Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Jaket Kulit – Antara Fashion dan Fungsional

Jaket Kulit - Antara Fashion dan Fungsional

Bisnis Pakaian

Jaket Kulit – Antara Fashion dan Fungsional

Kalau naik motor rasanya lebih nyaman memakai jaket, hawa dingin dan terpaan angin, bisa tersingkir berkat tebalnya jaket. Rasanya jaket kulit menjadi seragam resmi bagi motor rider. Lihat saja komunitas motor besar maupun pembalap motor wajib mengenakan jaket ini. Jaket ini lebih kuat dari pada jaket dari kain maupun dari kain sintetis. Oleh karena itu, jaket ini banyak diminati oleh banyak orang.

Tak hanya penunggang motor saja yang memakai jaket ini, fungsinya ada yang sudah bergeser. Jaket ini sekarang bagian dari mode fashion. Musisi mengenakan jaket ini guna menunjang performa fashion-nya di panggung. Selain itu desain jaket ini pun luwes mengikuti trend mode. Bahkan tak sedikit rumah mode kelas dunia, menggarap khusus desain jaket ini untuk kepentingan fashion show maupun dijual secara terbatas.

Jaket jenis ini tak hanya dikenakan oleh pria saja, ada juga yang dirancang khusus untuk wanita, desain dan warnanya pun menyesuaikan selera kaum hawa. Jadi, segmen jaket ini kian luas saja. Fenomena ini menjadi sebuah motivasi bagi industri pembuat jaket ini, mereka optimis produknya bakal diserap pasar.

 


Awal Mula Jaket Kulit


Tahukah Anda bahwa jaket jenis ini ternyata memiliki sejarah panjang? Jaket kulit merupakan pakaian orang purba terutama yang tinggalnya di gurun , es atau ketika era jaman es kuno. Mereka mengenakan pakaian yang terbuat dari kulit binatang liar hasil buruannya seperti anjing laut, beruang kutub dan hewan mamalia lainnya.

Manusia purba menguliti hewan buruannya, daging untuk makan sedangkan kulit hewan liar dijemur sampai kering kemudian diberi garam agar awet dan tak membusuk.

Baju yang terbuat dari kulit binatang sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh agar tak kedinginan. Ketika jaman sudah beranjak modern dan kain yang terbuat dari wol dan benang katun menjadi sebuah pakaian sehari-hari, tak berarti jaket jenis ini ditinggalkan begitu saja. Tetap saja jaket ini masih diminati manusia modern. Pengolahan jaket ini pun sudah lebih baik dan desainnya pun mengikuti kaidah fashion.

Baca Juga :  Memulai Usaha Kaos Distro

Pada jaman PD I, pilot-pilot pesawat dan teknisinya diwajibkan mengenakan jaket kulit khusus. Dahulu pesawat tempur bentuk cocpit-nya masih terbuka, sehingga ketika posisi pesawat pada level ketinggian di atas dua puluh ribu kaki, udaranya sangat ekstrem.

Baju seragam pilot yang terbuat dari wol ternyata tak dapat menjaga kestabilan suhu tubuh pilot sehingga mengganggu konsentrasi pilot. Maka jaket pilot diganti dengan jaket dari kulit yang dilapisi dengan kain wol di dalamnya.

Hal ini dilakukan agar bisa menjaga kondisi suhu badan pilot tetap hangat ketika berada di ketinggian. Jaket ini banyak dipakai oleh pekerja pabrik misalnya bagian pengelasan dan pengecoran logam, fungsinya adalah baju pengaman dari percikan api dan cairan berbahaya.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Pakaian

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top