Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Jamur Merang, Alternatif Makanan Berdaya Jual Tinggi

Jamur Merang

Bisnis Budidaya Jamur

Jamur Merang, Alternatif Makanan Berdaya Jual Tinggi

Jamur memang bisa menjadi alternatif makanan untuk menjaga kesehatan. Kesehatan tubuh manusia yang saat ini harus semakin hati-hati serta cermat menjaganya. Adapun salah satunya adalah jamur merang yang saat ini populer di masyarakat.

Jamur ini memiliki ciri-ciri tersendiri sehingga mudah dikenali. Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan hidup sehat, menjadikan mereka memiliki ide untuk membudidayakannya sendiri hingga terkadang dijadikan lahan bisnis menjanjikan masa depannya.

Berikut ini ulasan mengenai ciri-ciri, kandungan gizi serta cara membudidayakannya. Semoga memberikan banyak manfaat bagi para pembaca. Selain itu juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan yang sehat dan bergizi seimbang bagi tubuh dengan segala kegiatan hidup dalam kesehariannya.


Ciri-Ciri Jamur Merang


Jamur merang adalah salah satu jenis jamur dengan bentuk mirip bola-bola kecil. Saat masih muda, jamur merang berbentuk bulat telur dan memiliki warna cokelat agak gelap. Jamur yang masih muda inilah yang umumnya dikonsumsi oleh masyarakat.

Oleh karena itu, jangan sampai salah membedakan mana jamur yang layak makan atau konsumsi dengan yang tidak, mana yang muda dan mana jamur sudah tua.

Jamur merang yang sudah tua, bentuknya akan sedikit berubah. Jamur ini akan terlihat memiliki batang kecil berwarna cokelat muda, dan tudungnya (cawan) terlihat agak bulat dengan warna hampir serupa, kadang tampak agak keabu-abuan.

Itulah ciri yang membedakan antara jamur ini ketika muda dan tua. Cara mengolahnya pun akan terasa enak hasilnya jika jamur yang dipilih tepat. Selamat belajar mengolah dan mengamatinya lebih dalam.


Kandungan Gizi Jamur Merang


Setiap nutrisi termasuk salah satunya makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia membutuhkan nilai gizi tepat, tidak berlebihan atau mungkin malah kekurangan. Kandungan gizi mulai dari karbohidrat, vitamin, lemak, mineral maupun protein harus terpenuhi dengan maksimal.

Baca Juga :  Bisnis Warung - Langkah Mudah Menjadi Pengusaha

Jamur merang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Menurut beberapa ahli, jamur merang yang telah dikeringkan malah akan memiliki kadar protein lebih banyak.

Kandungan gizi jamur merang yang lain adalah vitamin, seperti vitamin B1, B2, dan vitamin C. Selain itu,  juga memiliki kandungan lemak, karbohidrat, dan mineral yang sangat baik, seperti kalsium, fosfor, kalium, dan juga magnesium.

Jamur merang memiliki kandungan antibiotik yang cukup bagus, dan juga serat pangan (kandungan non-gizi) yang sangat baik untuk pencernaan. Kandungan gizi dan non-gizi inilah yang menjadikan jamur merang sangat disukai oleh masyarakat. Selain enak, ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh.

Bagi anak-anak yang kurang doyan makan sayuran, para ibu dapat menggunakan jamur jenis ini dalam melengkapi menu makanan mereka. Kandungan gizi yang tinggi akan mencukupi kebutuhan konsumsi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Mendapatkan jamur jenis merang ini sebenarnya tidak terlalu sulit, sering djumpai di pasar tradisional para penjual yang menawarkan jamur ini. Bila kesulitan berburu tanaman jamur di pasar tradisional cobalah untuk mengunjungi supermarket dan swalayan terdekat. Tentu saja harga jamur di supermarket sedikit lebih tinggi daripada yang dijual di pasar tradisional.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Budidaya Jamur

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

    • Manfaat Jamur Ling Zhi Manfaat Jamur Ling Zhi

      Bisnis Budidaya Jamur

      Manfaat Jamur Ling Zhi bagi Kesehatan

      Jamur Ling Zhi adalah jamur berukuran besar yang tumbuh di batang pohon tua atau sisa pepohonan...

    • Merawat Jamur Tiram Merawat Jamur Tiram

      Bisnis Budidaya Jamur

      Tips Merawat Jamur Tiram

      Tak heran jamur tiram ini begitu diincar banyak orang. Karena itulah, petani jamur harus menguasai seluk-beluk...

    • Budidaya Budidaya

      Bisnis Budidaya Jamur

      Budidaya Murah dan Mudah Jamur Tiram

      Siapa sih yang tidak kenal jamur? Bahan makanan ini sekarang semakin populer, dan jadi pilihan favorit...

    • Media Jamur Merang Media Jamur Merang

      Bisnis Budidaya Jamur

      Mengenal Media Jamur Merang

      Media jamur merang dalam budidaya jamur umumnya dapat menggunakan berbagai macam media untuk dapat tumbuh. Media...

    • Manfaat Jamur Merang Manfaat Jamur Merang

      Bisnis Budidaya Jamur

      Kupas Tuntas Manfaat Jamur Merang

      Salah satu alternatif makanan yang saat ini banyak digemari adalah jamur. Salah satu jamur yang menjadi...

    Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top