Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Digital Printing Peluang Bisnis Baru dalam Mengeruk Laba

Digital Printing

Bisnis Jasa

Digital Printing Peluang Bisnis Baru dalam Mengeruk Laba

Dunia pariwara sekarang diramaikan dengan teknologi baru yakni, cetak digital Sebuah solusi yang menyiasati tingginya kebutuhan pariwara atau iklan. Teknologi digital printing tak hanya berhenti pada urusan cetak-mencetak spanduk, namun lebih dari itu.

Perusahaan advertising, periklanan atau pariwara merupakan usaha profit yang bergerak di bidang pelayanan publikasi kepada pelanggan yang membutuhkan. Usaha ini bisa jadi merupakan usaha yang paling dekat dengan digital printing dan seluk-beluknya. Publikasi adalah aksi marketing guna mengenalkan produknya. Publikasi ini yang berkaitan dengan proses pengadaan media iklan dalam jumlah banyak.

Urusan pengadaan media iklan dilayani oleh percetakan yang memiliki mesin dengan format digital printing. Rupanya digital printing lebih diminati oleh banyak pelanggan karena kwalitas cetakan yang sempurna (gambarnya realities) dan bisa dikerjakan dengan instant.


Sejarah Digital Printing


Trend bisnis digital printing mulai tumbuh sejak awal dekade 2000, awalnya usaha ini hanya ada di kota-kota besar, mengingat waktu itu mesin digital printing harganya masih mahal dan pemasaraannya mesin digital printing masih terbatas atau belum merata.

Waktu itu untuk membuka usaha digital printing butuh modal kisaran 150jt-250jt, biaya sebanyak itu digunakan untuk membeli mesin digital yang diimpor langsung dari Jerman. Sebab pencipta mesin digital printing awalnya dikenalkan di Jerman.

Kelebihan digital printing yang cepat dan instant, hasilnya juga bisa ditunggu dalam hitungan jam, tentu mampu melayani tuntutah kebutuhan dunia periklanan di Indonesia. Kehadiran digital printing perlahan tapi pasti mampu merebut pasar luas, dengan target pasar produsen, perusahaan advertising, Event Organizer dan lain sebagainya. Kehadiran digital printing mengakibatkan usaha sablon manual ditinggalkan.


Peluang Usaha Baru


Bisnis percetakan merupakan bisnis yang stabil dan tak pernah sepi akan pesanan pelanggan. Apalagi sejak harga mesin digital printing mulai turun, bisnis ini kian diminati wirausahawan yang ingin mencari keuntungan di dunia cetak-mencetak. Bidang usaha tak hanya pada satu layanan saja melainkan banyak objek cetak yang bisa dikerjakan.

Baca Juga :  Bisnis Mie Ayam - Peluang Usaha yang Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Kebutuhan akan media iklan dalam jumlah banyak dan berkelanjutan, namun di sisi lain percetakan konvensional tak mampu melayani tuntutan konsumen yang inginnya serba cepat, maka, ini menjadi sebuah peluang bisnis dan harapan bagi wirausahawan di bidang digital printing.

Namun apa saja sih layanan yang bisa dikerjakan melalui digital printing? Agar pembaca lebih paham mari kita ulas tentang produk yang bisa dihasilkan dari teknologi digital printing.


Memulai Usaha Digital Printing


Rasanya tak ada kata terlambat untuk membuka usaha digital printing, karena kebutuhan akan produk cetak semakin bertambah. Sedangkan pasar pun tak bisa dikatakan sedikit. Inilah moment yang tepat, jika Anda tertarik membangun bisnis digital printing di kota Anda.

Bisnisman yang bijak sebelum membangun suatu usaha harus memperhatikan hal-hal mendasar seperti perencanaan modal, dan target pasar. Berikut ini merupakan tips singkat bagaimana menjalankan usaha printing digital dan mencari pelanggan baru.

1. Tempat Usaha
Syarat utama membangun bisnis jasa digital printing adalah tempat usaha. Sebaiknya Anda membangun ruang usaha yang cukup luas dan tertata, karena mesin digital printing terutama mesin digital untuk spanduk dan baliho ukurannnya besar, panjang mesin hampir 3 meter sendiri.

Oleh karena itu Anda wajib menyediakan ruangan khusus untuk menempatkan mesin-mesin tersebut pada bisnis digital printing Anda. Ruang usaha juga harus tertata sesuai fungsinya, jangan sampai ruang produksi perdampingan dengan ruang setting atau ruang administrasi.

2. Pengadaan Mesin Digital Printing
Mesin digital printing merupakan benda utama yang wajib dimiliki. Bisnis digital printing yang lengkap menyedikan mesin printing spanduk, mesin cetak kertas, mesin cetak foto, mesin cetak mugs, dan mesin cetak stiker dan mesin cetak tshirt.

Baca Juga :  Cara Jual Furniture Bekas Agar Cepat Laku

Anda dapat mencari mesin-mesin tersebut melalui agen distributor mesin digital printing dikota besar. Pembayarannya bisa dinegoisasi atau bisa lewat agen leasing yang ditunjuk oleh distributor.

3. Pengadaan Bahan Utama
Salah satu modal dasar bisnis digital printing adalah pengadaan bahan dasar cetak seperti plastik terpal, tinta, kertas dan spare part pendukung lainnya. Bahan itu wajib tersedia, kalau perlu Anda harus kulakan dalam partai besar jika menghadapi musim kampanye, dan musim pertunjukan. Jangan sampai ketika order sedang ramai, Andaa kehabisan stok bahan. Ini akan merugikan bisnis Anda.

4. Promosi
Tahap berikutnya setelah bisnis digital printing ini berjalan, adalah promosi guna mencari pelanggan baru. Dalam masa promosi sebaiknya memakai trik diskon pada setiap pemesanan partai besar. Agar promosi Anda lebih menjangkau semua kalangan, gunakan media surat kabar dan majalah.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top