Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Tips Membuka Butik di Tengah Persaingan

Tips Membuka Butik di Tengah Persaingan

Bisnis Pakaian

Tips Membuka Butik di Tengah Persaingan

Bagi anda yang suka fashion, memiliki hobby yang unik seputar fashion, dan memiliki jiwa pengusaha, tak ada salahnya jika anda mulai membuka butik milik anda sendiri. Saat ini, fashion merupakan salah satu aspek kehidupan yang selalu menjadi kebutuhan yang diperhatikan oleh pria maupun wanita. Butik memberikan peluang usaha yang memiliki potensi cukup besar untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sebagai calon pengusaha butik, tentunya anda juga harus mulai lebih mengikuti dan memahami dunia fashion yang selalu up to date. Saat ini, berbagai informasi mengenai fashion sudah menjadi informasi global yang bisa anda akses dengan mudah. Jadi, belajar untuk menjadi pengusaha butikpun bisa anda lakukan dengan mudah, asalkan dengan niat dan kemauan yang tinggi.

Di sisi lain, ketika memutuskan untuk membuka butik, berarti Anda telah siap terjun dalam persaingan di dunia perdagangan. Dunia perdagangan memang terkesan sangat kejam dan tanpa ampun. Siapa yang tidak mampu berinovasi, dialah yang tersingkir. Akan tetapi, Anda harus tetap optimis menghadapi persaingan ini. Mengapa? Karena setiap bisnis pasti dilengkapi persaingan.

Perhatian masyarakat yang tinggi terhadap fashion yang selalu up to date juga menyebabkan mulai banyak pengusaha yang membuka butik. Dengan demikian, peluang bisnis butik yang memang besar juga diiringi dengan bentuk persaingan usaha yang cukup besar. Nah, jika anda sudah bertekat bulat membuka butik, anda perlu tips-tips menjadi pengusaha butik di tengah persaingan usaha ini.

 


Persaingan, Resiko Dasar Dunia Bisnis


Persaingan merupakan risiko dasar dalam sebuah bisnis. Oleh sebab itu, anda harus pandai menyikapi persaingan ini dengan kecerdasan serta kreativitas yang telah dianugerahkan Tuhan. Emosi serta jiwa yang meledak-ledak tidak akan menolong Anda untuk lepas dari ketatnya persaingan.

Baca Juga :  Sejarah Singkat Distro dan Persebarannya

Satu hal yang perlu diingat adalah persaingan tersebut akan terus meningkat jika butik anda menjual barang-barang yang mirip dengan rival, baik dari segi desain maupun harga. Akhirnya, Anda dan “tetangga” melakukan hal yang tidak patut. Mencuri pelanggan dengan cara saling fitnah, sabotase, dan banting harga hingga benar-benar dibanting.

Banting harga. Ya. Itulah situasi yang kadang memaksa anda untuk turut bertarung demi merebut hati pelanggan. Padahal, banting harga sama artinya dengan balapan bunuh diri, tinggal menunggu siapa yang mati lebih dulu. Alhasil, konsumenlah yang akan diuntungkan. Dalam kondisi ini, prinsip dasar ekonomi anda telah lenyap. Bahkan, bisa-bisa anda bangkrut dalam waktu singkat.

Persaingan, Bagian dari Proses Binis
Jika anda mulai menyatakan diri sebagai pengusaha butik, anda harus siap dengan persaingan. Buatlah pandangan yang berbeda, pikirkan bahwa persaingan bukanlah menjadi resiko, melainkan bagian dari proses bisnis itu sendiri. Dengan demikian, anda tidak akan buru-buru stress jika merasa tersaingi. Dengan beranggapan bahwa persaingan usaha merupakan bagian dari proses bisnis, anda akan mencari jawaban untuk melalui proses tersebut agar menjadi sukses.

Memang benar jika persaingan merupakan resiko bisnis yang harus anda tanggung tapi anda akan lebih termotivasi jika menganggapnya sebagai bagian dari proses bisnis itu sendiri. Hal ini disebabkan karena persaingan bisnis akan tetap muncul selama anda menjadi pengusaha. Meskipun anda telah mengatasi persaingan yang satu, persaingan yang lain akan tetap mengincar anda.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Pakaian

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top