Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Ragam Distribusi dalam Aneka Bidang

Distribusi

Bisnis Komputer

Ragam Distribusi dalam Aneka Bidang

Kata distribusi pastilah tidak jauh dari perdagangan dan distributor. Distribusi umumnya dikenal sebagai kegiatan yang berhubungan dengan perdagangan. Distribusi juga berhubungan dengan kegiatan orang yang saling berkaitan satu sama lain. Namun, sebenarnya distribusi juga ada dalam beberapa kegiatan atau bidang lainnya. Berikut ini merupakan distribusi pada beberapa bidang.


Distribusi Bidang Ekonomi


Biasanya orang langsung berpikir mengenai perekonomian ketika mendengar istilah distribusi. Dalam bidang ekonomi, distribusi banyak berhubungan dengan aspek bisnis, terutama dalam hal pemasaran. Menurut Anda, apa maksud dari distribusi dalam bidang perekonomian?

Distribusi merupakan proses penyampaian barang dari produsen pada konsumen. Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Apakah distribusi selalu berjalan dengan lancar? Apa saja yang membuat sebuah distribusi berjalan dengan baik?

Agar proses distribusi berjalan dengan lancar tentu saja ada lembaga distribusinya. Lembaga distribusi ini dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu sebagai berikut :


Distribusi Bidang Ekonomi – Pedagang


Pedagang adalah seseorang atau lembaga yang membeli dan menjual barang kembali tanpa mengubah bentuk dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Pedagang memiliki tanggung jawab yang penuh atas barang yang dibeli dan dijualnya. Secara umum, pedagang terbagi menjadi dua, yaitu pedagang besar dan pedagang kecil.

  • Pedagang besar (grosir atau wholesaler) adalah pedagang yang membeli barang, lalu menjualnya kembali ke pedagang lain. Biasanya pedagang besar selalu membeli dan menjual barang dalam partai besar.
  • Pedagang kecil (retailer) adalah pedagang yang membeli barang, lalu menjualnya kembali kepada konsumen secara langsung. Pedagang kecil biasanya membeli barang dalam partai besar, tapi menjualnya kembali dalam partai kecil.

2. Distribusi Bidang Ekonomi – Perantara Khusus

Perantara khusus adalah seseorang atau lembaga yang menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Kegiatan yang dilakukan oleh perantara khusus hampir sama dengan kegiatan yang dilakukan pedagang. Namun, perantara khusus tidak bertanggung jawab penuh atas barang yang tidak laku terjual.

Baca Juga :  Tips Merawat Jamur Tiram

Perantara khusus dapat dibedakan menjadi agen, broker, komisioner, eksportir, dan importir.

  • Agen (dealer) adalah perantara yang memasarkan barang hasil produksi dari sebuah atau beberapa perusahaan di suatu daerah tertentu. Agen akan mendapatkan pengurangan harga atau komisi dari perusahaan yang barangnya ia pasarkan.
  • Broker (makelar) adalah perantara yang akan mempertemukan penjual atau pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Biasanya broker akan mendapatkan kurtasi atau provisi.
  • Komisioner adalah perantara yang membeli atau menjual barang untuk orang lain tapi menggunakan namanya sendiri. Untuk usahanya tersebut, komisioner akan mendapatkan komisi.
  • Eksportir adalah perantara yang aktivitasnya menyalurkan barang dari dalam negeri ke luar negeri.
  • Importir adalah perantara yang aktivitasnya menyalurkan barang dari luar negeri ke dalam negeri.

Dalam bidang ekonomi, seorang pedagang dapat menyalurkan barang kepada konsumen dengan menggunakan beberapa sistem distribusi seperti berikut ini.

  • Distribusi langsung, yaitu kegiatan memasarkan secara langsung dari produsen ke konsumen. Misalnya, penjual makanan yang menjual langsung barang dagangannya kepada konsumen.
  • Distribusi semi langsung, yaitu kegiatan memasarkan barang dari produsen ke konsumen melalui perantara yang dimiliki produsen. Misalnya, produsen sepatu menjual sepatunya lewat toko yang dimiliki oleh produsen.
  • Distribusi tidak langsung, yaitu kegiatan memasarkan yang tidak langsung dilakukan oleh produsen tapi melalui perantara lain. Misalnya, petani menjual sawah kepada koperasi, lalu koperasi yang memasarkan padi tersebut pada konsumen.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Komputer

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top