Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Teliti Sebelum Membeli Bisnis Waralaba Makanan

Bisnis Waralaba Makanan

Bisnis Kuliner

Teliti Sebelum Membeli Bisnis Waralaba Makanan

Salah satu jenis bisnis makanan yang marak belakangan ini adalah dalam bentuk waralaba. Bisnis Waralaba Makanan bahkan mendominasi perkembangan bisnis franchise di tanah air. Untuk satu jenis makanan burger saja lahir beragam bentuk waralabanya. Begitu juga untuk minuman jenis teh, telah muncul banyak sekali waralaba minuman berbahan dasar teh.

Bisnis yang tak akan pernah mati adalah bisnis makanan. Semua orang membutuhkan makan agar tetap hidup. Karena itu bisnis makanan akan selalu dibutuhkan semua orang. Tengok saja di berbagai tempat di sekitar kampus, perkantoran, lokasi pameran, mall, dan tempat-tempat yang dikunjungi banyak orang, selalu dijejali dengan warung dan pedagang makanan ataupun minuman.

Membuka franchise adalah pilihan yang baik bagi mereka yang ingin usaha menjadi sebuah bisnis dan tidak terlalu nyaman mulai dari awal. Dengan waralaba, mereka bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi, terutama bila dibandingkan dengan investasi yang dilakukan. Memang, ini membuat waralaba pilihan yang menarik untuk memisahkan diri dan memulai bisnis.

Keuntungan terbesar dengan waralaba adalah bahwa Anda mendapatkan kepala mulai, dengan asumsi bahwa Anda berhubungan dengan merek mapan. Anda tidak perlu selalu berjuang untuk menemukan pelanggan selama menjalankan tujuan awal dan goodwill karena akan di tangani merek itu. Selanjutnya, dan yang lebih penting, Anda mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang seluk-beluk menjalankan bisnis yang sukses.

Membuka waralaba membutuhkan pengetahuan mendalam tentang mekanisme kerjanya. Ada beberapa hal yang perlu melihat sebelum Anda masuk ke dalam usaha ini. Ini penghisab siap harus datang berguna.

 


Bisnis Waralaba Harus Teruji


Untuk mendapatkan sertifikat atau lisensi waralaba sebagai franchisor tidaklah mudah. Selain persyaratannya yang cukup ketat, sebuah usaha juga harus telah teruji dan layak diwaralabakan. Namun perkembangan jumlah bisnis waralaba di tanah air cukup menggembirakan. Kalau pada tahun 2006 baru terdapat 366 buah waralaba, telah naik menjadi 450 buah pada tahun 2007, dan naik lagi menjadi 1.010 buah usaha pada tahun 2009.

Baca Juga :  Peluang Usaha Toko Buku Import

Dari waralaba yang ada, waralaba jenis makanan merupakan yang paling banyak jumlahnya. Perkembangan bisnis waralaba makanan yang cukup pesat ini terutama karena banyak usaha makanan yang selama ini telah berkembang dan maju, kemudian mengalihkannya ke bentuk waralaba.

Kegagalan Bisnis Waralaba
Pesatnya waralaba juga didukung banyaknya orang yang tertarik membeli hak lisensi sebagai franchisee. Apalagi waralaba merupakan jenis bisnis yang relatif lebih cepat untuk meraih keberhasilan. Tanpa survei, tanpa promosi, bahkan tanpa perlu merintis, bisnis waralaba sudah bisa dijalankan dengan sistem yang tertata dan profesional.

Meskipun bisnis franchise telah mengalami uji pasar yang cukup lama, namun tak sedikit pula bisnis waralaba makanan sebagai franchise yang gagal dan gulung tikar. Banyak faktor yang menyebabkannya, diantaranya :

  • Kondisi setiap daerah tentu berbeda sehingga berbeda pula selera masyarakat terhadap makanan yang dijual.
  • Kurang tepat atau kurang strategis dalam memilih lokasi untuk berjualan.
  • Kurang berani melakukan promosi lokal, sehingga masyarakat tidak atau belum tahu tentang keberadaannya.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Kuliner

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top