Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Iklan Percetakan Dalam Perkembangan Usaha

Bisnis Percetakan

Iklan Percetakan Dalam Perkembangan Usaha

Perkembangan dunia percetakaan atau offset sangatlah pesat. Percetakaan ini telah menjadi sumber penghasilan banyak orang. Tidak heran jika Anda menemukan banyak tempat usaha percetakan dan iklan percetakan dimana mana.

Iklan percetakan menjadi satu cara untuk dapat menarik minat masyarakat. Maka iklan percetakan harus dibuat sedemikian rupa sehingga keberadaan usaha percetakan dikenal masyarakat. Anda memang tidak dapat menghindari peranan iklan dalam memajukan usaha. Iklan inilah yang menjadi penghubung utama perusahaan dengan konsumen. Semakin banyak iklan yang dipasang, banyak masyarakat yang mengenal produk Anda.

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang digunakan sebagai alat promosi untuk menyampaikan informasi produk barang, jasa, gagasan, ide kepada khalayak yang menjadi sasarannya.

Iklan serba ada di segala tempat artinya dapat terlihat, terdengar, tertonton dimana saja dan iklan mempunyai kemampuan menembus situasi dan kondisi yang semuanya sukar dijangkau juga mempengaruhi sikap orang menjadi dinamik dan memiliki daya pikat.


Definisi Iklan


Definisi iklan menurut Kotler dalam Sindoro (1998) “iklan adalah segala bentuk penyajian bukan pribadi dan promosi tentang gagasan, barang atau jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu”. Pengertian iklan yang dikemukakan Kotler lebih menitikberatkan pada sponsor yang membiayai iklan produk tersebut. Dalam hal ini suatu iklan produk barang, jasa, ide, gagasan harus jelas siapa yang mensponsori suatu iklan.

Sedangkan Sprigel (1960) yang dikutip oleh Susanto (1977) bahwa iklan adalah “Setiap penyampaian informasi tentang barang atau gagasan yang menggunakan media non personal yang dibayar”. Definisi diatas menerangkan bahwa kegiatan periklanan mengandung unsur penyewaan ruang dan waktu dari suatu media massa karena ruang dan waktu memang dipergunakan oleh pengiklan untuk menyebarkan informasi.

Baca Juga :  Ingin Bisnis? Cek Dulu Macam-macam Printer di Sini

Penyebaran informasi melalui media itulah yang membawa sifat iklan yang non personal atau tidak bertatap muka.

Wright dari The American Marketing Association yang dikutip oleh Liliweri (1992) memandang iklan sebagai dari dua sisi yaitu alat marketing dan komunikasi.

Pengertian iklan dipandang sebagai alat pemasaran yaitu :

  1. Bentuk pembayaran
  2. Penyampaian bersifat non personal
  3. Produk barang, jasa, layanan, dan gagasan
  4. Dibiayai oleh sponsor

Iklan Merupakan Alat Pemasaran


Penjelasan dari pengertian iklan dipandang sebagai alat pemasaran dapat diuraikan sebagai berikut:

Iklan sebagai bentuk pembayaran Sebuah produk apakah itu barang, jasa, dan gagasan disebarkan melalui media massa maka pihak pengiklan telah memakai waktu dan ruang yang dimiliki media. Penggunaan itu harus dibayar berdasarkan aturan media.

Pada media cetak pengiklan diharuskan membayar ruang dan media elektronik pengiklan harus membayar waktu. Atas pembayaran ruang dan waktu inilah yang membedakan iklan dengan Sales Promotion dan Public Relations yang juga merupakan alat komunikasi pemasaran.

Iklan sebagai penyampaian informasi yang bersifat non personal Menjual dan membeli barang di pasar yang terjadi adalah tawar-menawar dalam proses komunikasi antar pribadi tatap muka. Berbeda dengan iklan yang sifatnya non personal karena menggunakan media massa.

Iklan melengkapi proses komunikasi bertatap muka itu dengan cara-caranya sendiri karena dengan persuasi pesan iklan seolah-olah bersifat nonpersonal dan menghantar orang mencari barang, jasa, gagasan, layanan ide, gagasan.

Iklan merupakan produk barang, jasa, layanan, dan gagasan Iklan membantu perusahaan, pabrik, industri dari pelbagai produk tertentu kemudian dijual kepada pihak lain. Di sini iklan berfungsi menjelaskan produk dengan teknik-teknik tertentu untuk menimbulkan daya tarik khalayak terhadap produk.

Iklan dibiayai oleh sponsor Iklan harus mempunyai informasi tentang produk dan sponsor yang jelas yang  menanggung penyewaan ruang dan waktu untuk penyebaran informasi kepada khalayak yang jelas juga.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Kartu Nama dan Cara Membuat Kartu Nama

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Percetakan

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top