bagi perusahaan-perusahaan agar tetap bisa berdiri dan jaya. Jasa outsourcing saat ini begitu diminati banyak perusahaan sebab dinilai memiliki banyak keuntungan bagi perusahaan pengguna jasa outsourcing.


Pengertian Jasa Outsourcing


Fenomena tenaga alih dayasaat ini memang marak di berbagai perusahaan di Indonesia. Lebih banyak pada penyaluran pekerja kepada perusahaan lain. Hal tersebut dinilai menguntungkan perusahaan pemakai jasa outsourcing sebab perusahaan tersebut tidak memilki beban yang besar kepada pekerja out sourcing tersebut.

Para pekerja bekerja atas nama perusahaan outsourcing bukan perusahaan tempatnya bekerja. Perusahaan tempatnya bekerja memiliki tanggung jawab dalam hal teknis kepegawaian, sementara hal-hal di luar itu menjadi tanggung jawab perusahaan outsourcing. Dasar dari pemberlakukan jasa outsourcing ini adalah Undang-Undang No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.


Alih Daya Hanya Menguntungkan Pemodal Saja


Selain banyaknya penggunaan jasa dalam bidang hal pekerja, juga banyak dilakukan pengalihan pekerjaan dengan sifat borongan kepada perusahaan lain. Hal tersebut dilakukan didasarkan atas efektivitas jenis kegiatan dan biaya atas jenis kegiatan atau proyek dari sebuah perusahaan. Berikut ini merupakan point-point yang menguntungkan dari sisi perusahaan / pemodal.

Penghematan biaya
Melalui penggunaan jasaoutsourcing, sebuah perusahaan bisa menekan biaya dan mendapatkan hasil dengan apa yang ditargetkan. Pekerjaan-pekerjaan yang diserahkan pada perusahaan yang lain tersebut tentunya pekerjaan yang sifatnya teknis berupa operasional proyek atau hal-hal yang sifatnya pengurusan administrasi kepegawaian.

Efesiensi tenaga kerja
Dalam menggunakan jasaoutsourcing, perusahaan pengguna tenaga outsourcingmemiliki keuntungan dalam hal efisiensi tenaga kerja. Karyawan yang bekerja dan menjadi tanggung jawab penuhnya adalah karyawan inti. Dan perusahaan yang konsentrasi membina karyawan inti saja.

Baca Juga :  Contoh Iklan Produk Komersial di Sosial Media

Selain itu perusahaan tak repot lagi menggaji banyak pegawai, karena pegawai outsourching digaji oleh perusahaan outsorcernya. Jadi dana yang ada dipakai untuk pengembangan perusahaan.

Tak perlu perekrutan karyawan
Melalui hal tersebut, kemungkinan pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa dihindari sebab perusahaannya bukanlah perusahaan gemuk karyawan. Perusahaan tidak akan melakukan banyak perekrutan karyawan yang tidak begitu memiliki kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.


Pekerja Outsourcing Tak Memiliki Nilai Tawar


Namun perlindungan bagi pekerja outsourcing, di beberapa tempat masih terasa kurang. Para pekerja outsourcing masih mengeluhkan nasib mereka yang tak beda dengan pegawai kontrak. Selain itu, hal-hal non teknis lainnya seperti tunjangan dan lain-lain menjadi masalah lain lagi bagi para pekerja jasa outsourcing ini.

Para pekerja jasa outsourcingpun mau tidak mau, pada beberapa kasus mendapat perlakukan yang berbeda yang disebabkan karena mereka hanyalah pekerjaoutsourcingbukan pekerja tetap perusahaan tempatnya bekerja.

Penerapan penggunaan jasa outsourcing di Indonesia mestinya dikaji lagi dari sisi ketenagakerjaan dan perusahaan. Analisa yang tepat untuk menerapkan penggunaan jasa outsourcing tidak hanya akan menguntungkan perusahaan pengguna jasa outsourcing. Namun juga dapat membuat pekerja jasa outsourcing merasa nyaman, haknya terpenuhi, dan memiliki peluang karir yang bagus.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top