Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Budidaya Jamur Merang Putih

Bisnis Budidaya Jamur

Budidaya Jamur Merang Putih

Jamur merang ada dua jenis, yaitu jamur merang hitam dan jamur merang putih. Jamur merang hitam memiliki ciri-ciri kulit tipis dan berwarna hitam. Jenis ini biasanya tumbuh pada suhu sekitar 28 sampai 30 derajat celcius. Sedangkan untuk jamur merang putih memiliki ciri-ciri berwarna putih bersih dan berkulit tebal. Jamur merang putih dapat hidup pada suhu 31 sampai 33 derajat Celsius.

Jamur merang atau dalam bahasa Latinnya disebut Volvariella volvacea merupakan jenis jamur yang dapat dikonsumsi. Jamur ini biasanya tumbuh pada media tangkai padi/jerami atau merang, sehingga dikenal dengan jamur merang.

Secara umum, jamur merang memiliki cawan atau yang disebut volva. Cawan tersebut berwarna coklat muda dan berfungsi sebagai pembungkus tubuh buah ketika masih dalam stadium telur.


Media Tanam Jamur Merang Putih


Sesuai dengan namanya, jamur merang dapat tumbuh pada media merang atau tangkai padi. Selain itu, jamur ini sebenarnya juga dapat hidup pada media lain seperti limbah kelapa sawit, limbah pabrik kertas, sisa-sisa kapas, ampas batang aren, limbah biji kopi, kulit buah pala, dan ampas sagu. Pada dasarnya, media tanam untuk jamur merang adalah tempat yang mengandung sumber selulosa.


Tahapan Budidaya Jamur Merang Putih


Jamur yang dapat dikonsumsi ada berbagai macam, misalnya jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus), jamur kuping (Auricularia polytricha), jamur shiitake (Lentinus edodes), dan jamur merang (Volvariella volvacea).

Di antara berbagai jenis jamur tersebut, yang paling mudah untuk dibudidayakan adalah jamur merang. Salah satunya adalah karena siklus hidupnya yang singkat, hanya memakan waktu sekitar satu bulan.

Untuk membudidayakan jamur merang, bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah jerami sebagai bahan baku utama dan bahan baku pelengkap, antara lain kapur pertanian (CaCO3), katul, serta kotoran ayam.

Baca Juga :  Aneka Alternatif Media Tanam Jamur Merang

Setelah bahan-bahan tersedia, ada beberapa tahap yang harus dilakukan.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Budidaya Jamur

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top