Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Jasa Konsultan Komunikasi dan Bidang Lainnya

Jasa Konsultan

Bisnis Jasa

Jasa Konsultan Komunikasi dan Bidang Lainnya

Bagi Anda yang memiliki gelar sarjana komunikasi kenapa tidak mencoba untuk membuka jasa konsultan komunikasi. Sebenarnya, seperti apa jasa konsultan komunikasi itu? Setiap tahun, lulusan sarjana ilmu komunikasi dari berbagai jurusan (jurnalistik, humas, periklanan, maupun manajemen komunikasi) berlomba untuk mendapatkan pekerjaan.

Jurnalis adalah pekerjaan yang sangat diminati karena posisi mereka dalam masyarakat yang sangat disegani. Namun, memperoleh pekerjaan di zaman sekarang tidak ubahnya seperti permainan judi. Siapa yang lebih beruntung dialah yang akan mendapatkannya.


Kebutuhan Akan Media


Saat duduk di bangku sekolah (SMP dan SMA) mungkin masih ingat tempelan kertas warna-warni dengan berbagai macam tulisan. Ya, majalah dinding, atau lebih sering disingkat Mading. Kegiatan ini merupakan salah satu ekstrakurikuler yang dilakukan di sekolah.

Banyak juga peminatnya terutama anak-anak yang senang membaut puisi atau cerita pendek. Berabgai hal yang berkaitan dengan romantisme masa sekolah tertuang dengan rapi nan indah di Mading. Bahkan berabgai lomba yang berkaitan dengan Mading ini telah sampai tingkat nasional. Kreativitas dan gaya penulisan adalah senjata untuk menang.

Namun sayangnya, minat pelajar terhadap mading semakin lama semakin berkurang. Bukan karena mereka tidak menyenanginya, tetapi lebih karena media mading sudah tidak sanggup lagi untuk menampung ekspresi mereka.

Anak-anak sekolah mulai lebih meluangkan waktu untuk berkicau diberbagai media online. Mereka sangat aktif berceloteh di jejering sosial. Tidak ada ruginya untuk sedikit beraktivitas di jejering sosial sebagai wadah berbagi dan bersosialisasi.

Tetapi kalau waktu yang dibutuhkan untuk berkicau di jejaring sosial lebih banyak daripada waktu untuk belajar, maka hal ini harus dievaluasi ulang.

Masa muda adalah masa belajar. Kembali ke kisah mading. Coba bayangkan sebuah papan dengan ukuran 3×4 meter harus menampung aspirasi, aktivitas, juga kreasi pelajar yang begitu banyak. Mading juga dirasa sudah terlalu kuno sebagai media komunikasi karena hampir sebagian besar pelajar yang ada di kota sudah mulai menggunakan media internet (blog, facebook, twitter) untuk mengekspresikan diri mereka.

Baca Juga :  Tips Mengelola Usaha Percetakan Offset Digital

Walaupun demikian, masih banyak sekolah yang mempertahankan mading sebagai ekstrakurikuler. Di sinilah peluang untuk dapat membuka usaha sebagai konsultan komunikasi.

Dengan ilmu yang dimiliki dari perguruan tinggi, seorang lulusan fakultas yang mempelajari ilmu komunikasi bisa menawarkan jasa pengelolaan majalah siswa atau majalah sekolah. Atau bagi yang mahir dalam bidang IT, bisa menawarkan jasa pengelolaan web siswa atau web sekolah.

Sekali lagi dengan alasan bahwa mading sudah tidak sanggup lagi menampung kreativitas pelajar sehingga mereka membutuhkan media lain yang lebih luas dan mampu menampung banyak hal. Anak-anak akan lebih terfokus untuk melakukan aktivitas di situs sekolahnya.

Guru bisa memantau dan kepala sekolah juga bisa mengevaluasi kemajuan dan gaya anak-anak berkomunikasi. Tidak semua anak mau menonjolkan diri. Di situs sekolah yang aktif tidak hanya anak-anak, guru juga bisa ikut serta.

Tidak mudah menumbuhkan kebersamaan dengan situs sekolah. Namun seorang yang bergerak dibidang jasa terutama komunikasi, pasti tahu apa yang harus dilakukan agar situs sekolah menjadi sangat menarik.

Dari situs sekolah juga bisa diketahui bagaimana anak-anak membangun kemunikasi. Ruang curhat yang disediakan di situs bisa menjadi salah satu cara anak berteriak dan menjeritkan permasalahannya. Berbagai program sekolah juga bisa diumumkan di situs sekolah itu.

Dengan demikian situs sekolah akan menjadi sangat efektif sebagai sarana komunikasi antarsiwa, antarsiswa dan guru serta antarsiswa dan sekolah. Hal-hal negatif yang sekarang banyak dikeluhkan oleh masyarakat termasuk masalah tawuran pelajar, bisa diantisipasi dengan segera.

Pemaparan program untuk situs sekolah ini harus dilakukan dengan pendekatan pribadi. Misalnya, kalau kantor jasa untuk konsultan komunikasi itu masih baru, datangilah bekas sekolah atau almameter. Para guru apsti akan senang didatangi oleh bekas muridnya.

Baca Juga :  Memburu Toko Diskon

Rasa bangga itu akan membuat mereka tertarik menggunakan jasa yang ditawarkan.Bagi Anda yang memiliki gelar sarjana komunikasi kenapa tidak mencoba untuk membuka jasa konsultan komunikasi. Sebenarnya, seperti apa jasa konsultan komunikasi itu?

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top