Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Daur Ulang Plastik dan Fiqih Kantong Plastik

Daur Ulang Plastik dan Fiqih Kantong Plastik

Bisnis Barang Bekas

Daur Ulang Plastik dan Fiqih Kantong Plastik

Anda pernah liat kantong plastik berwarna hitam? Atau Anda pernah melihat plastik dengan warna hitam penuh dan warna hitam tapi keabu-abuan? Keduanya memang plastik, tapi berbeda prosesnya. Yang hitam sekali atau hitam penuh warnanya, itu adalah plastik produksi baru. Sedangkan plasti hitam berwarna agak keabu-abuan adalah jenis daur ulang plastik.

Nah, yang bakal jadi titik sentral pembahasan di dalam artikel ini adalah daur ulang plastik. Namun, penulis merasa perlu untuk mengkaji penggunaan kantong plastik berwarna yang dilakukan dari proses recycle dalam konteks hukum fiqih Islam. Pasalnya, kantong plastik hasil daur ulang pernah menjadi isu sentral di negeri ini.

Tepatnya, Ibu Husniah Rubiana Thamrin Akib, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), mempublikasikan permohonannya melalui media, baik elektronik, cetak, dan online, agar tidak menggunakan kantong plastik berwarna hasil dari daur ulang secara langsung dalam mewadahi makanan.

Alasan yang dikemukakan Ibu Hasniah, yaitu bahan dasar daur ulang kantong plastik tersebut tidak diketahui riwayat penggunaannya. Jika bahan dasarnya bekas pestisida, kotoran, atau logam bisa menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan. Apalagi dalam proses melakukan daur ulangnya juga menggunakan bahan kimiawi, sehingga efek buruk yang ditimbulkan cukup berat.

Oleh karena itu, Kepala BPOM, Husniah Rubiana Thamrin Akib, sejak dini menginformasikan masyarakat agar menggunakan kantong plastik hasil recycle tersebut secara lebih bijak. Caranya, dengan memberikan lapisan, seperti kertas atau daun. Saran ini memang layak dipublikasikan mengingat banyaknya penjaja makanan di sekolah yang terkadang menaruhkan makanan di kantong plastik berwarna secara langsung.

 


Manfaat Daur Ulang Plastik


Apa yang disampaikan Ibu Husniah tersebut bukanlah untuk mengkritik proses recycle plastik. Tapi, menganjurkan masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakannya sebagai bungkus atau wadah makanan. Ibu Husniah tentu paham apa saja manfaat dari daur ulang plastik.

Baca Juga :  Harga Motor Bekas dan Tips Jual Motor Bekas Agar Cepat Laku

Paling tidak, ada empat manfaat sehingga proses daur ulang tersebut memberikan kontribusi yang positif dan layak untuk tetap dilakukan. Berikut ini manfaatnya.

1. Membantu Melestarikan Lingkungan
Sudah jamak diketahui, bahwa manusia suka sekali menggunakan plastik. Plastik tak hanya digunakan sebagai wadah pembungkus, tapi banyak juga alat-alat yang menggunakan bahan plastik, misalnya kran, kaset DVD, mainan anak-anak, dan lain-lain. Tentu saja ini memberikan efek negatif bagi lingkungan.

Jika barang-barang tersebut sudah tidak digunakan, maka ia akan menjadi sampah. Dan kita sudah tahu bersama, bahwa plastik adalah sampah yang sulit untuk diuraikan, sehingga pembuangannya memberikan efek negatif. Kehadiran proses ini menjadi solusi terkini untuk menjaga kelestarian lingkungan.

2. Penghematan Bahan Bakar
Dengan hadirnya proses daur ulang plastik, maka akan melahirkan penghematan bahan bakar. Jika memproduksi bahan bakar baru, maka membutuhkan bahan bakar yang cukup banyak.

Belum lagi, sudah jamak diketahui, bahwa harga bahan bakar juga lama kelamaan makin meninggi, sehingga dengan kehadiran proses daur ulang, produksi plastik tidak begitu banyak membutuhkan bahan bakar. Artinya, kebutuhan bahan bakarnya cuma sedikit. Berbeda sekali dengan produksi plastik baru yang membutuhkan banyak bahan bakar.

3. Menghemat Pengunaan Air
Ternyata, dalam memproduksi plastik baru membutuhkan banyak sekali air. Bila dibandingkan dengan proses daur ulang plastik, cukup jauh sekali beda. Hampir 90 % produksi plastik baru membutuh air, sedangkan daur ulang lebih sedikit menggunakan air. Makanya, proses daur ulang membuat penggunaan air menjadi lebih hemat.

4. Menurun Gas Rumah Kaca
Tak banyak yang tahu, bahwa proses recycle pada plastik memberikan efek positif dengan menurunnya gas rumah kaca.

Proses daur ulang membutuhkan energi yang sedikit, beda dengan produksi plastik baru yang membutuhkan banyak energi, sehingga dengan adanya proses daur ulang, polusi yang ditimbulkan dalam memproduksi plastik menjadi berkurang. Inilah yang memberi pengaruh pada menuruhnya gas rumah kaca.

Baca Juga :  Daftar Situs Barang Bekas di Indonesia

Nah, Sudah tahu apa manfaat dari proses pengolahan limbah plastik, bukan? Sekarang, kita akan beranjak pada kajian fiqih Islam tentang kantong plastik hasil daur ulang sebagai wadah atau tempat makanan.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Barang Bekas

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top