Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Cara Belajar usaha kecil-kecilan

Belajar usaha kecil-kecilan

Tips Wirausaha

Cara Belajar usaha kecil-kecilan

Belajar usaha kecil-kecilan belum tentu akan mendapat keuntungan yang juga kecil. Bisa saja keuntungannya besar jika kita sungguh-sungguh dan fokus belajar usaha kecil-kecilan. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha kecil-kecilan ini? Ingin tahu tip-tipnya? Baca artikel ini sampai tuntas.

Anda seorang penggemar buku? Memiliki koleksi buku, mulai dari yang populer hingga buku-buku klasik yang sudah langka dan bernilai ratusan ribu atau jutaan? Tidak puas dengan hanya sekadar menjadi penggemar buku, mengikuti kegiatan bedah buku atau mengunjungi forum-forum buku?

Mengapa tidak mencoba menjadi penjual buku? Ya, kita bisa belajar usaha kecil-kecilan. Tidak perlu modal banyak. Bahkan, dengan uang 50 ribu, Anda bisa menjadi seorang penjual buku sekaligus belajar usaha kecil-kecilan untuk mengembangkannya sebagai usaha besar di kemudian hari. Tidak percaya?

Ya, bisnis menjual buku memang seakan tidak menguntungkan. Semua orang seakan lebih suka untuk berbelanja ke toko-toko buku yang namanya sudah mentereng. Kemudian, kita melihat sehari-hari. Mungkin memang ada orang yang menyukai buku.

Namun, membelinya? Sepertinya hanya orang-orang tertentu yang mencoba untuk menikmati buku dengan membelinya. Lebih suka mencari yang murah-murah, bahkan meski buku itu langka atau lebih parah lagi, meminjamnya.

Sampai-sampai ada yang berkata, pembajakan buku tidak lebih parah daripada meminjam buku. Mereka yang membajak buku setidaknya telah berusaha mengeluarkan tenaga dan uang untuk mencetak buku baru dengan kualitas jilidan dan kertas yang lebih rendah. Sementara, mereka yang meminjam buku, tidak mengeluarkan kemampuan apa pun untuk mendapatkan buku tersebut.

 


Belajar Usaha Kecil-kecilan Jualan Buku


Jangan pesimis terlebih dahulu dengan bisnis menjual buku. Jika Anda berminat, akan ada segala macam pertolongan Tuhan untuk menyokong minat tersebut, tak terkecuali menjual buku. Apa saja yang dibutuhkan untuk belajar usaha jenis ini?

Baca Juga :  Wira Usaha - Sebuah Pilihan

1. Keunikan
Anda mungkin berpikir bagaimana seseorang bisa menjual buku sementara toko buku online begitu menjamur? Mereka memiliki koleksi besar dan Anda yang cuma bermodal kecil akan kalah bersaing. Cara berpikir seperti ini keliru. Ingatlah, kuantitas tidak pernah bisa mengalahkan kualitas.

Anda cukup menjadi konsisten untuk menjual satu jenis buku saja terlebih dahulu. Bukan buku-buku lain, melainkan buku yang sesuai dengan minat Anda. Jika pengagum novel misalnya Laskar Pelangi atau Negeri Lima Menara, ada baiknya Anda menjual novel. Anda menyukai komik semacam Shoot!, Samurai-X, dan sebagainya? Juallah komik-komik tersebut. Anda suka majalah seperti National Geographic? Banyak juga lho yang tertarik.

Mengapa komik, novel, atau buku yang diminati begitu penting pada tahap awal? Karena Anda tidak menjual bukunya saja, tetapi menjual ide kepada pembeli. Ini langkah jitu. Semisal menyukai dunia komik. Anda bisa berinteraksi dengan calon pembeli dengan jitu. Mereka akan merasa nyaman membeli di tempat Anda, karena mereka tahu persis Anda memiliki kemampuan dan minat dalam dunia komik.

Anda bisa mengobrol dengan mereka tentang tokoh Kenshin Himura dalam Samurai-X, bagaimana nasib Yumi Komagata yang tragis sekaligus memukau dalam bab Kyoto ketika dibunuh oleh kekasihnya sendiri, Makoto Shishio yang merupakan musuh besar Kenshin.

Anda seorang penggemar sufisme? Ketika menjual buku-buku sufi, Anda bisa berdiskusi nyaman dengan pembeli tentang doktrin fana, upaya menghancurkan keakuan, menghilangkan keinginan pada harta duniawi, dan sebagainya. Yang terjadi, Anda telah menjadi ‘orang besar’ yang berpengetahuan luas, hanya dari menjual buku sufi yang merupakan selera Anda.

Laman: 1 2 3


Kategori Tips Wirausaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top