Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Cara Budidaya Rumput Laut

Cara Budidaya Rumput Laut

Bisnis Agrowisata

Cara Budidaya Rumput Laut

Rumput laut begitu banyak digunakan dalam bidang industri sehingga budidaya rumput laut bisa menjadi “tambang emas” baru. Usaha budidaya rumput laut di Indonesia sangat terbuka lebar mengingat Indonesia mempunyai garis pantai yang sangat panjang sekitar 81.000 km.

 


Apa itu Rumput Laut?


Rumput laut muncul dalam kehidupan kita sehari-hari, meskipun kita tidak menyadarinya. Agar-agar atau puding yang biasa kita makan berasal dari rumput laut. Cangkang kapsul obat berasal dari rumput laut. Kosmetik yang kita pakai berbahan baku rumput laut. Rumput laut juga digunakan untuk melindungi kemilau pada kain sutera. Semir sepatu yang biasa kita gunakan berbahan baku rumput laut.

Rumput laut yang dalam ilmu pengetahuan dikenal sebagai Algae sangat populer. Rumput laut dikenal pertama kali oleh bangsa Cina kira-kira 2700 SM. Pada saat itu, rumput laut banyak digunakan untuk sayuran dan obat-obatan. Pada tahun 65 SM, bangsa Romawi memanfaatkannya sebagai bahan baku kosmetik.

Dalam perkembangannya, rumput laut digunakan sebagai bahan baku dalam produk apapun. Spanyol, Perancis dan Inggris menjadikan rumput laut sebagai bahan baku pembuatan gelas.

Rumput laut yang banyak dimanfaatkan adalah jenis ganggang merah (Rhodophyceae) karena mengandung agar-agar, keraginan, porpiran, furcelaran, maupun pigmen fikobilin yang merupakan cadangan makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Tetapi, ada juga yang memanfaatkan jenis ganggang coklat (Phaeophyceae).

Ganggang coklat ini banyak mengandung pigmen klorofil a dan c, beta karoten, violasantin dan fukasantin, pirenoid, dan lembaran filakoid. Selain itu ganggang coklat juga mengandung cadangan makanan berupa laminarin, selulose, dan algin. Ganggang merah dan coklat juga mengandung iodium.

 


Bagaimana Cara Budidaya Rumput Laut


1. Pertumbuhan Rumput Laut
Seperti pada tanaman sejenis algae lainnya, tanaman ini tidak mempunyai perbedaan antara akar, batang, dan daun. Semua bagian dari rumput laut mempunyai fungsi yang sama. Tanaman ini tidak berdaun, hanya berupa batang dan cabang-cabang disekitarnya.

Baca Juga :  Prospek Bisnis Tanaman Herbal dan Khasiatnya

Pada habitat aslinya, tanaman ini menempelkan dirinya agar dapat hidup dengan baik. Rumput laut biasanya menempel pada permukaan yang berpasir atau berlumpur, seperti pada karang mati, kulit kerang, batu, maupun kayu. Tanaman ini berkembang biak dengan baik di kedalaman 10-15 meter di bawah permukaan air. Beberapa referensi mengatakan, tanaman ini bisa hidup sampai kedalaman 30 meter di bawah permukaan air.

Kadar garam atau salinitas pada perairan yang baik untuk kehidupan rumput laut adalah sekitar 12o/oo-30o/oo. Kejernihan air menentukan kehidupan rumput laut, karena tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk melakukan fotosintesis. Matahari berfungsi sebagai penunjang untuk melakukan proses “pemasakan” makanan bagi tanaman.

Seperti tanaman daratan, dalam proses fotosintesis, tanaman tidak hanya memerlukan sinar matahari tetapi juga membutuhkan unsur yang lain. Pada proses fotosintesis rumput laut, tanaman ini memerlukan unsur hara. Unsur hara dapat diperoleh dari lingkungan sekitar. Unsur hara tersebut diserap oleh semua bagian tanaman.

Dalam budidaya rumput laut pada perairan pantai, unsur hara dapat diperoleh dengan baik meskipun kadang-kadang jumlahnya tidak begitu banyak. Jika budidaya rumput laut dilakukan pada media tambak, maka pemberian pupuk yang disebarkan pada dasar tambak sangat disarankan karena tambak bukanlah habitat asli dari rumput laut.

Laman: 1 2 3 4

Baca Selanjutnya

Kategori Bisnis Agrowisata

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top