Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Cara Pemasaran Jamur Merang

Pemasaran Jamur Merang

Bisnis Budidaya Jamur

Cara Pemasaran Jamur Merang

pemasaran jamur merangSalah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam bisnis jamur merang adalah pada pemasaran. Sebaik apapun kualitas jamur yang dihasilkan kalau pasarnya tidak dikenali, bisa membuat bisnis menjadi rugi dan gagal.

Meski kebutuhan jamur konsumsi ini cukup tinggi, namun bila tidak memperhatikan ketentuan atau syarat yang dibutuhkan dalam pemasaran jamur merang akan sulit meraih kesuksesan di bisnis ini.


Permintaan Tinggi


Kebutuhan masyarakat terhadap jamur merang sebenarnya cukup tinggi. Apalagi jamur merang merupakan jenis jamur yang paling dikenal dan dikonsumsi masyarakat.

Selain kandungan gizinya yang sangat tinggi, jamur merang juga lezat dan enak untuk diolah menjadi berbagai jenis masakan. Seperti dijadikan sayuran, ditumis, ataupun untuk bahan tambahan, berbagai jenis makanan cepat saji atau fast food.

Begitu juga dengan pemasaran jamur merang untuk diekspor juga tak kalah besarnya. Negara-negara yang membutuhkan jamur merang dalam jumlah cukup besar diantaranya Singapura, Malaysia, Brunei, dan China.

Untuk Singapura dan Malaysia saja tak kurang dari 60 hingga 100 ton kebutuhan jamur merang setiap bulannya. Permintaan ini belum mampu dipenuhi oleh produsen ataupun petani yang ada.


Cara Pemasaran Jamur Merang


Salah satu produk jamur merang yang banyak dibutuhkan konsumen lokal adalah dalam bentuk segar. Sasaran atau target pasar produk jamur merang yang cukup terbuka adalah toko-toko swalayan, rumah makan, restaurant, dan hotel.

Berikut beberapa tips maupun langkah pemasaran jamur merang yang mungkin ada manfaatnya.

Cara termudah dan dengan tingkat risiko kecil adalah menjual hasil panen jamur merang melalui pengepul atau pedagang. Anda bisa mencari informasinya ke dinas pertanian atau dinas perdagangan setempat. Namun cara ini akan menghasilkan keuntungan yang relatif kecil.

Baca Juga :  Panduan Memulai Usaha Game Online

Untuk menyasar konsumen rumah tangga, Anda dapat menjual jamur merang bekerja sama dengan pedagang di pasar lokal. Bisa dengan sistim titip jual atau sistim putus, tergantung kesepakatan dan besarnya potensi pasar.

Anda juga dapat menjual jamur merang segar ke rumah makan, restaurant, atau hotel di wilayah Anda. Datangi saja mereka sambil Anda bawa contoh produknya.pemasaran jamur tiram kuping kering merang putih di kancing lingzhi aspek analisis budidaya strategi cara bisnis crispy harga jurnal krispi keripik laporan tempat nugget produk pdf mushroom skripsi usaha

Dari pengalaman, biasanya mereka akan meminta kesanggupan Anda untuk menyuplai secara rutin dengan kualitas standar mereka. Kalau Anda sanggup, maka keuntungan sudah di depan mata.

Anda juga dapat menawarkan jamur hasil produk Anda ke sejumlah toko maupun pasar swalayan di daerah Anda. Datangi dan tawarkan saja kepada mereka juga dengan membawa contoh produknya. Pasar swalayan biasanya juga meminta suplay berkelanjutan maupun kualitas produk.

Untuk menyasar pasar menengah ke atas, buat kemasan yang menarik dan steril. Diantaranya Anda bisa menggunakan stereofom yang dilapis dengan plastik agar kedap udara. Akan lebih menarik lagi kalau kemasan itu ditempeli dengan merek dan alamat Anda untuk memperluas pemasaran jamur merang Anda.


Kategori Bisnis Budidaya Jamur

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top