Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Cara Membuat Iklan Jitu dan Menarik

Cara Membuat Iklan Jitu dan Menarik

Bisnis Online

Cara Membuat Iklan Jitu dan Menarik

Bagaimana cara membuat iklan yang baik, yang unik yang bisa mencuri perhatian dari masyarakat luas di tengah persaingan bisnis yang ketat saat ini? Bisa jadi ini adalah salah satu pertanyaan yang muncul dari para pelaku bisnis yang ingin eksis dengan usahanya. Tidak heran jika pertanyaan ini muncul karena iklan adalah salah satu alat strategi pemasaran yang sangat penting.

Dengan iklan orang mengetahui produk yang ditawarkan. Karena rayuan iklan, orang bergegas untuk membeli produk tersebut. Karena iklan pula bisa jadi produk tersebut dijauhi oleh masyarakat.

Kok bisa? Bisa saja. Bisa jadi iklan yang dibuat ternyata menyinggung masyarakat atau tidak berkenan di hati masyarakat. Alih-alih iklan tersebut membantu menjual barang dagangan, yang ada iklan tersebut justru ‘membunuh’ potensi pasar yang ingin diciptakan.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan iklan? Apa dampak yang terjadi dengan keberadaan ikan hubungannya dengan target penjualan? Bagaimana cara membuat iklan yang baik? Semua pertanyaan itu akan dijabarkan satu persatu dalam tulisan berikut.

 


Pengertian Iklan


Iklan sering disebut juga sebagai pariwara. Dalam bahasa Inggris iklan disebut dengan advertise. Iklan dimaknai sebagai salah satu metode ataupun cara yang digunakan untuk mengenalkan suatu produk, baik berupa layanan, barang, informasi, inspirasi dan sebagainya kepada masyarakat luas. Dalam bahasa televisi sehari-hari, kita sering mendengar anchor atau host mengatakan “yang mau lewat” untuk menggambarkan iklan yang sesaat lagi akan tayang.

Dunia periklanan identik dengan dunia yang berisi orang-orang kreatif yang memfokuskan pada pemikiran tentang bagaimana caranya mengomunikasikan ataupun mendorong serta membujuk dan mengajak masyarakat untuk memiliki perhatian terhadap suatu produk yang selanjutnya mengambil tindakan nyata misalnya dengan membeli produk tersebut.

Baca Juga :  Usaha Bermodal Kecil

Selain bersifat komersial, iklan juga bisa menjadi media untuk mentransformasikan ide-ide baru dan fresh kepada masyarakat yang biasanya berisi ajakan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

 


Sejarah Adanya Iklan


Jan Pieterzoon Coen atau disingkat menjadi J.P. Coen adalah orang yang pertama kali mengenalkan iklan di Indonesia. JP Coen menjadi Gubernur Hindia Belanda selama 10 tahun sejak 1619 hingga 1929. Satu abad setelah JP Coen meninggal dunia, Bataviasche Nouvelle menjadi surat kabar pertama yang terbit dan ada iklan di dalamnya. Cara Membuat Iklan

 


Iklan dan Peningkatan Penjualan


Berbicara tentang bisnis, aspek yang mendapat posrsi perhatian paling besar adalah bidang penjualan. Jika grafik penjualan dari hari ke hari tidak menunjukkan tanda-tanda peningkatan, bisa jadi ini merupakan pertanda atau alarm usaha tersebut akan gulung tikar.

Untuk bisa mendongkrak penjualan, dibutuhkan media yang bisa menyampaikan infromasi tentang produk yang dijual, yakni lewat iklan atau pariwara. Melalui cara ini, sebuah produk yang dimiliki oleh perusahaan tertentu, bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Sering kita melihat iklan baris yang dicetak di surat kabar yang tersaji dalam ukuran kecil. Apakah dengan iklan seperti itu Anda tertarik membacanya? Jangankan membaca iklan yang jumlahnya dalam satu kali terbit bisa sampai ratusan dan membaca satu persatu, menengok pun tidak.

Halaman tersebut kebanyakan akan dilewat. Iklan yang dicetak dalam space yang kecil kemungkinan untuk dibaca orang juga semakin kecil. Akibatnya, iklan tersebut tidak dapat menjalankan tugas secara efektif. Karena iklannya tidak banyak dilirik orang, angka penjualannya juga tidak akan mengalami kenaikan secara signifikan.

Antara iklan dengan penjualan memiliki hubungan yang sangat erat. Iklan yang berhasil memikat hati masyarakat biasanya akan berdampak baik dalam segi penjualan produk. Sebaliknya iklan yang kurang diterima masyarakat juga akan kesulitan mengontrol angka penjualan. Kalau begitu, bagaimana cara membuat iklan yang baik?

Baca Juga :  Seputar Jasa Kontraktor dan Konsultan

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Online

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top