Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Dunia Bengkel – Dunia Bisnis Otomotif Sepanjang Masa

Dunia Bengkel

Bisnis Bengkel

Dunia Bengkel – Dunia Bisnis Otomotif Sepanjang Masa

Sejak mobil tercipta, dunia bengkel pun ada. Selagi produksi tetap jalan, perawatan dan perbaikan mobil, motor, truk, tidak akan ada matinya. Apalagi, para pemilik mobil dan motor sudah sangat sadar akan pentingnya perawatan rutin kendaraan mereka. Jadi, bisnis di dunia atau area perbengkelan akan tetap hidup. Asalkan pelayanan dan mutu pekerjaan tetap baik dan terus ditingkatkan, bengkel akan tetap berjalan terus.

 


Teknologi, Inovasi, Kreativitas


Teknologi yang diperbarui, ketrampilan dan penguasaan permasalahan permesinan ditingkatkan, maka bengkel itu tidak akan kehilangan pelanggan. Para mekanik yang pengetahuannya selalu ditingkatkan. Bisa dengan pengadaan lomba atau akreditasi dan ujian kompetensi setiap tahunnya.

Sertifikat para mekanik yang selalu diperbarui ini tentunya akan membuat para konsumen senang hati. Terkadang ketika membawa mobil atau motor ke bengkel, malah kerusakan semakin parah.

Inilah yang membuat konsumen pusing tujuh keliling. Apalagi kalau semua sudah diganti sesuai dengan arahan mekanik. Tetapi tetap saja tidak sesuai dengan harapan, maka biasanya konsumen akan komplain. Bila sebuah bengkel terlalu sering mendapatkan komplain, biasanya para langganan tidak akan datang lagi.

Bermunculannya bengkel resmi sebuah merek, membuat bengkel yang bukan merupakan perpanjangan dari sebuah merek, harus berusaha sekuat tenaga membuktikan kalau mereka bisa.

Ada beberapa cara mengetahui apakah sebuah bengkel itu memang bisa diandalkan atau tidak. Tetapi yang bisa mengetahuinya memang harus orang yang tahu tentang permesinan dan juga permasalahan yang biasa dialami oleh mobil atau motor.

Konsumen tersebut akan mengajak pemilik bengkel atau mekanik bengkel berdiskusi tentang beberapa masalah permesinan. Dari jawaban pemilik bengkel atau mekanik, konsumen akan mengetahui apakah mereka memang bisa dan menguasai medan atau tidak.

Baca Juga :  Menguak Bisnis Bengkel Motor & Mobil

Jawaban singkat dan sangat mengena ke sasaran biasanya akan membuat konsumen sangat yakin dengan sebuah bengkel. Apalagi ketika mengetahui layanan bengkel yang bersangkutan yang memang telah terbukti bagus. Zaman sekarang ketika keterbukaan sudah begitu canggih, komplain seorang konsumen bisa mematikan suatu bisnis bengkel. Sebaliknya, saat konsumen merasa puas, nama bengkel itu akan jaya dan akan mendapatkan banyak konsumen lainnya.

Kalau dirasa tidak bisa atau tidak mampu menguasai teknik dan masalah yang ada di dunia permesinan, sebaiknya tidak membuka bengkel. Tidak sedikit bengkel yang akhirnya bangkrut. Agar tidak mengalami kebangkrutan, ada banyak cara yang harus ditempuh. Salah satunya bekerja sama dengan pihak asuransi.

Maraknya klaim asuransi itu merupakan salah satu ladang pemasukan yang cukup besar. Bengkel yang mampu memberikan pelayanan yang baik bagi orang-orang yang mengklaim ini akan menjadi salah satu bengkel favorit.

Pelayanan yang baik dan cukup cepat membuat para konsumen akan datang dan datang lagi. Bengkel yang juga cukup ramai dikunjungi adalah bengkel yang memperbaiki bodi mobil. Banyaknya peristiwa kecelakaan baik tunggal maupun yang melibatkan beberapa kendaraan, menjadikan bengkel seperti ini cukup dibutuhkan. Tidak jarang malah banyak calon konsumen yang menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan.

Selain bengkel untuk memperbaiki bodi, bengkel yang melayani variasi mobil juga cukup ramai dikunjungi. Bengkel seperti ini menarik konsumen yang membutuhkan modifikasi bagi mobilnya. Bengkel variasi yang cukup terkenal malah akan diajak bekerja sama dalam pembuatan mobil-mobil khusus dengan bahan bakar khusus. Misalnya apa yang dilakukan oleh Dahlan Iskan dengan mobil listriknya.

Walaupun akhirnya mobil ‘ferrari’ milik Dahlan Iskan ini harus berakhir tragis, apa yang dilakukannya bersama dengan pihak Kupu-Kupu Malam yang merupakan bengkel variasi di Yogyakarta bisa menjadi satu pertimbangan membuka bengkel mobil seperti ini.

Baca Juga :  Bisnis Bengkel Kendaraan Bermotor

Yang dibutuhkan memang benar-benar ketelitian, kreativitas, inovasi, dan profesionalisme yang tinggi. Keinginan untuk selalu melakukan yang terbaik dan mampu menjalin kerja sama yang baik dengan orang lain.

Hubungan pertemanan dan memperlakukan semua konsumen secara sama seperti sahabat, akan membuat bengkel menjadi tempat yang menyenangkan bagi banyak orang. Dengan adanya komunitas ini, maka bengkel akan semakin jaya dan semakin banyak mendapatkan konsumen.

Keuntungan yang cukup besar dalam bisnis bengkel ini menjadikan semangat yang luar biasa untuk melakukan yang terbaik. Persaingan cukup banyak karena masing-masing bengkel bersaing dalam hal pelayanan. Hanya bengkel yang bisa memberikan yang terbaik yang akan bertahan.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Bengkel

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top