Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Cara Memulai Usaha Sendiri

Cara Memulai Usaha Sendiri

Tips Wirausaha

Cara Memulai Usaha Sendiri

Bagaimana cara memulai usaha yang baik? Zaman sekarang banyak orang yang tidak mendapatkan pekerjaan. Apalagi bila orang tersebut tidak mempunyai kemampuan dan keahlian tertentu. Lalu apakah harus tidak berbuat apa-apa dan menyerah dengan hidup?

Tentu saja tidak semua orang mau seperti itu. Kita masih mendapatkan pekerjaan dengan belajar kepada yang sudah berpengalaman mengenai kehalian tertentu. Setelah mampu, kita dapat menemukan cara memulai usaha sendiri dan tidak tergantung dengan orang lain.

Dengan usaha sendiri kita dapat mengatur waktu dan gaji, sesuai dengan keinginan sendiri. Tidak ada bos yang mengatur apalagi yang memerintah kita. Waktu untuk bekerja lebih fleksibel dan ditentukan sendiri. Selain itu dengan usaha sendiri, keuntungan yang dihasilkan juga lebih besar daripada kita kerja di orang lain.

Tetapi yang namanya pekerjaan diaman-mana selalu mempunyai resiko, begitu juga resiko usaha sendiri. Dibandingkan dengan menjadi karyawan, resikonya lebih besar lagi. Untuk itu kita harus tahu jalan bagaimana memulai usaha sendiri.

 


Tips Cara Memulai Usaha Sendiri


Dalam memulai usaha sendiri, kita diharuskan mengetahui seluk beluknya terlebih dahulu. Dengan pengetahuan yang cukup mengenai usaha yang akan kita jalankan, maka usaha kita menjadi lebih sukses kedepannya. Pengethauan itu meliputi keuangan, manajemen, pemasaran, dan produksi. Ada beberapa tips kunci sukses untuk melakukan usaha sendiri, yaitu :

1. Modal usaha. Ini merupakan hal mendasar yang harus kita siapkan, ketika mendirikan usaha sendiri. Dengan tidak ada modal yang cukup, maka usaha yang akan kita rintis tidak akan berjalan dengan baik. Untuk model kita bisa memperolehnya dengan berbagai cara.

Yaitu dari tabungan kita, hasil penjualan properti seperti tanah, mencari pemodal, pinjam saudara atau keluarga, atau partnership (untuk pinjam dari BANK tidak disarankan karena kebanyakan bunganya berat dan termasuk riba, dilarang oleh agama). Dan juga siapkan modal kerja selama beberapa bulan.

Baca Juga :  Bisnis Jual Meja Biliar

2. Daftarkan usaha di badan hukum. Pendaftaran difungsikan bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, usaha kita sudah mempunyai ijin dan catatan hukum terkait. Bagaimana membuat struktur hukum usaha kita. Memilih nama sebagai merk usaha kita.

Daftrakan usaha kita pada lembaga Ditjen HKI, sehingga usaha kita sah di mata hukum dan memiliki merek dagang resmi. Persiapakan semua dokumen yang diperlukan untuk organisasi usaha kita. Daftarkan usaha kita pada ijin usaha, seperti Nama Perusahaan, pengesahan, Hak atas nama perusahaan, dan Akta Pendirian perusahaan.

3. Menganalisa usaha yang cocok bagi kita. Pastikan usaha yang kita jalani sesuai dengan minta dan keinginan kita, lebih baik lagi kalau usaha itu berhubungan dengan hobi kita. Sehingga mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang cukup. Setrelah itu lakukan analisa di pasaran, bagaimana usaha ini dapat berjalan nantinya. Dengan analisa tersebut kita tidak salah jalan ketika menentukan jenis usaha. Setelah semua data diperoleh, barulah kita mulai menyusun rencana bagaimana memasarkan usaha kita di masyarakat.

4. Memiliki hasrat dan keinginan yang tinggi. Dengan adanya hal tersebut, berkaitan dengan usaha yang kita jalani. Ketika terjadi situasi dan kondisi pasar yang tidak menentu, kita dapat menemukan terobosan dan inovasi yang baru.

5. Berusaha melakukan yang terbaik dalam menjalankan usaha dan yang terbaik dalam bidang usaha kita.

6. Jangan mendirikan usaha yang serupa dengan kebanyakan orang. Buatlah bisnis yang berbeda dan unik namun menarik konsumen.

Laman: 1 2


Kategori Tips Wirausaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top