Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Jalan Percetakan Negara, Ini Asal Usulnya

Bisnis Percetakan

Jalan Percetakan Negara, Ini Asal Usulnya

Jalan Percetakan Negara adalah nama jalan di daerah Jakarta Pusat. Tepatnya di daerah Salemba. Jalan ini memanjang dari barat ke timur menghubungkan Jalan Salemba dan daerah Cempaka Putih hingga Rawasari. Selain itu batas di sebelah utara oleh Jalan Johar, memanjang ke selatan hingga Jalan Pramuka.

Selain jalan Percetakan Negara sebagai jalan utama, beberapa jalan kecil yang bercabang di jalan utama tersebut juga dinamakan jalan percetakan negara. Namun bedanya dengan penambahan angka di belakangnya. Jadi ada jalan Percetakan Negara 1, 2 dan seterusnya.


Penamaan Jalan Percetakan Negara


Bisa ditebak bahwa asal mula nama percetakan negara karena di daerah ini terdapat kantor besar, cikal bakal Percetakan Negara Republik Indonesia.

Padahal selain instansi tersebut, di jalan ini juga terdapat lembaga instansi pemerintahan penting seperti Sentral Telepon Otomat milik Telkom, Lembaga Pemasyarakatan Salemba, Suku Dinas Kesehatan serta Badan Pengawas Obat dan Makanan.


Percetakan Negara Republik Indonesia


Percetakan Negara Republik Indonesia atau PNRI telah berdiri sejak tahun 1809 dengan nama Lands Drukkerij. Tugas utama yang diemban lembaga ini adalah mencetak berbagai dokumen penting negara. Saat awal kemerdekaan, lembaga ini bahkan diserahi mencetak ORI atau Oeang Republik Indonesia. Selain pencetakan ORI, lembaga ini juga ditugasi untuk mencetak berita negara atau yang lazim dikenal masa itu sebagai State Gazette.

Percetakan Negara Republik Indonesia yang berada di Jalan Percetakan Negara juga mengalami beberapa kali perubahan nama. Tahun 1945, di masa pemerintahan Jepang, lembaga ini dinamakan Gunseikanbu Inatsu Koja. Saat Indonesia merdeka tahun 1945, nama lembaga ini berganti menjadi Percetakan Republik Indonesia.

Nama Percetakan Negara Republik Indonesia mulai dipakai sejak 1950. Berdasarkan peraturan pemerintah tahun 1991, lembaga ini berbentuk perusahaan umum milik negara. Saat ini, Percetakan Negara Republik Indonesia difungsikan sebagai penunjang kebijaksanaan pemerintah khususnya di bidang percetakan, jasa grafika serta multimedia.

Baca Juga :  Penulis Artikel Freelance Untuk Pemula

Sekarang PNRI tidak hanya mencetak uang dan lembar berita negara saja. Berbagai dokumen penting kenegaraan juga dicetak di sini, misalnya surat suara pemilu, formulir sensus, dokumen kependudukan seperti KTP, buku kitab perundang-undangan, laporan-laporan yang dikeluarkan lembaga tertinggi atau lembaga tinggi negara, dan lain-lain.

Dari sini, sekarang Percetakan Negara Republik Indonesia telah memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa kota tersebut antara lain Banda Aceh, Manado, Ambon, Surabaya, Bengkulu, Biak, dan lain-lain.


Kategori Bisnis Percetakan

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top