Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Hypermart Matahari di Tengah Maraknya Hypermarket dan Supermarket

Hypermart Matahari

Peluang Usaha

Hypermart Matahari di Tengah Maraknya Hypermarket dan Supermarket


Sejarah Hypermart Matahari


Hypermart Matahari mulai beroperasi pada tahun 2004, dan menjadi anak bungsu dari dari hypermarket yang lain. Walaupun kini ada yang lebih bungsu dari Hypermart Matahari, yaitu Lotte Mart, namun Lotte Mart sendiri sebenarnya adalah transisi dari Makro setelah perusahaan hypermarket asal Belanda tersebut dibeli oleh perusahaan Korea.

Hypermart Matahari adalah asli milik peritel Indonesia, pada tahun 2012, hypermarket ini telah memiliki 50 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Sesuai dengan namanya, Hypermart Matahari adalah milik PT. Matahari Putra Prima Tbk.

Siapa yang sangka, perusahaan ritel raksasa ini memulai usahanya 50 tahun silam dengan toko kecil bernama Mickey Mouse yang kemudian bermetamorfosa menjadi Matahari hingga kemudian melahirkan raksasa besar bernama Hypermart Matahari.

Mickey Mouse merupakan toko pertama dari PT. Matahari Putra Prima Tbk. yang didirikan oleh Hari Darmawan. Toko kecil tersebut beroperasi sejak 24 Oktober 1958. Lokasi toko ini ada di kawasan Pasar Baru Jakarta, tepatnya di gedung dua lantai seluas 150 meter persegi. Matahari pun memelopori konsep toko serba ada di Indonesia pada tahun 1972. Dan pada tahun 1980 melebarkan usahanya dengan mendirikan Sinar Mahari di Bogor.

Visi dari PT. Matahari Putra Prima Tbk. adalah “menciptakan suasana belanja yang nyaman dan lengkap”. Maka bersama dengan sumber daya manusia yang memiliki visi dan misi yang sejalan, bisnis ritel Matahari pun terus dikembangkan. Hal tersebut dimulai dengan pendirian Supermarket Super Bazaar di Pasar Baru 14 yang beroperasi sejak 14 Juli 1991.

Supermarket tersebut pun terus melebarkan sayapnya ke Pasar Senen, Melawai, dan Lengkong Bandung, Labuan. Super Bazaar pun terus berekspansi ke kota-kota besar di luar Jakarta. Nama supermarket tersebut diganti menjadi Matahari Supermarket pada tahun 2000 seiring dengan diadopsinya tiga konsep baru. Konsep pertama adalah harga paling murah untuk target konsumen Super Ekonomi (SE).

Baca Juga :  Mari Memulai Usaha Sendiri

Supermarket ini pertama kali didirikan di Beringharjo Yogyakarta dan berekspansi sampai ke SE Purwokerto, SE Tanah Mas Semarang, dan Depok. Program Matahari Club Card (MCC) di luncurkan oleh Matahari beberapa tahun kemudian demi mempererat hubungan dengan pelanggannya.

Konsep kedua yang diadopsi oleh Matahari adalah One Stop Shopping. Konsep lebih mengarah pada segmen menengah ke atas yang diusung oleh Matahari Supermarket. Gerai Matahari Supermarket ini tersebar di seluruh pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Nah, konsep ketiga inilah yang merupakan cikal bakal lahirnya Hypermart Matahari, yaitu konsep Mega M.

Gerai pertama dari konsep Mega M ini dibuka di Pluit, dan kemudian berekspansi ke Lippo Karawaci, Kedung Badak Bogor, THR Surabaya sampai ke Batam. Konsep baru diperkenalkan pada tahun 2003 dengan pendirian Market Place. Toko ritel tersebut didirikan pertama kali di WTC Serpong, dan berkembang ke Metropolis, Kelapa Gading, Eka Lokasari Bogor samapi ke Pakuwon Surabaya.

Gerai pertama Hypermart Matahari dibuka pada tahun 2004 di WTC Serpong. Konsep belanja yang diusung adalah “Muraah Banget”. Pelanggan dapat menikmati berbelanja dengan suasana yang nyaman. Hypermart Matahari ini berkembang hingga hampir ke seluruh pelosok di Indonesia.

Ide dasar dari pendirian Hypermart Matahari ini adalah menyajikan tempat belanja dengan koleksi barang yang lebih lengkap.

Market Place pertama yang berlokasi di WTC Serpong pun dipandang mampu untuk bertransisi dari supermarket menjadi hypermarket. Maka Market Place yang merupakan hypermarket Matahari pertama pun berganti nama menjadi Hypermart Matahari dan beroperasi pada 22 April 2004.

Pelanggan pun menyambut positif konsep yang diusung oleh Hypermart Matahari. Gerai Hypermart Matahari terus bertambah, dalam jangka waktu empat tahun sudah memiliki 47 gerai. Dan tahun 2012 ini Hypermart Matahari sudah akan membuka gerai ke 50.

Baca Juga :  Desain Interior Toko

Laman: 1 2 3


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top