Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan

Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan

Bisnis Kuliner

Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan

Ide contoh bisnis plan makanan ringan termasuk salah satu peluang bisnis rumahan yang dapat diandalkan untuk menambah pendapatan. Makanan ringan bukan termasuk kebutuhan primer tetapi keberadaannya selalu dapat dijumpai di rumah-rumah. Hal ini berarti makanan ringan menjadi teman makan atau sekedar camilan ketika beristirahat.

Segala potensi yang dimiliki oleh makanan ringan membuka peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan. Ketrampilan membuat makanan cemilan dapat dipelajari hingga dihasilkan makanan ringan yang khas dari segi rasa, bentuk, maupun kemasan. Dari aspek modal, makanan ringan membutuhkan modal tidak terlampau besar tetapi dapat dikembangkan menjadi bisnis berskala besar.

Sebuah prinsip mendasar yang perlu diketahui pelaku bisnis makanan ringan ialah hanya memperoleh satu kali kesempatan agar konsumen menyukai produk yang ditawarkan. Percobaan pertama yang berhasil akan membawa konsumen untuk melakukan pembelian seterusnya. Sebagai langkah awal membangun bisnis makanan ringan maka ada baiknya menyimak tips berikut ini.

 


Tips Membangun Bisnis Makanan Ringan


  1. Memilih jenis makanan ringan yang tepat agar mencapai keberhasilan bisnis dimana perlu dilakukan survei di lingkungan sekitar. Survei mengenai jenis makanan yang masih jarang ditemui ataupun jenis makanan yang sudah banyak beredar. Namun, dengan catatan bahwa jenis makanan tersebut dapat dibuat dengan ketrampilan sendiri.
  2. Faktor kualitas jelas menjadi poin penting yang tidak jauh-jauh dari cita rasa makanan tersebut. Mempelajari kekurangan produk pesaing merupakan ‘senjata rahasia’ menciptakan produk yang lebih unggul dari segi kualitas. Meskipun produk dijual dengan harga sedikit diatas produk pesaing tidak akan mengurangi minat konsumen.
  3. Sebuah inovasi dibutuhkan untuk memainkan peran dalam keberhasilan membangun bisnis makanan ringan. Inovasi menjadi pelengkap sebuah istilah yang cukup dikenal luas yaitu amati, tiru, dan modifikasi. Poin terakhir menekankan pada aspek inovasi dalam rangka mengenalkan produk yang berbeda setidaknya berbeda dari segi kemasan.
  4. Menentukan harga jual makanan ringan sebaiknya berada di kisaran harga dibawah 10 ribu rupiah per bungkus atau per satuan tertentu. Seandainya harga tersebut memberi keuntungan yang lumayan maka tidak perlu mematok keuntungan secara besar-besaran. Hal terpenting adalah perputaran uang di bisnis makanan ringan berjalan cepat dan stabil.
  5. Mengatur strategi pemasaran yang efektif menyentuh lapisan masyarakat yang menjadi pangsa pasar. Cita rasa enak, harga bersaing, dan kemasan menarik akan semakin sempurna diimbangi dengan strategi pemasaran yang mudah diterima. Melihat perkembangan teknologi internet maka media online seperti jejaring sosial facebook atau twitter sangat cocok untuk mem-branding produk makanan ringan mudah diingat dan dikenal secara luas.
Baca Juga :  Mari Memulai Usaha Sendiri

 


Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan


Setelah memahami tips-tips diatas maka langkah selanjutnya mulai menyusun contoh bisnis plan makanan ringan. Bisnis plan dipakai sebagai petunjuk melangkah tahap demi tahap menuju bisnis yang diwujudkan secara nyata. Bisnis plan biasaya diawali dengan membuat ringkasan eksekutif (executive summary) yang menjelaskan mengenai gambaran singkat bisnis. Tidak lupa diuraikan mengenai pentingnya mendirikan bisnis tersebut.

Contoh bisnis plan makanan ringan beserta proposalnya bisa Anda download disini.

Aspek Bisnis
Pada bagian aspek bisnis ini terbagi menjadi konsep bisnis, produk yang dijual, harga produk, strategi pemasaran, dan pola pelayanan terhadap konsumen. Pertama, konsep bisnis menguraikan gambaran bisnis dan cara menjalankan bisnis hingga berkembang lebih besar. Contoh uraian konsep bisnis Kedail Siomay Lezat dapat dilihat dari penjelasan dibawah ini.

Kedai Siomay Lezat (KSL) merupakan kedai yang menawarkan menu utama berupa siomay dan minuman seperti teh, kopi asli Indonesia, kopi luwak, kopi espresso, dan Jus buah serta air mineral dalam kemasan botol. KSL menyuguhkan sensasi menikmati cita rasa makanan ringan tradisonal dengan paduan minuman modern. Tentunya, KSL memberi pengalaman tersendiri bagi para konsumen dengan keberadaan atmosfer berbeda.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Kuliner

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top