Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Memilih Bisnis Waralaba

Bisnis Waralaba

Bisnis Kuliner

Memilih Bisnis Waralaba

Memilih Bisnis Waralaba pada saat ini merupakan salah satu pilihan bagi para calon usahawan. Memulai bisnis dengan konsep berbagi merk ini dibidik lantaran berbagai kemudahan dan keuntungan yang disediakan. Hal ini khususnya bagi mereka yang masih memiliki keraguan terhadap pilihan bisnis yang hendak dijalani.

Dengan menjalankan konsep bisnis waralaba, memang akan memberikan keuntungan kepada seorang pengusaha pemula. Namun tentunya ini jika kita bisa benar-benar tepat dalam menentukan jenis waralaba apa yang akan kita pilih. Hal ini demi menghindari munculnya kerugian yang tidak kita inginkan akibat salah memilih waralaba.

Membeli franchise adalah tidak kurang dari mendirikan bisnis baru. Memang benar bahwa produk atau jasa sudah di tempat, tapi itu tidak berarti itu semua siap untuk pergi. Cukup membeli waralaba apapun tidak dapat menghasilkan pendapatan yang cukup untuk bahkan memulihkan investasi awal Anda dan seluruh bisnis dapat mengambil tol.

Oleh karena itu sangat penting untuk benar menganalisis peluang waralaba sebelum masuk ke bisnis. Pro dan kontra dari membeli bisnis waralaba harus dipelajari dengan hati-hati sehingga Anda tidak meninggalkan daun unturned dan tidak menyesali keputusan Anda nanti.


Ciri Bisnis Waralaba yang Baik


Sebelum menentukan memilih jenis waralaba yang akan dijadikan mitra bisnis, tentu kita harus mengenal waralaba yang dimaksud. Salah satunya dengan mengenal ciri-ciri waralaba yang baik. Waralaba yang baik biasanya :

  1. Memiliki program pendampingan dan pelatihan bagi mitranya. Sehingga hal ini bisa bermanfaat bagi mitra untuk juga mendapatkan bekal sebelum benar-benar dilepas secara mandiri untuk mengelola waralaba tersebut.
  2. Mau memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh mitra. Dengan demikian ada imbal balik antara keuntungan yang didapat pemilik waralaba dan mitra.
  3. Memiliki korelasi antara satu gerai dan gerai lain yang masih berada dalam naungan merk waralaba. Dengan demikian, antar gerai waralaba bisa muncul kerjasama dan bukan saling menjatuhkan.
Baca Juga :  Usaha Bermodal Kecil

Memilih Waralaba


  • Tentukan jenis bisnis waralaba yang kita inginkan. Apakah di bidang kuliner, minimarket, jasa atau lainnya. Hal ini penting sebelum kita masuk ke tahapan selanjutnya dalam proses pemilihan waralaba.
  • Memilah produk waralaba apa yang belum banyak pesaing di lokasi yang akan menjadi usaha kita. Dengan langkah ini kita bisa menghindari masuk ke wilayah bisnis yang sudah menumpuk dan menyebabkan keterbatasan pertumbuhan bisnis.
  • Mengumpulkan informasi atas berbagai tawaran waralaba. Banyak tawaran bisnis waralaba yang muncul di berbagai media. Namun tak sedikit yang kurang mampu memberikan manfaat kepada mitra. Untuk itu, perlu banyak mencari informasi khususnya kepada pihak yang sudah terlebih dahulu menjalani bisnis waralaba.

Cara Menilai Peluang Waralaba


Bisnis Waralaba
Hal pertama pada daftar evaluasi adalah bisnis itu sendiri. Hal ini penting untuk menganalisa apakah bisnis adalah usaha yang menguntungkan atau tidak, sehingga investasi dalam bisnis yang salah dapat dihindari. Titik berikutnya untuk memeriksa adalah apakah produk tersebut baru atau sudah mapan di pasar.

Produk yang sudah mapan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk menarik pelanggan ke arah itu, yang baik untuk profitabilitas bisnis. Pasar dari produk atau jasa juga harus dinilai karena produk yang permintaannya kurang, pasti tidak akan melakukannya dengan baik.

Oleh karena itu, seperti waralaba harus dipilih yang permintaan di daerah setempat adalah signifikan. Memiliki pesaing di pasar juga dapat menyebabkan generasi pendapatan kurang. Reputasi produk dan pemasok produk harus baik untuk membangun terus kuat di pasar.

Hal lain yang perlu di evaluasi dalam bisnis ini adalah layanan dan jaminan terkait dengan produk. Satu harus mengidentifikasi pihak akan bertanggung jawab untuk memberikan layanan purna jual kepada pelanggan. Dan adanya kewajiban dari pemberi izin waralaba secara detil, menjelaskan jaminan dan pasokan pengetahuan baru.

Baca Juga :  Bisnis Kecil-Kecilan: Usaha Kulit Pisang

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Kuliner

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top