Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Bisnis Jasa Fotografi

Bisnis Jasa Fotografi

Bisnis Jasa

Bisnis Jasa Fotografi

Hobi bisa menghasilkan uang. Salah satunya adalah dengan membuka bisnis jasa fotografi. Dulu, jasa fotografi mungkin hanya bisa dijalankan oleh orang yang benar-benar menguasai seni memotret dan juga seni menyetak foto. Sekarang ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, bisnis jasa fotografi bisa dijalankan oleh siapa aja.


Modal Awal Bisnis Jasa Fotografi


Apa modal awal dalam bisnis jasa fotografi? Tentu yang utama adalah kamera digital SLR. Untuk membelinya mungkin mahal untuk kamera standar yang bagus.

Tapi, Anda tak harus memilikinya bukan? Kalau belum punya toh masih bisa menyewa pada teman atau orang yang mau menyewakan kamera digital miliknya. Lagipula, sekarang sudah cukup banyak tempat-tempat penyewaan kamera beserta perlengkapannya. Yang penting Anda bisa mengoperasikannya. Untuk memulai bisnis ini Anda bisa mulai dari yang kecil-kecil dulu.

Misalnya memotret acara-acara organisasi seperti seminar atau pelatihan. Honor kecil tak masalah, asalkan tetap ada kemajuan karir dengan mendapatkan event atau proyek pemotretan yang lebih besar selanjutnya. Misalkan memotret acara pernikahan atau acara-acara politik kepartaian. Dijamin honornya lebih banyak.


Peluang Fotografi itu Besar


Meski ditunjang dengan peralatan yang baik, kadang fotografi tidak sekedar mengandalkan hal itu saja. Bakat serta kemampuan dalam menguasai teknik foto dan mengolahnya ke dalam praktik untuk menghasilkan foto berkualitas, lebih penting. Setiap orang nyaris ingin mengabadikan banyak hal dalam hidupnya. Terutama hal-hal yang berhubungan dengan momen khusus.

Jika Anda masih pemula dalam dunia bisnis jasa fotografi dan mempunyai kemampuan dalam mengolah teknik fotografi, tidak ada salahnya dimulai dari sekarang untuk mencoba melebarkan sayap. Jangan merasa minder jika Anda belum memiiki modal untuk membeli kamera dan berbagai peralatannya.

Baca Juga :  Trik Menjual Produk Kerajinan Tangan ke Pasar Ekspor

Sekarang sudah cukup banyak komunitas fotografi yang di dalamnya juga mengangkat solidaritas pada tiap anggotanya. Untuk modal awal bisa saja meminjam kamera, nah untuk honornya, jangan lupa menyisihkan sedikit untuk yang telah berbaik hati meminjamkan kamera dan perangkatnya.

Pada dasarnya, tidak ada momen yang tidak ingin diabadikan, peluang fotografi bertebaran dimana-mana. Sisanya, hanya cara kita untuk memasuki peluang tersebut dan mempergunakannya agar dapat dikomersilkan.

Untuk awal, tidak perlu muluk-muluk mengharap honor besar dari event yang kita kerjakan. Bagi keluarga atau teman dekat misalnya, bisa saja jasa fotografi yang kita berikan merupakan “project thank you” yang nantinya berfungsi sekedar untuk menambah pengalaman dan mengepakkan sayap. Misalnya untuk acara ulang tahun, dsb.

Tapi bukan tidak mungkin untuk mendapatkan honor dari jasa fotografi sekalipun kecil-kecilan. Untuk pencetakan foto, Anda bisa menetapkan harga pengeditan sekaligus cetak foto dengan perbesaran sesuai keinginan klien tersebut.

Sebaiknya mencetak foto bukan di tempat umum seperti lab foto yang sudah bernama. Tapi di tempat-tempat yang khusus mencetak foto dengan format kita sendiri yang menentukan. Perbandingan harganya relatif sangat jauh dengan kualitas bersaing dan bahkan lebih bagus. Dari pencetakan ini Anda bisa menarik keuntungan tanpa khawatir dibandingkan dengan harga pasaran.


Tips Sukses Bisnis Fotografi


Bagi Anda yang ingin secara profesional menekuni jasa fotografi. Ada beberapa tips yang akan membantu kesuksesan bisnis jasa fotografi Anda. Diantaranya:

1. Mahir mengoperasikan kamera
Ya, anda harus mahir mengoperasikan kamera. Untuk bisa mahir memang perlu proses. Makanya ambil event-event pemotretan berskala kecil dulu. Baru kemudian seiring dengan perjelanan waktu mengambil event-event yang lebih besar.

Kemahiran mengoperasikan kamera ini memang bisa dilatih. Tapi biasanya, jam terbang yang bisa mengukur seseorang itu mahir atau tidak. Makanya latihan-latihan itu perlu, termasuk rajin memperluas wawasan dengan membaca buku atau majalah yang mengulas tentang seluk beluk fotografi.

Baca Juga :  Tips Memilih Kursus Pembuatan Kerajinan Tangan

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top