Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Budidaya Jamur Kuping

Budidaya Jamur Kuping

Bisnis Budidaya Jamur

Budidaya Jamur Kuping

Budidaya jamur kuping sangat “seksi” dan kalau dikembangkan, merupakan salah satu jenis jamur yang memiliki prospek bisnis yang sangat baik. Cukup tingginya permintaan jamur kuping dalam skala pasar domestik maupun internasional menjadi platuk budidaya jamur ini untuk dijadikan lahan bisnis.

Harga jamur kuping yang bisa lebih mahal di pasaran jika dibandingkan dengan jamur tiram dan jamur merang, menjadikan budidaya jamur jenis ini sangat menjanjikan. Keunggulan lain, budidaya jamur kuping sangat cocok dikembangkan jadi peluang usaha rumah tangga, lho.


Mengenal Jamur Kuping dan Manfaatnya


Sebelum melangkah bagaimana cara budidaya jamur kuping ini dilakukan, ada baiknya kalau kita mengenal jamur kuping terlebih dahulu. Jamur kuping atau yang bernama Latin Auricularia auricula adalah salah satu kelompok jelly fungi, yang tergolong kelas Basidiomycota. Jamur kuping punya tekstur jelly yang unik.

Jamur kuping disebut demikian karena bentuk tubuhnya yang melebar, mirip daun telinga manusia. Warna tubuh jamur kuping umumnya hitam dan cokelat kehitaman. Tapi, ada pula yang berwarna cokelat tua.

Reproduksi jamur ini secara vegetatif dengan membentuk tunas, dengan konidia, dan fragmentasi miselium. Secara generatif, dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut basidium. Basidium berkumpul di badan yang disebut basidiokarp. Lalu, menghasilkan spora yang disebut basidospora.

Jamur kuping punya kandungan gizi yang tidak sedikit, lho. Di dalam jamur kuping terdapat kandungan nutrisi yang terdiri dari air, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, serta nilai energi sebesar 351 kalori. Kandungan lemak dalam jamur ini lebih dari 72 persennya termasuk unsaturated.

Vitaminnya sendiri terdiri atas thiamine (vitamin B-1), riboflavin (vitamin B-2), niasin, biotin, vitamin C, dan lain-lain. Kandungan seratnya sekitar 7,4 sampai 27,6 persen. Sedangkan, kandungan mineralnya tersusun oleh K, P, Ca, Na, Mg, Cu, dan elemen mikro lain.

Baca Juga :  Cara Budidaya Jamur Tiram yang Menguntungkan

Jamur kuping sangat baik bagi kesehatan manusia. Salah satunya untuk mengurangi penyakit panas dalam. Selain itu, jamur kuping berguna sebagai penangkal zat-zat beracun yang terbawa dalam makanan. Lalu, bisa mengatasi penyakit hipertensi, anemia, wasir, memperlancar buang air besar, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Bagaimana mengolah jamur kuping menjadi bahan panganan? Jamur ini bisa Anda jadikan pelengkap dalam nasi goreng, tauco, sayur kimlo, sukiyaki, dan bakmi.

Jamur kuping yang punya warna cokelat di bagian atas tubuh buah dan warna hitam di bagian bawah tubuh buah, dengan ukuran tubuh buah kecil, merupakan jenis jamur kuping yang sangat punya nilai bisnis. Jamur kuping merupakan salah satu jenis jamur konsumsi yang bisa dikembangkan dan dibudidayakan.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Budidaya Jamur

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top