Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Bisnis Warung – Langkah Mudah Menjadi Pengusaha

Bisnis Warung

Bisnis Kuliner

Bisnis Warung – Langkah Mudah Menjadi Pengusaha

Bisnis Warung ~ Belakangan pemerintah getol menggenjot pertumbuhan wirausahawan baru hingga mencapai 4 juta orang. Berbagai program bantuan pun diluncurkan untuk merangsang masyarakat agar menjadi pengusaha. Dapatkah target itu akan tercapai? Program bantuan seperti apa yang sesungguhnya dibutuhkan calon wirausahawan?

‘Mencetak’ pengusaha sesungguhnya gampang-gampang susah. Gampang, karena tak ada orang yang tidak ingin menjadi kaya. Dan terjun ke dunia bisnis merupakan langkah tepat mendapatkan penghasilan besar dan menjadi kaya.

Namun susahnya, mentalitas dan jiwa enterpreunership masyarakat masih relatif rendah. Dan ini merupakan tantangan terberat dalam mendidik calon wirausahawan. Dunia pendidikan yang saat ini terpola menghasilkan para karyawan atau seorang buruh banyak mempengaruhi minat warga Indonesia untuk memulai usaha.

Sebelum melangkahkan kaki demi berwirausaha sudah muncul di benak akan kegagalan dan kepahitan yang menghadang. Menumbuhkan jiwa wirausaha memang bukan pekerjaan mudah, tetapi harus tetap diupayakan agar kemajuan perekonomian nasional tercapai.

 


Bisnis Warung, Dengan Seadanya Bisnis Bisa Dimulai


Ketika sebuah pertanyaan dilontarkan kepada 10 orang calon wirausahawan, apa yang paling dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha? Maka akan diperoleh pula 10 jawaban yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa modal merupakan yang terpenting. Ada pula yang memilih fasilitas mesin, faktor pasar, produk yang inovatif, atau malah memilih pelatihan.

Untuk menjadi pengusaha sebenarnya cukup mudah. Caranya ya jalankan saja bisnis berdasarkan kemampuan yang ada. Kalau Anda tahu dan bisa elektronika, Anda bisa membuka servis TV atau radio. Atau kalau Anda senang dengan makanan kenapa tidak mencoba membuka rumah makan.

Bahkan Anda juga bisa melihat berbagai peluang yang ada di sekitar. Kalau Anda tidak bisa menciptakan suatu produk, kenapa tidak mencoba memasarkan produk orang lain atau istilahnya menjadi pedagang? Singkatnya, banyak bidang usaha yang dapat dijalankan.

Baca Juga :  Bisnis Kuliner, Tips & Cara Sukses Membuka Usaha Kuliner

Kelebihan Mendirikan Usaha Rumah Makan
Usaha warung makanan mempunyai banyak kelebihan daripada bidang yang lainnya. Yang pertama, kemudahan untuk memperoleh bahan baku. Bahan dasar masakan dapat mudah diperoleh di pasar tradisional atau para pengecer yang dekat dengan tempat bisnis.

Jadi tidak seperti bisnis lainnya yang membutuhkan waktu dan dana untuk mencarinya. Umumnya para pengelola warung makanan akan berbelanja di waktu petang atau sekitar shubuh, cukup pergi ke pasar tradisional maka kebutuhan pokok usaha dapat dipenuhi.

Tempat untuk mendirikan warung juga mudah dibandingkan Anda membuat bisnis seperti warnet, percetakaan, sablon dan lain sebagainya. Warung makanan dapat dibangun di depan rumah, atau di mana pun selama masih memenuhi kelayakan dan perijinan dari pihak yang berwenang.

Jangan sampai membuat warung makan tetapi lokasi usaha tidak legal atau melanggar tata kota. Hal tersebut dapat merugikan pengusaha ke depannya, saat pelanggan ramai sudah ramai berdatangan tapi usaha warung terpaksa dipindah paksa oleh satpol PP.

Sarana dan peralatan yang dibutuhkan untuk bisnis warung masakan ini juga sederhana dan semua orang dapat memenuhinya dengan gampang. Contohnya ialah peralatan masak dan perabot seperti kursi dan meja. Setiap keluarga dapat dipastikan telah mempunyai beberapa keperluan usaha tersebut. Secara otomatis biaya untuk mendirikan usaha banyak terpangkas, sehingga diperlukan modal yang tidak terlalu besar.

Punya warung makan berarti bisa makan gratis setiap hari, itulah keuntungan selanjutnya dari bisnis warung masakan. Setidaknya keperluan makan dari keluarga dapat tercukupi dengan adanya warung. Tambah lagi bila lokasi warung berdekatan dengan rumah kita.

Keuntungan yang diperoleh dari menjalankan usaha rumah makan tidak dapat dianggap sebelah mata, laba bersih sekitar 30 hingga 50 persen dari total penjualan. Terlebih lagi bila rumah makan menyediakan minuman buatan sendiri, seperti teh, kopi, es dawet dan yang lainnya. Menjual minuman mendatangkan untung berlipat-lipat, dapat dikatakan penjualan minuman seperti es teh dan kopi mendatangkan laba seratus persen dari biaya produksi.

Baca Juga :  Jenis Mesin Sealer yang Sesuai dengan Bisnis Kuliner

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Kuliner

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top