Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Bidang Usaha Jasa Konstruksi

Jasa Konstruksi

Bisnis Jasa

Bidang Usaha Jasa Konstruksi

Yang dimaksud dengan jasa konstruksi adalah sebuah perusahaan konstruktor yang bergerak pada bidang jasa pembuatan konstruksi civil dan konstruksi mechanical. Jasa konstruksi menangani hal-hal yang berkaitan dengan bagian pondasi, dinding, dan atap (bangunan civil).

Jasa konstruksi mechanical menangani hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan bahan yang terbuat dari besi dalam pembuatan pabrik, pembuatan tanki, pemasangan mesin. pembuatan kapal, dan lain-lain.

Kegiatan konstruksi merupakan sebuah kegiatan yang wajib dilakukan oleh beberapa pihak. Oleh sebab itu, dibutuhkan perencanaan yang matang dari konsultan perencana agar pembangunan berjalan sesuai dengan permintaan klien jasa konstruksi.

Setelah perencanaan dilakukan dengan baik oleh tim leader, maka kegiatan konstruksi akan diserahkan kepada kontraktor untuk dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan dan ketetapan yang berlaku.

Para kontraktor tersebut bekerja secara tim di dalam kantor karena tugasnya adalah mengatur atau memanage sistem pengerjaan bangunan agar sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan pihak tim leader.

Sementara itu, orang-orang yang melakukan parktik kerja bangunan di lapangan adalah tim pelaksana yang terdiri atas mandor proyek, buruh bangunan, tukang, dan ahli bangunan yang bekerja secara praktis dalam proses konstruksi.

Mandor lapangan mendapatkan perintah untuk melakukan kegiatan konstruksi dari pelaksana dan pengawas lapangan atau sering disebut sebagai konsultan pengawas lapangan.

Dengan kata lain, usaha jasa konstruksi merupakan usaha yang mengedepankan rangkaian terpadu antara perencanaan dengan pelaksanaan di lapangan dalam usaha membangun suatu rancangan yang diminta oleh pihak pemberi tender.

Pihak pemberi tender tersebut bisa berupa instansi pemerintah atau bisa juga perusahaan swasta dan perusahaan perseorangan.


Perencanaan dalam Usaha Jasa Konstruksi


Dalam kegiatan konstruksi, dibutuhkan pula perencanaan terpadu yang memuat berbagai hal mengenai metode penentuan besar kecilnya biaya yang diperlukan untuk proses pembangunan, bagaimana rancangan bangunan yang sesuai dnegan permintaan klien, serta hal lain yang berhubungan dengan proses pembangunan.

Baca Juga :  Beberapa Peluang Usaha Modal Kecil

Sama seperti usaha di bidang lain, usaha jasa konstruksi juga membutuhkan perencanaan yang matang dari berbagai segi sehingga kegiatan yang dilakukan akan sesuai dengan target dan sasaran yang dituju pada awal pembangunan. perencanaan terpadu yang dilakukan tersebut meliputi hal-hal berikut ini :

  1. Jadwal pembangunan
  2. Pendanaan pembangunan
  3. Dampak pembangunan terhadap lingkungan sekitar
  4. Keamanan lingkungan proyek pembangunan
  5. Ketersediaan material
  6. Ketidaknyamanan publik
  7. Ketersediaan logistik
  8. Persediaan dokumen tender

Hal-hal tersebut perlu diperhatikan untuk mencegah risiko gagal proyek pembangunan akibat hal-hal yang tidak terduga.

Selain itu, alasan lain mengapa banyak hal yang berkaitan dengan kenyamanan publik dan lingkungan sekitar proyek ini perlu diperhatikan adalah karena usaha ini merupakan usaha di bidang jasa yang bertugas melayani klien demi kepentingan masyarakat banyak. Apalagi jika klien yang meminta tender adalah pemerintah.

Dengan kata lain, usaha konstruksi ini bukanlah usaha dalam bidang sektor ekonomi yang hanya bertugas menyediakan layanan perencanaan dan pelaksanaan bangunan, atau membangun suatu bangunan fisik yang sesuai dengan perencanaan terpadu yang dilakukan oleh tim leader saja.

Usaha jasa ini juga harus memperhatikan kepentingan lingkungan dan kelestariannya sehingga proyek bangunan tidak hanya menyelesaikan satu kebutuhan individu, tapi juga memberikan manfaat lain terhadap masyarakat sekitarnya.


Berbagai Macam Usaha di Bidang Konstruksi


Berikut adalah beberapa jenis usaha di bidang konstruksi.

Usaha Perencanaan Konstruksi
Usaha ini meliputi penyediaan layanan dalam bidang jasa pelaksanaan atas pekerjaan konstruksi. Pelaksanaan jasa yang dimaksud adalah pelaksanaan berbagai rangkaian kegiatan atau bagian kegiatan yang menyangkut studi pengembangan sampai penyususnan dokumen kontrak kerja para pelaku konstruksi.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top