Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Cara Memulai Bisnis Laundry dan Strateginya

Cara Memulai Bisnis Laundry

Bisnis Jasa

Cara Memulai Bisnis Laundry dan Strateginya

Bisnis laundry sekarang ini termasuk jenis bisnis sedang marak dilakukan banyak orang. Laundry menjadi pilihan, karena tidak sulit untuk mencari pelanggan dan alat-alat yang digunakan juga tergolong murah dan mudah didapat. Jika diantara pembaca ada yang tertarik atau sedang mencari informasi mengenai cara memulai bisnis laundry bisa simak artikel ini.

Banyak alasan mengapa orang membuka usaha laundry. Dan banyak juga, alasan mengapa orang sekarang lebih memilih menggunakan jasa laundry. Ada yang karena kesibukan atau keluarga yang anggotanya memiliki kesibukan yang padat dengan situasi rumah yang tidak memiliki pembantu pasti kesulitan meluangkan waktunya untuk mencuci. Banyak pula alasan pengguna jasa laundry karena lebih praktis, murah dengan hasil yang memuaskan.

Bisnis laundry adalah bisnis yang mengandalkan jasa. Oleh karena itu, kepuasan hati pelanggan menjadi poin penting. Kepuasan pelanggan bisa mempengaruhi usaha bisa berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan.

Bisnis laundry bisa dijalankan siapapun juga yang berminat, baik yang masih berstatus mahasiswa, ibu rumah tangga dan lain sebagainya.Cara Memulai Bisnis Laundry agar usaha laundry laris alat untuk analisa bisnis rumahan agen chemical cuci kiloan jasa sepatu jualan parfum adalah antar jemput apakah menjanjikan apartemen aqualis bagi pemula baju bangkrut bekasi berbasis aplikasi besar bisa jalan dengan modal kecil butuh berapa cafe clean n clear coin sendiri dari nol 10 juta di hotel rumah dry cleaning franchise helm industri karpet menguntungkan murah koin laundrette maytag modern omset online pakaian paket perhitungan premium profesional rugi sakit satuan sederhana self service simply fresh skala sofa sukses syariah tanpa tas dan terbaik termurah tips unik untung waralaba yang opportunity plan tentang ukm cara baik buka membuat membuka contoh proposal word deterjen ebook estimasi etika evaluasi fasilitas fenomena flowchart forum foto fungsi gaji gambar gambaran hambatan hitungan ide ijin ilmu ilustrasi info inspirasi investasi izin keuntungan kursus laba langkah laporan layout legalitas lingkungan logo lokasi makalah studi kelayakan memulai minimal nama bagus neraca omzet operasional over ekonomis pelatihan peluang peralatan perkembangan perlengkapan pertanyaan lengkap rahasia rencana resiko sabun setrika software gratis otomatis trik awal apa saja harus disiapkan hasil bandung modalnya biar maju caranya bali desa kampung perumahan dijual express gagal keliling 5 dibawah olx oper ppt prospek sepi uap tangerang mesin tempat terkenal menarik yg zone video visi workshop

Jika diperhatikan bisnis laundry sudah menjamur di daerah kampus-kampus. Pemilihan tempat disekitaran kampus dengan segmen mahasiswa memang menjadi target yang akan menjalankan bisnis ini. Berikut adalah penjelasan mengenai cara memulai bisnis laundry yang bisa Anda pertimbangkan sebagai bahan masukan, yaitu:

Baca Juga :  Contoh Usaha Dirumah untuk Ibu Rumah Tangga

Persiapan Modal dan Alat Yang Dibutuhkan


Cara memulai bisnis laundry, pertama-tama Anda harus memiliki modal usaha atau peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini. Adapun peralatan laundry adalah:

  • Mesin cuci
  • Dryer atau mesin pengering
  • Setrikaan
  • Timbangan
  • ATK seperti: ballpoint, bon, kwitansi dan lain sebagainya yang sekiranya Anda butuhkan.

Baca Juga : Daftar Harga Perlengkapan dan Kebutuhan Laundry


Mencari dan Menentukan Tempat


Memang, pada umumnya, laundry banyak ditemukan dilingkungan kampus. Hal ini dikarenakan di lingkungan kampus pasti dekat dengan kost-kost mahasiswa. Tapi jangan salah, bisnis laundry tidak terbatas di lingkungan kampus saja.

Anda bisa mencari tempat di lingkungan perkantoran karena dilingkungan perkantoran juga banyak kost-kostan para karyawan atau bisa juga dilingkungan perumahan yang penduduknya memiliki aktivitas dan kesibukan dengan mobilitas yang cukup tinggi.

Jangan takut untuk memulai karena banyak juga keluarga yang tidak memiliki pembantu, karena sekarang banyak pembantu yang memilih bekerja dipabrik-pabrik. Namun cara memulai bisnis laundry di daerah perkampungan kurang cocok, karena kebanyakan penduduk di perkampungan akan lebih memilih mencuci pakaiannya sendiri.

Perhatikan ukuran ruangan yang digunakan untuk usaha laundry, jangan sampai ruangan yang digunakan terlalu kecil. Standar ruangan yang dibutuhkan terdiri dari:

  • Ruang penerimaan atau ruang tunggu pelanggan
  • Ruang pencucian
  • Ruang pengeringan
  • Ruang setrika dan pengemasan

Aneka Bentuk Promosi Bisnis Laundry


Bisnis laundry tidak harus diam menunggu orang datang, Anda harus sigap dan lincah membuka peluang apapun, misalnya dengan cara membuat promosi melalui beberapa cara, misalnya: membuat selembaran yang Anda bagikan di lingkungan sekitar tempat laundry atau membuat poster dan menempelkannya di tempat yang Anda anggap strategis.

Sebarkan informasi dengan minta tolong kerabat, keluarga dan kawan-kawan, lakukan bentuk-bentuk promosi di internet bisa dengan memanfaatkan jejaring sosial, membuat blog khusus untuk bisnis laundry dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Peluang Usaha Makanan Gak Ada Matinya

1. Bangun Networking atau kerjasama
Cara memulai bisnis laundry bisa dengan melakukan kerjasama di beberapa tempat, misalnya rumah sakit, hotel dan lain sebagainya. Anda bisa melakukan kerjasama dengan sistem memberikan bonus atau potongan harga, tergantung kesepakatan bersama. Jika hal ini berhasil dilakukan, tentu bisnis laundry yang Anda lakukan akan menghasilkan keuntungan yang besar.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top